Tips Agar Wajah Tidak Kusam

Loading...

Wajah merupakan cerminan dari seseorang, sehingga memiliki kulit wajah yang sehat dan bersih akan selalu menjadi dambaan semua wanita.

Kulit wajah kusam seakan menjadi momok sebagian wanita, karena akan sangat mengganggu penampilannya.

Tidak heran sebagian wanita akan berlomba-lomba untuk melakukan perawatan wajah guna menunjang penampilan mereka. Bagaimana dengan Anda?

Meskipun Anda tidak harus selalu berdandan untuk tampil cantik, namun banyak wanita yang menggunakan make up untuk menutupi kulitnya yang kusam. Padahal yang diperlukan adalah tips agar wajah tidak kusam, bukan berdandan secara berlebihan.

Perawatan Wajah dari Luar

Salah satu tips agar wajah tidak kusam adalah dengan rajin melakukan perawatan wajah dengan baik. Tindakan paling sederhana untuk mengawali perawatan wajah Anda dan sekaligus mengusir kusam hanya dimulai dengan mencuci wajah secara benar. Pastikan Anda  menggunakan pembersih yang lembut dan mudah meresap ke dalam kulit serta bebas alkohol.

Anda juga dapat menggunakan air suam-suam kuku untuk mengawali ritual membersihkan wajah Anda, setelah itu baru mengusapkan cleanser dengan ujung jari Anda. Bersihkan cleanser dengan cara membilas wajah Anda menggunakan air, kemudian pakailah handuk lembut untuk mengeringkan kulit wajah dengan cara menepuk-nepuknya secara lembut.

Hindari menggosok kulit wajah atau memakai produk yang kasar karena bisa menyebabkan iritasi kulit. Bagi Anda yang sering menggunakan make up tebal, memperhatikan kebersihan wajah haruslah menjadi hal yang utama.

Selalu bersihkan wajah setiap habis berdandan atau selesai beraktivitas di luar ruangan dan pada malam hari menjelang tidur, namun Anda juga perlu membatasi waktu mencuci wajah, hanya satu kali pada pagi hari dan satu kali pada malam hari.

Bagi Anda yang memiliki kecenderungan berkeringat sangat banyak, disarankan untuk membersihkan wajah sesegera mungkin setelah berkeringat. Anda yang rajin membersihkan wajah akan terhindar dari potensi kulit wajah kusam, jerawat dan flek hitam.

Selain Anda harus rutin membersihkan wajah, tips agar wajah tidak kusam adalah dengan selalu melakukan perawatan rutin seperti peeling dan masker dua kali seminggu. Peeling akan berfungsi untuk mengangkat sel kulit mati sekaligus menghaluskan wajah, sedangkan masker merupakan salah satu cara untuk memberikan nutrisi pada kulit.

Anda lebih baik memilih masker dengan bahan alami seperti buah-buahan. Untuk perawatan rutin harian, Anda perlu mengoleskan pelembab wajah terutama pada kulit yang terasa kering. Oleskan juga sunscreen pada waktu Anda harus banyak beraktivitas di luar ruangan dan terpapar sinar matahari dalam waktu yang cukup lama.

Perawatan Wajah dari Dalam

Untuk perawatan dari dalam, tips agar wajah tidak kusam dapat dilakukan dengan banyak mengkonsumsi buah-buahan. Beberapa buah yang dapat memberikan nutrisi bagi kulit di antaranya adalah pisang. Buah ini sangat kaya akan kandungan potasium serta vitamin A untuk mengembalikan minyak alami pada kulit.

Vitamin E yang terkandung di dalam buah pisang juga dapat memperbaiki kerusakan kulit dan mencerahkan bintik-bintik penuaan, sedangkan vitamin C pada pisang dapat mencegah oksidasi dan keriput pada sel-sel kulit. Mengkonsumsi jus buah apel dapat membantu asupan vitamin untuk kehaluskan kulit.

Sedangkan kandungan beragam vitamin pada nanas dapat membantu meremajakan kulit. Untuk mendapatkan kandungan vitamin C yang tinggi, Anda dapat mengkonsumsi buah lemon, papaya, ataupun buah kiwi.

Untuk mengimbangi aktivitas Anda yang banyak dilakukan di luar ruangan, jangan lupa minum air putih hingga 8 gelas sehari, agar kulit Anda turut terjaga kesegarannya.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *