Cara Merawat Puting Payudara Saat Hamil

Loading...

Wanita akan merasakan perubahan yang sangat drastis pada tubuhnya saat ia sedang hamil. Mulai dari perutnya yang membesar dan juga payudaranya.

Perawatan payudara saat hamil menjadi sangat penting sekali karena payudara akan sangat berguna untuk menyusui sang bayi saat dilahirkan nanti.

Namun tak jarang para wanita yang sedang hamil, enggan merawat payudara dan putingnya karena rasa malas atau mood yang selalu turun naik pada saat kehamilan.

Perubahan ukuran pada payudara bahkan mulai terasa sejak awal bulan masa kehamilan. Sang calon ibu akan merasakan bahwa ukuran payudaranya bertambah besar dan lebih kencang daripada sebelumnya.

Selain itu urat-urat pembuluh darah pada payudara pun akan semakin jelas terlihat pada masa kehamilan. Puting susu dan daerah akan berwarna semakin jelas dan gelap yang juga disertai timbulnya bintik-bintik kelenjar minyak yang akan melindungi puting payudara.

Perawatan payudara selam masa kehamilan juga tidak hanya bertujuan untuk meningkatkan kelancaran Air Susu Ibu (ASI) untuk sang anak nanti, namun juga dapat bertujuan untuk memperindah bentuk payudara Anda.

Berikut ini cara merawat puting payudara saat hamil yang dapat Anda lakukan:

Pijat Payudara

Kegiatan ini sangat baik dilakukan pada saat Anda sedang mandi karena Anda akan sangat nyaman melakukannya karena dapat menyentuh dan melakukan pemijatan secara maksimal secara langsung.

Bahan-bahan yang perlu dipersiapkan adalah air hangat dan minyak zaitun atau baby oil. Pertama, bersihkan permukaan payudara Anda menggunakan air hingga bersih.

Dilanjutkan dengan pemijatan dengan menggunakan tangan yang sudah terlumasi oleh minyak zaitun atau baby oil sebelumnya. Lakukan gerakan memutar disekeliling payudara searah jarum jam dan sebaliknya.

Kemudian lakukan pemijatan pada daerah sekitar puting dari arah bawah hingga menuju puting. Hindari untuk memijat puting payudara Anda karena puting payudara hanya merupakan saluran untuk air susu saja.

Ketuklah daerah payudara Anda dengan menggunakan ujung jari Anda guna memperlancar sirkulasi darah pada daerah payudara Anda.

Setelah itu bersihkan payudara dan putingnya dengan mengusapkan kapas yang sudah tetesi minyak zaitun atau baby oil sebelumnya. Hal ini dapat mengurangi resiko puting mengalami iritasi karena minyak tersebut berfungsi untuk melembabkan dan melenturkan daerah payudara.

Setelah selesai, bersihkan kembali payudara Anda dengan menggunakan air hangat dan dingin agar payudara menjadi bersih dan peredaran darah dalam kelenjar susu kembali lancar. Kemudian keringkan payudara Anda dengan menggunakan handuk lembut.

Senam

Salah satu perawatan untuk payudara adalah dengan melakukan senam secara teratur minimal dilakukan satu kali sehari sebelum mandi. Hal ini dapat menjadikan payudara Anda semakin kencang dan peredaran darah didalamnya semakin lancar.

Gerakannya cukup mudah, Anda dapat memulainya dengan posisi berdiri kemudian tangan kanan Anda memegang bagian atas lengan (dekat bahu) tangan kiri Anda.

Begitupun sebaliknya. Tekan kuat-kuat dengan cara mempererat pegangan sampai terasa tarikan pada otot-otot disekitar daerah payudara Anda. Kemudian lepaskan beberapa detik dan ulangi kembali hingga 10 kali.

Pilih Bra yang Sesuai

Hindari pemakaian bra yang terlalu ketat. Selain tidak nyaman dipakai, bra yang terlalu ketat dapat menghambat sirkulasi darah pada payudara sehingga payudara sulit bernapas.

Namun pemakaian bra yang terlalu longgar juga tidak baik, karena tidak akan mampu menopang payudara dengan baik sehingga payudara akan mudah turun dan berubah bentuk.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *