Tips Sehat Saat Menstruasi

Tips Sehat Saat MenstruasiMenstruasi merupakan suatu hal yang sangat lumrah dialami setiap wanita dengan rutin per bulannya.

Memang ada beberapa wanita yang rutin mendapatkan menstruasi setiap bulan, tetapi ada juga yang siklus menstruasinya tidak teratur dan berbeda-beda setiap bulan.

Siklus menstruasi yang tak lancar itu juga bisa diakibatkan oleh berbagai hal, seperti kurang berolahraga, mengonsumsi minuman beralkohol, sering merokok, dan juga stress yang dialami.

Saat menstruasi, kondisi tidak nyaman, nyeri berlebihan atau hal lainnya kerapkali dialami oleh para wanita, terlebih jika mengalami siklus menstruasi yang tidak teratur.

Nah, untuk menghindari adanya kondisi yang tidak nyaman saat menstruasi, maka kita perlu memperhatikan sejumlah hal penting. Berikut adalah beberapa tips sehat saat menstruasi yang bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari Anda:

Berolahraga secara teratur

Pada saat menstruasi, biasanya para wanita akan malas berolahraga. Akan tetapi tahukah Anda, justru dengan berolahraga secara teratur, kita bisa tetap melakukan berbagai aktivitas di luar dengan kondisi tubuh yang sehat.

Olahraga secara teratur setiap hari, bermanfaat untuk melemaskan seluruh bagian otot dan persendian yang dapat mengurangi penimbunan cairan pada tubuh.

Konsumsi multivitamin setiap hari

Setiap hari saja kita sudah disarankan untuk mengonsumsi multivitamin. Apalagi pada saat menstruasi yang mengeluarkan banyak cairan di dalam tubuh.

Untuk itu, perbanyaklah konsumsi multivitamin untuk menjaga stamina ketika kedatangan tamu bulanan. Multivitamin seperti vitamin E, vitamin B, mineral zinc dan magnesium sangatlah penting untuk dapat meregangkan bagian otot di dinding rahim dan mengurangi rasa nyeri yang ditimbulkan.

Rajin menjaga kebersihan

Pada saat menstruasi, kita juga harus rutin menjaga kebersihan di daerah kewanitaan. Biasakanlah mengganti pembalut dua jam sekali, membilas dengan air bersih, dan gunakan celana dalam yang terbuat dari bahan katun berkualitas.

Banyak mengonsumsi makanan sehat

Ketika tamu bulanan sedang datang, perbanyaklah mengonsumsi makanan sehat, seperti :

  • Sayuran hijau seperti brokoli yang terbukti efektif untuk melancarkan siklus menstruasi.
  • Ikan salmon yang kaya akan vitamin D dan kalsium bisa memperkuat tulang dan menstabilkan hormone di dalam tubuh.
  • Susu kacang yang merupakan sari dari kacang kedelai selain terasa lezat, juga memiliki banyak manfaat untuk melancarkan menstruasi.
  • Telur rebus juga bisa menanggulangi rasa nyeri pada menstruasi karena banyak mengandung vitamin, kalsium, dan protein.
  • Makanan yang mengandung kalsium seperti tempe, tahu, ikan sarden, dan havermuts. Dengan mengonsumi makanan tersebut, terbukti ampuh dalam mengurangi rasa sakit dan kekejangan otot yang bisa saja timbul pada saat menstruasi.

Berbaring di tempat datar

Ketika menstruasi, sebaiknya kita berbaring dengan waktu yang cukup di tempat datar. Hal itu dimaksudkan untuk melonggarkan celana yang sedang digunakan agar tidak terlalu menekan perut.

***

Tips sehat saat menstruasi lainnya yang bisa kita lakukan adalah dengan meminum obat penghilang rasa nyeri pada perut, tentu saja sesudah berkonsultasi pada dokter ahli.

Sebelum melakukan berbagai aktivitas setiap harinya, sebaiknya kita menarik nafas panjang terlebih dulu, lalu tahan selama beberapa saat, dan lakukan minimal dua kali.

Selain itu, sebelum tidur kita bisa menggunakan minyak urut atau minyak gosok dan pijatkan secara perlahan-lahan untuk membuat rahim dan otot perut menjadi rileks. Perempuan yang sedang PMS (pra menstrual syndrome) juga diharuskan beristirahat dengan cukup.

Tips sehat saat menstruasi di atas sangatlah sederhana dan cukup mudah diterapkan. Oleh karena itu, tak ada salahnya Anda untuk mencoba tips-tips di atas supaya tidak lagi merasakan nyeri berlebih.

Buatlah perubahan gaya hidup sehat mulai dari sekarang ini!

Jangan sampai berbagai aktivitas Anda malah terganggu akibat penyakit bulanan perempuan tersebut. Jangan sampai membuat menstruasi setiap bulan yang Anda alami sebagai satu hal yang paling menyakitkan dan mengganggu kehidupan Anda.




  • arif welek

    Dok saya sering ngluarin darah dari anus tapi ga ada gejala apa pun tau tau udah ada darah,itu kenapa dok….mohon jawaban nya????