Tips dan Cara Alami Menjaga Kesehatan Mata

Loading...

Salah satu organ tubuh yang harus rajin dirawat dan dijaga dengan baik adalah mata.

Mata sendiri merupakan salah satu panca indera yang sangat berharga dan harus dirawat dengan sangat baik.

Menjaga kesehatan mata bukan hanya sebuah keharusan, tetapi merupakan sebuah kewajiban yang membuktikan rasa sukur kita terhadap Allah yang telah menciptakan mata untuk kita.

Mata kita harus dirawat sejak dini agar terhindar dari berbagai masalah mata.

Masalah pada mata yang sering terjadi adalah seperti miopi atau rabun jauh, katarak, rabun dekat, presbiopi atau tidak dapat melihat benda dari jarak jauh maupun jarak dekat dan berbagai masalah pada mata lainnya seperti mata minus maupun buta warna.

Tips dan Cara Menjaga Kesehatan Mata

Masalah pada mata sendiri biasanya terjadi karena pola hidup yang salah dan kurang perhatiannya kita terhadap masalah kesehatan diri dan lingkungan tempat tinggal maupun tempat kerja.

Untuk menghindari mata Anda dari berbagai masalah mata, kami berikan beberapa tips menjaga kesehatan mata berikut ini:

Baca buku dengan cara yang baik dan benar

Membaca buku adalah suatu keharusan, tapi jangan sampai membaca buku menjadi salah satu penyebab kerusakan mata. Bacalah buku dengan cara yang baik dan benar. Jangan membaca buku sambil tiduran dan jangan juga membaca buku di tempat yang remang remang.

Istirahatkan mata

Jika Anda diharuskan untuk bekerja ditempat yang ber AC dan didepan layar komputer terus menerus selama seharian, kami sarankan untuk sering mengistirahatkan mata Anda. Caranya adalah dengan melihat pemandangan hijau seperti kebun dan pegunungan.

Jangan dikucek

Jangan pernah mengucek mata Anda ketika mata Anda perih atau gatal. Apalagi jika Anda tidak bisa memastikan apakah tangan Anda dalam keadaan bersih atau tidak saat mengucek mata.

Mengucek mata sembarangan tidak hanya bisa menyebabkan mata rusak, tetapi juga bisa menyebabkan iritasi  mata dan kerusakan mata permanen.

Berkedip secara normal

Berkediplah secara normal, jangan menahan mata Anda untuk berkedip, apalagi ketika menonton televisi, intensitas kedipan mata akan sangat berkurang karena otak lebih berkonsentrasi pada acara televisi yang sedang di tonton.

Konsumsi makanan dan minuman yang bergizi

Asupan vitamin A yang cukup merupakan salah satu hal wajib jika Anda ingin mata Anda tetap terjaga kesehatannya. Perbanyaklah mengkonsumsi wortel, apel dan sayuran hijau yang sangat bagus untuk kesehatan mata Anda. Usahakan untuk memperbanyak sayuran dalam menu makanan Anda.

Refreshing

Melancong ke tempat tempat yang hijau seperti ke pegunungan, pesawahan atau ke perkebunan bisa menjadi salah satu cara yang efektif dan menyenangkan untuk mengistirahatkan mata Anda.

Hindari rokok

Stop rokok sekarang juga, karena selain membawa efek yang sangat buruk terhadap kesehatan tubuh, menghisap rokok  juga ternyata berpotensi merusak mata Anda.

Asap rokok yang langsung menuju mata tidak hanya menyebabkan mata Anda rusak, dalam waktu lama bahkan mata Anda bisa terkena katarak dan mata berair.

###

Beberapa pencegahan memang harus selalu dilakukan sejak dini, sebelum semuanya terlambat. Jika mata Anda sudah terkena mata minus, maka hal tersebut akan semakin sulit untuk disembuhkan, walaupun menyembuhkan mata minus bukanlah hal yang mustahil.

Istirahat yang cukup sangat baik untuk menjaga kesehatan mata Anda. Jangan biarkan mata Anda bekerja terlalu lelah dengan mengharuskannya begadang sampai larut malam. Ingat, mata Anda juga punya hak untuk beristirahat.

Itulah beberapa tips dan cara menjaga kesehatan mata Anda. Jaga selalu kesehatan mata Anda dengan memperhatikan asupan makanan dan istirahat yang cukup. Semoga bermanfaat.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *