Jenis dan Manfaat Lulur dalam Perawatan Kulit

Loading...

Perawatan tubuh untuk menambah kecantikan kulit bukan cuma dengan cream saja. Penggunaan lulur untuk perawatan kecantikan kulit juga sering digunakan bahkan sejak nenek moyang kita dahulu.

Lulur dikenal mempunyai kemampuan yang hampir setara atau bahkan lebih dari beberapa produk kosmetik yang biasa kita temukan di pasaran dalam hal efektifitasnya.

Penerapan lulur mampu memberi  kelembutan dan kehalusan kulit secara alami. Selain itu, lulur juga mampu memutihkan (skin whitening) dan memberi kecerahan kulit (skin lightening) sekaligus dapat mengencangkan kulit secara alami.

Manfaat lain memilih lulur untuk perawatan kulit adalah karena penggunaan lulur relatif tidak memiliki efek negatif terhadap kesehatan kulit asalkan dalam pembuatan lulur ini sesuai dengan ukuran dan komposisi yang tepat.

Memilih menggunakan lulur juga akan menghemat kantong kita karena tidak memerlukan biaya sama sekali jika bahan-bahannya tersedia di rumah sendiri.

Ada banyak jenis lulur yang bisa kita buat dirumah, hal ini tinggal disesuaikan saja menurut kebutuhan dan untuk pemanfaatannya. Untuk lebih jelasnya anda bisa melihat beberapa jenis lulur yang dimaksud seperti:

Lulur Kuning Aroma Pandan  Jawa

Untuk membuat lulur kuning pandan Jawa, terlebih dahulu menyiapkan beberapa bahan seperti ekstrak tepung beras dan kunyit lalu ditambah air secukupnya kemudian dihaluskan untuk membuat pasta.

Cara membuatnya adalah dengan mencampurkan 100 gram pasta lalu ditambah dengan 75 ml air mawar sampai memperoleh campuran yang sedikit kenta.

Oleskan minyak cendana pada bagian tubuh yang akan lulur, lalu gosokkan lulur ini pada kulit dengan gerakan melingkar sambil sedikit memberi tekanan pada kulit kita secara lembut, hal ini akan mengangkat dan menghilangkan sel-sel kulit mati.

Manfaat dari lulur ini selain dapat menghilangkan sel-sel kulit yang telah mati juga mampu memberi kesejukan dan kelembaban pada kulit. Manfaat lain dari lulur kuning pandan Jawa ini juga dapat memberi kecerahan pada kulit serta memberi kesan warna pada kulit seperti kuning langsat.

Lulur Bengkoang

Lulur bengkoang dari ekstrak buah bengkoang memiliki komposisi mineral yang sangat dibutuhkan oleh kulit. Itu sebabnya mengapa lulur ekstrak bengkoang ini mampu mengembalikan warna kulit yang kusam, serta dapat mencerahkan kulit secara alami sehingga kulit terlihat  bersih, cerah dan segar.

Lulur Tubuh Bali

Lulur tubuh bali merupakan lulur herbal yang terbuat dari minyak kelapa, kemiri, jahe dan kunyit lalu dihaluskan. Bahan-bahan ini akan mengangkat sisa kotoran yang masih menempel pada kulit, membersihkan kulit dari bakteri dan memiliki unsur stimulan alami dengan bahan penghangat tubuh. Jadi, hal ini dapat mempercepat proses pengangkatan kotoran dan membuat kulit senantiasa lembab dan mulus secara alami.

Cara membuat ramuan ini dengan  melarutkan  100 gram ramuan di atas larutan air mawar untuk membuat pasta. Oleskan pasta tersebut lalu gosok dengan gerakan melingkar untuk membersihkan sisa sel-sel kulit yang telah mati pada tubuh Anda.

Lulur Teh

Lulur berbahan teh ini bisa dibuat dari bahan green tea ataupun teh hitam dan beras putih. Gunanya untuk mengangkat kulit mati, kotoran, dan debu.

Lulur teh juga dapat menutrisi kulit dan mencegah timbulnya kulit keriput. Selain lulur teh, lulur coklat juga mampu mencegah timbulnya jerawat baru dan menghilangkan selulit.

Kandungan teh sebagai antioksidan yang tinggi sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit sekaligus  dapat memutihkan kulit secara alami,  menghilangkan bekas jerawat, flek hitam dan bahkan mencegah kanker kulit.

Lulur Kopi

Dalam membuat lulur kopi biasanya dengan menggunakan bahan  kopi asli, beras merah, beras hitam, dan beras putih. Fungsi lulur kopi adalah untuk mengangkat sel kulit yang telah mati, menghilangkan  kotoran dan debu yang menyumbat pori-pori kulit.

Lulur Garam Laut

Lulur garam laut mengandung antiseptik mineral yang mampu menghilangkan bau badan maupun rasa gatal pada kulit. Cara membuat lulur ini cukup mencampur 100gr garam laut ke dalam minyak kacang kedelai 30 ml dan 6 tetes aromaterapi.

Setelah itu, oleskan ke seluruh tubuh sambil menggosok dengan gerakan melingkar secara perlahan agar dapat menghilangkan sel kulit yang mati.

Lulur Strawberry

Asam salisat, silika, serta beberapa vitamin yang sangat dibutuhkan kulit bisa ditemukan pada buah strawberry. Tak heran jika lulur strawberry ini mampu memberi kelembutan dan kelembaban alami pada kulit. Manfaat lain dari penerapan lulur ini akan memberikan kecerahan dan pemutihan kulit secara alami

Cara membuat lulur dari ekstrak strawberry ini dengan cara menghaluskan beberapa buah strawberry  lalu menerapkan langsung pada kulit.

Lulur Pepaya

Kandungan aneka vitamin pada buah pepaya seperti vitamin A dan vitamin E berperan sangat penting untuk menjaga kesehatan kulit. Lulur pepaya berkhasiat menjaga elastisitas kulit, memberi kelembutan dan menjaga kulit agar senantiasa lembab.

Lulur pepaya dapat dibuat dengan menghaluskan buah pepaya 100 ml dengan 20 biji kacang hazel (daging buah kemiri) yang telah di haluskan. Setelah itu, gosokkan ramuan tersebut secara merata ke seluruh tubuh.

***

Masih banyak jenis-jenis lulur untuk merawat kulit tubuh yang tidak sempat kami bahas di sini. Khusus untuk Anda yang merasa ribet membuat sendiri lulur sesuai kebutuhan kulit, barangkali tidak ada salahnya untuk melihat 4 pilihan lulur herbal alami untuk kulit Anda di sini: www.sabunpemutih.web.id.

Loading...

0 Komentar Pembaca untuk “Jenis dan Manfaat Lulur dalam Perawatan Kulit

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *