Dampak Akibat Makan Beras Mentah

Makan beras mentahMakan beras mentah menjadi fenomena menarik untuk dibahas kali ini. Karena aktivitas seperti ini kerap kali kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari.

Kebiasaan makan beras mentah yang sering di lakukan oleh ibu hamil sudah sejak lama, namun fenomena lain yang muncul ketika anak atau bocah yang masih berumur 3 tahun juga  doyan dengan beras mentah seperti yang dilansir beberapa media cetak dan elektronik baru-baru ini. Entah hal ini terjadi akibat kebiasaan ibunya ngemil beras mentah ketika bocah ini masih dalam kandungan atau tidak.

Dampak langsung akibat makan beras mentah bagi kesehatan hingga saat ini belum di ketahui secara pasti.  Hal ini masih dalam penyelidikan kami sebagai ahli medis.

Kebiasaan makan beras mentah jika ditinjau dari segi kesehatan tentu mempunyai efek buruk bagi kesehatan baik itu secara langsung   maupun dalam jangka panjang.

Bingung mencari cream pemutih wajah yang komposisinya paling lengkap, aman dan nyaman digunakan serta terdaftar resmi di Badan POM? Klik di sini untuk mendapatkan jawabannya!

Dampak langsung bagi kesehatan akibat makan beras mentah dapat mengakibatkan:

  • Dapat menimbulkan sakit perut dan diare diakibatkan oleh beras yang mungkin saja tidak bersih atau sudah terkontaminasi dengan bakteri atau virus.
  • Dapat menimbulkan penyakit maag dan beberapa penyakit usus lainnya akibat ketidak mampuan atau lambannya usus saat mencerna beras ini.
  • Dapat menyebabkan cacingan karena kemungkinan  beras yang dimakan tersebut telah terkontaminasi dengan telur-telur cacing yang kasat mata.
  • Dapat menyebabkan kerusakan gigi secara permanen karena masuknya butiran halus beras disela-sela gigi apalagi jika ngemil beras mentah dilakukan menjelang tidur.

Dampak tidak langsung akibat makan beras mentah bagi kesehatan seperti:

  • Dapat mengakibatkan tubuh kekurangan karbohidrat karena lambannya proses pencernaan untuk mencerna beras dalam perut jika di bandingkan dengan mengkonsumsi beras yang telah di masak.
  • Dapat menyebabkan kerusakan ginjal dan penyakit kanker akibat  pestisida yang digunakan petani saat menanam padi masih terdapat pada beras tersebut
  • Dll.

Sebagai saran DokterCantik.com, semua jenis makanan ataupun minuman yang akan Anda konsumsi sebaiknya dicuci hingga bersih terlebih dahulu kemudian dimasak untuk menjaga kemungkinan adanya bakteri atau virus yang dapat merusak kesehatan. Jika memungkinkan, hindari makan beras mentah. Menjaga dan mencegah timbulnya suatu penyakit jauh lebih  baik dari pada mengobatinya.

Selamat menjaga kesehatan Anda!

9 Komentar

Berikan Komentar

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *