Cara Memakai Sunblock yang Benar

Loading...

Kulit merupakan jaringan terluar yang berfungsi untuk melindungi organ tubuh kita, selain itu kulit juga menjadi kriteria cantik tidaknya seseorang.

Pada sisi lain, kulit kita sangat mudah mengalami kerusakan yang bisa disebabkan oleh kurangnya nutrisi, faktor penyakit ataupun karena faktor cuaca atau suhu seperti paparan sinar matahari dan cuaca dingin.

Pada umumnya kerusakan kulit diakibatkan oleh  paparan sinar matahari atau radiasi UV yang menyebabkan kulit tampak kusam, terbakar ataupun menyebabkan bintik hitam pada permukaan kulit.

Untungnya, saat ini telah banyak kosmetik yang dapat  memberikan perlindungan kulit terhadap paparan sinar matahari dan salah satu diantaranya adalah sunblock.

Sunblock merupakan istilah lain dari tabir surya yang berfungsi dalam memberi perlindungan pada kulit dari paparan sinar matahari sekaligus dapat mencegah munculnya spot atau bintik hitam pada kulit kita.

Sunblock sendiri menawarkan beberapa jenis perlindungan kulit mulai dari SPF (Sun Protection Factor) rendah hingga SPF yang tinggi tergantung seberapa lama kita membutuhkan jasa sunblock ini, misalnya jika ingin memberi perlindungan pada kulit dari paparan sinar matahari selama 3 jam cukup dengan menerapkan tabir surya yang berjenis SPF 15.

Meskipun sunblock memiliki kemampuan yang dalam perlindungan kulit, bukan berarti bahwa pemakaian sunblock tak ada efeknya pada kulit jika kita menerapkannya secara sembarangan.

Untuk menghindari efek negatif sunblock pada kulit ada baiknya untuk memperhatikan cara memakai sunblock yang benar seperti dijelaskan di bawah ini:

  • Oleskan sunblock secara merata pada bagian kulit yang tidak terlindungi, Jangan ragu untuk mengoleskan sunblock ini sedikit tebal untuk menjaga kemungkinan sinar matahari dapat menembus kulit kita.
  • Bersihkan kulit wajah anda sebelum dan setelah menerapkan sunblock ini agar pori-pori kulit tidak  mengalami penyumbatan.
  • Agar sunblock anda bekerja secara efektif, jangan memberikan kosmetika lain dikulit anda sebelum menerapkan sunblock anda. Jadi, gunakan sunblock sebagai lapisan pertama diatas kulit anda sekitar 10 hingga 15 menit baru kemudian dapat menerapkan kosmetika lain yang anda inginkan.
  • Sunblock memerlukan waktu setidaknya 10 menit untuk dapat menyerap ke dalam kulit anda. Jadi jangan pergi di bawah sinar matahari langsung sebelum itu.
  • Untuk memberikan perlindungan kulit yang baik, sebaiknya memakai sunblock ini setiap hari tak terkecuali saat cuaca dalam keadaan mendung.
  • Jangan gunakan sunblock pada bibir anda tetapi gunakanlah lip balm dengan SPF 15 dan biarkan lip balm anda meresap sebelum menerapkan lipstik anda.
  • Pilih sunblock yang mengandung perlindungan sinar UV seperti  UV-A dan UV-B, dengan SPF di atas 15 karena umumnya sunblock yang  mengandung SPF kurang dari 15 hanya dikategorikan sebagai sunscreen atau bahan  penyaring sinar UV saja dan tidak memberikan perlindngan  secara total.

Menerapkan sunblock untuk memproteksi kulit dari bahaya sinar UV adalah salah satu cara untuk mendapatkan kulit yang cantik. Tapi, cara memakai sunblock yang benar merupakan kunci dari efektif atau tidaknya perlindungan kulit kita.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *