Cara Merawat Wajah Agar Tidak Berjerawat

Cara Merawat Wajah Agar Tidak Mudah BerjerawatMemiliki wajah yang mulus tanpa jerawat adalah impian setiap orang terutama wanita. Wajah berjerawat juga dapat membuat seseorang tidak percaya diri dengan penampilannya.

Terlebih jika jerawat tersebut kemudian meninggalkan bekas yang sulit hilang di wajah.

Sebelum kita tahu bagaimana cara merawat wajah agar tidak berjerawat, maka kita harus mengenali terlebih dahulu penyebab timbulnya jerawat pada wajah.

Jerawat akan dapat sering muncul pada wajah yang jarang dibersihkan. Seringkali kita menyepelekan hal ini karena malas dan lelah setelah beraktivitas, kemudian kita tidur tanpa membersihkan muka terlebih dahulu.

Jerawat juga dapat dipicu karena stress dan kebiasaan begadang. Namun ada juga beberapa orang yang memiliki masalah wajah berjerawat karena faktor keturunan atau genetik.

Agar tidak sampai terjadi hal seperti itu, tentu kita harus rajin merawat wajah kita agar tidak mudah berjerawat. Seperti apa caranya?

Nah, berikut ini adalah tips dan cara merawat wajah agar tidak mudah berjerawat yang dapat Anda coba:

Bersihkan wajah dengan rutin

Selalu bersihkan wajah Anda secara rutin dan teratur. Hilangkan rasa malas dalam diri saat Anda untuk membersihkan wajah hanya karena terlalu lelah bekerja.

Wajah Anda akan menyerap berbagai macam kotoran selama seharian penuh, sehingga menyebabkan kulit Anda menjadi kusam dan berminyak.

Jika dibiarkan maka kotoran tersebut akan mengendap dalam pori-pori wajah menjadi komedo dan jerawat. Untuk itu, bersihkan wajah secara teratur setiap malam sebelum tidur.

Istirahat yang cukup

Tidur yang cukup ternyata dapat membuat wajah menjadi lebih sehat dan cantik. Jangan biasakan diri Anda untuk tidur larut malam, karena hal ini akan membuat Anda stress dan mudah terserang berbagai macam penyakit.

Otot wajah juga perlu istirahat setelah beraktivitas seharian penuh. Ingatlah bahwa stress juga menjadi pemicu timbulnya jerawat. Jadi, istirahatkan tubuh dan pikiran Anda sejenak hingga pagi hari dengan tidur yang cukup ya.

Gunakan pelembab wajah

Gunakan pelembab wajah yang sesuai dengan jenis wajah. Anda perlu mengetahui jenis wajah anda sebelum memutuskan untuk membeli produk kecantikan.

Tanyakan pada ahli kecantikan, produk semacam apa yang sesuai untuk pelembab wajah Anda. Jangan sampai salah pilih, karena jika sampai tidak cocok dengan jenis kulit Anda, maka wajah akan mudah didekati jerawat.

Jangan sembarangan menyentuh wajah

Pastikan tangan Anda dalam keadaan bersih saat menyentuh wajah. Hal ini penting sekali karena tangan kita tak selamanya dalam keadaan bersih. Untuk itu, biasakan untuk mencuci tangan sebelum menyentuh muka Anda.

Perbanyak minum air putih

Dengan mengonsumsi air putih sebanyak 8 gelas perhari, maka wajah Anda akan tampak sehat dan terhindar dari berbagai macam gangguan pada kulit.

Hal ini karena kadar air yang cukup dalam tubuh dapat menangkal serangan radikal bebas yang dapat memicu timbulnya berbagai macam kesehatan.

Gunakan masker alami

Lakukan perawatan wajah dengan masker alami. Anda dapat menggunakan buah-buahan seperti tomat, strawberry, pisang dan lain-lain untuk merawat kesehatan wajah.

Anda juga dapat mencampurkan masker wajah tersebut dengan madu, minyak zaitun atau air mawar agar kulit selalu tampak halus dan lembut. Lakukan perawatan tersebut sebanyak 2 kali dalam seminggu secara teratur agar hasil yang didapatkan lebih maksimal.

Konsumsi buah dan sayuran

Mengonsumsi sayuran dan buah segar setiap harinya dapat membuat tubuh dan wajah sehat dan bugar sehingga akan terhindar dari segala macam penyakit dan masalah kulit.

Demikianlah sejumlah tips dan cara merawat wajah agar tidak mudah berjerawat. Selamat mencoba!