Cara Merawat Kulit Berminyak

Loading...

Kulit berminyak adalah salah satu masalah yang umum dijumpai seiring bertambahnya usia.

Hal ini terjadi karena produksi hormon dalam tubuh kita meningkat atau bahkan malah berlebihan.

Khusus pada kulit wajah, kelebihan produksi hormon dapat menyebabkan wajah menjadi berminyak dan terlihat mengkilap.

Sebenarnya minyak pada wajah sangat dibutuhkan oleh kulit agar dapat melembabkan dan menghindari  masalah kulit kering dan sensitif.

Namun jika produksi minyak yang dihasilkan muncul secara berlebihan pada wajah maka jika dibiarkan, kulit berminyak akan menyebabkan wajah menjadi gampang kusam karena mudah dihinggapi kotoran dan debu sehingga wajah dipenuhi jerawat dan komedo.

Kulit berminyak bukan hanya dialami oleh wanita saja, namun juga pria. Biasanya terjadi sejak masa pubertas dimana hormon-hormon pertumbuhan sedang bermunculan.

Tak hanya karena faktor hormon, kulit berminyak pun dapat terjadi karena pola makan yang tidak sehat dan teratur. Jika Anda gemar mengonsumsi gorengan dan makanan pedas, maka masalah kulit berminyak pun akan menghampiri Anda.

Selain itu penggunaan kosmetik yang tidak aman dan sering berganti-ganti juga dapat memicu munculnya masalah kulit berminyak di wajah.

Karena itu sebelum membeli produk kecantikan, Anda harus dapat memastikan bahwa produk tersebut sesuai dengan jenis kulit Anda untuk menghindari masalah kulit yang akan terjadi seperti berminyak, berjerawat dan iritasi.

Berikut ini adalah beberapa tips dan cara merawat kulit berminyak yang dapat Anda ikuti:

Cucilah muka secara teratur

Seringkali orang yang memiliki jenis kulit berminyak merasa tidak percaya diri dengan penampilannya, sehingga tak jarang mereka mengatasi kulit berminyak mereka dengan cara mencuci muka sesering mungkin dengan tujuan untuk menghilangkan minyak pada wajah.

Hal ini merupakan cara yang salah, minyak sangat dibutuhkan oleh kulit agar tidak cepat kering. Cucilah wajah Anda sebanyak 2 kali sehari.

Gunakan pembersih wajah yang khusus ditujukan untuk kulit berminyak dengan bahan herbal dan scrub alami untuk mengangkat kotoran pada wajah.

Pakai kertas serap minyak

Pastikan kertas serap minyak selalu siap sedia di tas Anda. Hal ini dapat menjadi senjata Anda jika sewaktu-waktu pada saat Anda beraktivitas, wajah Anda terlihat sangat mengkilap.

Pilihlah produk kecantikan yang mengandung moisturizer dan berbahan dasar air

Untuk mengetahui hal ini, sebaiknya Anda berkonsultasi pada pakar kecantikan atau dokter kulit Anda mengenai produk kosmetik apa yang sesuai bagi Anda.

Pilihlah kosmetik yang dapat mengontrol produksi minyak pada wajah Anda. Penggunaan produk kosmetik yang salah pada kulit berminyak Anda, akan memicu masalah kulit wajah lainnya.

Gunakan masker buah alami

Untuk mengatasi kulit berminyak, Anda dapat membuat masker wajah yang terbuat dengan bahan-bahan alami seperti buah-buahan dan sayuran.

Anda dapat menggunakan kentang, bengkoang, apel, pisang, gandum, timun dan wortel. Selain itu, madu, susu dan putih telur pun dipercaya dapat mengatasi masalah kulit berminyak secara alami.

Gunakan masker wajah alami sebanyak 2 kali dalam seminggu. Setelah menggunakan masker, bersihkan wajah dan lakukan pemijatan selama kurang lebih 5 menit pada wajah sekitar daerah T (dahi, hidung dan dagu) agar sirkulasi darah lancar.

Hindari stress

Stress juga dapat memicu masalah kulit berminyak pada wajah. Jadi hindari stress jika Anda ingin memiliki kulit yang sehat.

Perbanyak minum air putih

Air putih selalu dipercaya sebagai penawar dari segala macam masalah kulit dan kesehatan. Mengonsumsi air putih sebanyak 8 gelas perhari akan membuat kulit Anda sehat dan terhindar dari dehidrasi.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *