Macam-Macam Penyakit Jantung

Loading...

Penyakit jantung merupakan salah satu penyakit yang paling mematikan di dunia.

Penderita penyakit jantung biasanya akan mengalami kematian mendadak, bahkan tidak sedikit para penderita penyakit jantung yang meninggal ketika mereka sedang tidur.

Penyakit jantung menyerang jantung dan sistem pembuluh darah sehingga menyebabkan jantung tidak bisa berfungsi secara normal.

Jantung sendiri merupakan organ dalam yang berfungsi untuk memompa darah yang membawa oksigen ke seluruh tubuh.

Penyakit jantung bisa terjadi karena banyak sebab. Diantaranya adalah pola hidup yang tidak sehat, kelainan bawaan sejak lahir, pola makan yang tidak sehat dan tidak teratur serta lingkungan yang tidak kondusif.

Penyakit jantung pada umumnya diderita oleh orang yang telah lanjut usia, namun kini banyak kasus kaum muda yang terseran penyakit jantung. Bahkan di beberapa negara banyak ditemui kasus balita yang mengidap kelainan jantung karena factor genetic.

Penyakit jantung terdiri dari berbagai macam, namun dari banyaknya jenis penyakit jantung yang ada, berikut ini adalah beberapa penyakit jantung yang umum terjadi dan menjadi penyebab kematian.

Gagal Jantung (Heart Failure)

Gagal jantung atau heart failure merupakan suatu kondisi dimana seseorang memiliki jantung yang tidak bisa memasok aliran darah ke seluruh tubuh secara total. Fungsi jantung berhenti seketika dan menjadi penyebab kematian.

Gejala awal dari penyakit gagal jantung ini antara lain pembengkakan pada kaki dan tangan, pengurangan berat badan secara tidak normal, mudah lelah dan sulit untuk tidur baik pada siang hari maupun pada malam hari.

Masalah Katup Jantung (Heart Valve Disease)

Heart valve disease disebut juga sebagai suatu masalah pada katup jantung. Penyakit ini terjadi karena ada salah satu katup jantung yang tidak bisa bekerja dengan sangat baik.

Masalah pada katup jantung ini sendiri biasanya terjadi karena bawaan lahir, tapi ada juga yang mengalami masalah pada katup jantung ini karena kecelakaan dan pola hidup yang tidak sehat.

Penyakit jantung yang sebabkan oleh masalah pada katup jantung ini sendiri dibagi menjadi tiga jenis, yakni kebocoran, penyempitan dan katup tanpa lubang. Obat dari penyakit jantung jenis ini adalah operasi.

Detak Jantung Tak Beraturan atau Aritmia

Aritmia merupakan salah satu jenis penyakit jantung yang ditandai dengan irama atau detak jantung yang tak beraturan. Orang yang  mengalami aritmia biasanya mengalami detak jantung yang terlalu cepat, terlalu lambat dan terkadang sangat tidak teratur.

Peradangan Jantung atau Perikarditis

Jenis penyakit jantung yang selanjutnya adalah peradangan pada jantung atau perikarditis. Penyakit jantung jenis ini biasanya terjadi lantaran adanya peradangan pada kantung jantung sehingga menyebabkan penimbunan cairan dan penebalan pada jantung.

Gejala dari penyakit jantung jenis ini adalah tekanan darah tinggi, sesak nafas, batuk yang tak berhenti dalam waktu lama dan cepat lelah.

Penyakit Jantung Koroner

Penyakit jantung koroner mungkin sudah tidak asing lagi bagi sebagian orang. Penyakit jantung koroner ini bisa disebabkan oleh lapisan lemak atau kolesterol di dinding nadi yang sudah terlalu banyak sehingga menyumbat pembuluh darah. Sumbatan pada pembuluh darah inilah yang menyebabkan terganggunya suplai darah menuju ke jantung.

###

Masih ada beberapa jenis penyakit jantung yang tidak bisa kami ulas dalam kesempatan kali ini. Yang terpenting adalah selalu jaga kondisi tubuh dan pola hidup sehat Anda agar terhindar dari berbagai penyakit jantung, termasuk dengan berhenti merokok jika selama ini Anda adalah perokok.

Salam sehat!

Loading...

0 Komentar Pembaca untuk “Macam-Macam Penyakit Jantung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *