Ciri-ciri Asam Urat Tinggi

Loading...

Penyakit asam urat bisa melanda siapa saja, mulai dari kalangan remaja hingga orang dewasa semuanya bisa mengalami penyakit asam urat ini.

Namun memang umumnya penyakit asam urat lebih mudah menyerang mereka yang sudah lanjut usia.

Asam urat memang bukanlah penyakit membahayakan dan mematikan namun jika didiamkan terlalu lama tanpa melakukan upaya-upaya pengobatan dampaknya akan semakin buruk dan membahayakan.

Pada mulanya penderita asam urat tidak akan merasakan bahwa dirinya tengah sakit asam urat. Karena itu, sangat penting mengetahui beberapa tanda dan gejala asam urat.

Berikut ini adalah beberapa ciri-ciri asam urat tinggi  yang dapat Anda kenali pada tubuh Anda:

Kesemutan dan rasa ngilu pada sendi

Orang yang sudah terkena penyakit asam urat akan merasa kesemutan dan rasa ngilu yang terjadi pada sendi-sendi. Jika sudah terkena kesemutan biasanya penderita asam urat ini akan kesulitan menggerakan bagian tubuh yang ngilu untuk beberapa saat.

Sering tiba-tiba merasa nyeri

Rasa nyeri ini biasanya muncul ketika malam atau pagi hari ketika Anda bangun tidur. Jika mengalami rasa nyeri secara tiba-tiba, bisa dimungkinkan Anda telah terkena asam urat.

Pada salah satu bagian organ tubuh akan terjadi pembengkakan dan terasa sakit

Pembengkakan biasanya terjadi pada sendi dan menyebabkan kemerahan pada kulit, kulit akan terasa panas seperti terbakar. Selain itu, rasa nyeri yang dialami si penderita asam urat ini tentu berbeda intensitasnya dibandingkan rasa nyeri yang tidak disebabkan asam urat.

Hiperurisemia

Hiperurisemia adalah keadaan dimana asam urat yang terkandung dalam darah melebihhi batas normal. Hiperurisemia ini kini diajdikan suatu alasan yang kuat sebagai ciri dari penyakit asam urat tinggi. Namun jika penderita asam urat terkena hiperurisemia, biasanya tidak akan terserang Gout. Gout merupakan salah satu gejala yang timbul dari penyakit asam urat.

Nyeri asam urat

Ciri lainnya adalah nyeri asam urat terjadi pada bagian-bagian tubuh tertentu. Bagian tubuh tertentu yang biasa diserang asam urat antara lain lutut, siku, pergelangan kaki, kaki, tangan serta punggung.

###

Pada dasarnya asam urat ini adalah cara untuk tubuh agar dapat berjalan fungsinya dengan seimbang. Kadar asam urat yang berlebih biasanya akan dibuang melalui urine saat manusia buang air kecil. Namun jika sesuatu terjadi yang dapat menghambat proses pembuangan asam urat yang berlebih melalui urine, maka kadar asam urat pun akan naik atau tinggi.

Kadar asam urat yang naik bisa sangat tidak baik bagi kesehatan jika berlangsung dalam jangka waktu yang panjang. Kadar asam urat tinggi biasanya bisa mencapai 7.5 mg/dL. Asam urat yang normal biasanya 2,4 mg/dL hingga 6 mg/dL pada wanita dan 3 mg/dL hingga 7 mg/dl pada tubuh pria.

Untuk mencegah asam urat tinggi penderita asam urat harus lebih memperhatikan asupan makanan sehari-hari agar kadar asam urat dalam tubuh bisa tetap stabil. Kenyataannya, pola makan yang tidak sehat serta gaya hidup yang tidak seimbang menjadi penyebab timbulnya penyakit asam urat tinggi.

Konsumsi minuman seperti alkohol, bir, wiski dan minuman lainnya yang memabukan sebaiknya dihentikan karena akan mempermudah peningkatan asam urat dalam tubuh Anda. Selain itu, periksa rutin ke dokter pun sangat dianjurkan guna mengetahui apakah kondisi tubuh dalam keadaan baik-baik saja atau tidak.

Jika baik-baik saja, Anda bisa melanjutkan hidup seperti biasa namun tetap waspada karena asam urat bisa menyerang kapan saja dan siapa saja. Jika Anda sedang terserang penyakit asam urat tinggi, Anda mungkin bisa mempertimbangkan pengobatan herbal untuk asam urat karena dianggap lebih nyaman dan murah biayanya dibanding obat asam urat lainnya.

Semoga tips ini bermanfaat untuk Anda.

Loading...

0 Komentar Pembaca untuk “Ciri-ciri Asam Urat Tinggi

  1. Tiga tahun yg lalu saya sering mengalami kesemutan dan nyeri di persendian kemudian punggung sakit kaalu bangun tidur. Sejak saya rutin melaksanakan sholat sunat sebelum dan sesudah sholat wajib, sholat tahajjud, sholat duha, insya Allah saya gak pernah lagi mengalami kesemutan dan nyeri sendi dan badan selalu enak, gak pernah sakit punggung lagi kalau bangun tidur. Mungkin karena lebih banyak melakukan gerakan sholat, sehingga peredaran darah menjadi lancar.

    View Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *