Tips dan Cara Mengatasi Sembelit

Loading...

Sembelit atau konstipasi atau yang lebih sering disebut susah buang air besar adalah salah satu masalah pencernaan yang hampir dialami setiap orang.

Sembelit biasanya ditandai dengan adanya kesulitan dalam membuang kotoran.

Biasanya seseorang yang mengalami sembelit akan merasakan kesakitan pada anusnya saat akan mengeluarkan kotoran yang terlalu keras.

Gejala lainnya yang dapat muncul adalah bau mulut, sakit kepala, insomnia, hilangnya nafsu makan dan keasaman pada lambung jika tidak ditanggapi dengan cepat dan serius.

Penyebab terjadinya sembelit berasal dari pola makan yang buruk dan tidak sehat.

Kurangnya cairan dan serat dalam tubuh, organ usus yang tidak elastis, sering menunda buang air besar, dan jarang melakukan aktivitas gerak atau olahraga juga dapat menjadi pemicu terjadinya sembelit.

Berikut ini adalah 7 tips dan cara untuk mengatasi sembelit yang bisa Anda coba mulai sekarang:

Atur pola makan

Pastikan Anda selalu makan tepat pada waktunya. Menunda jam makan  adalah kebiasaan buruk yang dapat mengakibatkan masalah pada organ pencernaan Anda seperti lambung dan usus.

Konsumsi buah dan sayur

Sembelit disebabkan oleh kurangnya serat dalam tubuh Anda. Serat ini dapat Anda peroleh dari buah-buahan dan sayuran yang Anda konsumsi setiap harinya.

Dengan mengonsumsi buah dan sayur maka tubuh Anda tidak akan kekurangan vitamin dan cairan. Buah dan sayur juga dapat membantu proses buang air besar Anda menjadi lebih mudah dan lancar.

Sayuran berwarna hijau seperti bayam adalah pilihan yang tepat bagi Anda untuk mengatasi sembelit.

Perbanyak minum air putih

Konsumsi air putih sebanyak 8 gelas atau setidaknya 2 liter setiap hari agar cairan dalam tubuh tidak habis sehingga Anda terhindar dari dehidrasi.

Air juga dapat membuat proses buang besar Anda menjadi lebih mudah. Hindarilah konsumsi kafein pada kopi, teh dan minuman bersoda serta beralkohol lainnya.

Hindari makanan berkolesterol

Untuk menghindari dan mengatasi sembelit, sebaiknya Anda hindari makanan yang mengandung kolesterol seperti gorengan dan makanan lainnya yang mengandung kadar lemak tinggi.

Hindari juga makanan siap saji atau junk food karena selain tidak sehat, makanan tersebut dapat menyebabkan sembelit.

Olahraga

Salah satu cara untuk hidup sehat adalah rutin melakukan olahraga. Tidak perlu dengan olahraga yang berat dan membutuhkan waktu yang lama, Anda cukup melakukan jogging di pagi hari sebelum melakukan aktivitas di kantor, bersepeda atau berenang.

Agar semakin sehat, Anda dapat memilih untuk berjalan kaki ke tempat-tempat terdekat ketimbang menggunakan kendaraan. Selain sehat, hal ini dapat membantu tubuh Anda untuk dapat bergerak lebih.

Olahraga yang teratur dapat membuat jantung Anda sehat sehingga aliran darah pun lancar.

Hindari stress

Stress dan depresi dapat menjadi salah satu penyebab terjadinya sembelit. Hindarilah sesuatu yang dapat memicu stress sehingga tidak hanya jasmani Anda yang sehat tapi juga rohani Anda.

Anda dapat melakukan hal-hal kecil untuk menghindari stress seperti jalan-jalan, berbelanja, menonton film atau kegiatan hiburan lainnya.

Jangan suka menunda buang air besar

Terkadang karena malas atau sibuk dengan pekerjaan, kita selalu menunda untuk melakukan hal-hal kecil seperti buang air besar. Jika terus dibiarkan maka jangan heran jika Anda dengan mudah mengalami masalah pencernaan atau sembelit.

***

Demikianlah beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk menghindari dan mengatasi sembelit. Semoga cepat sembuh.

Salam sehat selalu!

Loading...

0 Komentar Pembaca untuk “Tips dan Cara Mengatasi Sembelit

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *