Tips Agar Rambut Tidak Rontok

Loading...

Rambut adalah mahkota bagi wanita. Memiliki rambut yang panjang tergerai nan indah menjadi dambaan setiap wanita.

Itulah mengapa kebanyakan wanita selalu meluangkan waktunya untuk merawat rambutnya. Rambut yang tumbuh secara alami juga akan mengalami masa-masa kerontokan.

Kondisi rambut yang mudah rontok dipengaruhi oleh banyak hal, diantaranya akibat sakit, mengkonsumsi obat-obatan, kondisi kesehatan kulit kepala, cuaca serta masalah genetik.

Mengalami kerontokan rambut yang sedemikian parah tentulah bukan kondisi yang  menyenangkan bagi siapapun.

Meskipun rambut secara alami akan mengalami kerontokan sekitar 50 hingga 100 helai per harinya, namun rambut yang rentan rontok akan menambah volume kehilangan rambut per harinya hingga perlahan-lahan rambut menipis dan dapat mengakibatkan kebotakan.

Masalah kebotakan pada siapapun khususnya wanita yang terjadi di usia dini, akan sangat mempengaruhi rasa percaya diri. Boleh jadi tips agar rambut tidak rontok bisa diterapkan untuk siapa pun yang berpotensi mengalami kebotakan baik karena kondisi kesehatan maupun faktor genetik.

Penyebab Rambut Rontok

Pertama kali yang harus Anda ketahui agar rambut tidak rontok adalah mencari penyebab kerontokan rambut. Beberapa penyebab rambut rontok yang biasa ditemukan antara lain:

Kondisi hormon

Kondisi hormon yang tidak seimbang dapat memicu terjadinya kerontokkan rambut. Pada wanita periode setelah melahirkan, pada masa kehamilan atau pada saat menyusui adalah periode rentan kerontokan rambut. 

Faktor keturunan

Kondisi rambut adalah sesuatu yang diturunkan dari orang tua. Jika orang tua Anda memiliki rambut yang cenderung rapuh, mudah rontok atau tipis, maka secara genetik Anda juga akan mendapatkan hal serupa.

Apabila Anda sudah paham bahwa kondisi rambut Anda yang mudah rontok disebabkan karena faktor keturunan, maka akan lebih mudah untuk mencari cara mengatasinya. Anda bisa menggunakan produk perawatan rambut yang memperkuat rambut dan merangsang pertumbuhannya.

Beragam kosmetik dan life style

Terlalu sering menggunakan pewarna rambut, hair spray, mousse, hair dryer, curly iron atau  catok akan membuat rambut rentan terhadap kerontokan.

Sementara itu gaya hidup Anda yang kurang mengkonsumsi sayur dan buah dan lebih sering mengonsumsi makanan-makanan berminyak atau goreng-gorengan akan beresiko untuk memicu kerontokan.

Tips dan Cara Agar Rambut Tidak Rontok

Setelah mengetahui penyebab kerontokan pada rambut Anda, berikut adalah tips dan cara agar rambut tidak rontok dengan menggunakan bahan-bahan alami:

Khasiat santan kelapa

Kedengarannya memang aneh menggunakan santan kelapa untuk merawat rambut. Tetapi cara ini sudah dipakai sejak puluhan tahun yang lalu dan hasilnya terbukti dapat mengurangi kerontokan.

Anda hanya perlu mengoleskan santan secara merata ke seluruh rambut kemudian dipijat-pijat. Diamkan hingga kurang lebih setengah jam, lalu basuh dengan air hangat dan keramas seperti biasa. Gunakan secara teratur minimal 2 kali dalam seminggu.

Masker kulit semangka

Kulit buah semangka ternyata bermanfaat untuk rambut mengurangi kerontokan rambut. Anda bisa mengambil bagian kulit semangka dan menggosokkannya pada kulit kepala kemudian mendiamkan hingga 20-30 menit. Selanjutnya keramaslah seperti biasa. Hasil maksimal akan Anda dapatkan dengan melakukannya seminggu sekali.

Lidah buaya

Tanaman lidah buaya sudah terkenal keampuhannya dalam membantu menghindari kerontokan rambut. Bagi Anda yang sedang mengalami kerontokan parah, ambil saja daun tanaman lidah buaya, belah menjadi dua buah.

Keluarkan cairan lender yang terdapat pada lapisan dalam daun lidah buaya dan gosokkan pada kulit kepala Anda. Tunggu hingga benar-benar meresap baru kemudian Anda dapat membersihkan rambut Anda dengan sampoo. Penggunaan lidah buaya secara rutin 2-3 kali seminggu terbukti sangat efektif untuk mengatasi kerontokan rambut.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *