Cara Menghilangkan Bau Mulut Secara Alami

Cara Menghilangkan Bau Mulut Secara AlamiBau mulut merupakan aib tersendiri yang harus segera diatasi. Ketika mulut Anda mengeluarkan bau yang kurang sedap, maka rasa percaya diri ketika berbicara di depan orang lain pun akan luntur seketika.

Memiliki bau mulut yang tidak sedap memang sangat tidak nyaman, apalagi jika Anda merupakan seorang yang dituntut harus sering berbicara di depan banyak orang.

 

Bau mulut yang tidak sedap juga menjadi malapetaka tersendiri ketika bercengekarama dengan orang yang Anda kasihi. Mood untuk saling menyayangi bisa saja menjadi hilang hanya karena bau mulut yang mengganggu perbincangan Anda.

Karena pentingnya mengatasi bau mulut, dalam kesempatan kali ini kami akan memberikan beberapa tips dan cara alami untuk menghilangkan bau mulut. Tetapi sebelum itu, kita bahas dulu faktor penyebab timbulnya bau mulut yang tidak sedap.

Penyebab Timbulnya Bau Mulut

Ada banyak faktor yang menyebabkan timbulnya bau mulut yang tidak sedap, antara lain:

TERKAIT:  Sakit Pinggang, Gejala Awal Batu Ginjal

Tidak sarapan pagi

Selain bisa menyebabkan sakit mag, tidak sarapan pagi juga akan mengakibatkan mulut Anda berbau. Di dalam mulut terdapat sejumlah bakteri penyebab bau mulut. Bakteri bakteri tersebut akan bereaksi jika tidak ada asupan makanan yang ‘menyapu’ bagian mulut Anda.

Dengan sarapan pagi, maka produksi air liur pun akan kembali normal saat Anda harus mengunyah makanan dan bau mulut pun tidak akan Anda alami. Bau mulut yang berlebihan juga biasa terjadi pada saat orang melakukan puasa.

Sariawan yang sudah parah

Sariawan yang sudah parah biasanya akan mengeluarkan bau yang kurang sedap. Bahkan dalam kondisi tertentu akan keluar nanah yang berbau busuk.

Jarang sikat gigi

Inilah salah satu penyebab bau mulut yang paling dominan. Rasa malas untuk menyikat gigi bukan hanya akan merusak gigi Anda, tetapi juga akan mengakibatkan bau mulut yang sangat menyengat.

Merokok

Selain bisa menyebabkan berbagai penyakit berbahaya, merokok juga bisa menyebabkan bau mulut. Hentikanlah kebiasaan merokok Anda sekarang juga agar mulut Anda tidak mengeluarkan bau tak sedap.

TERKAIT:  Kandungan dan Manfaat Buah Pisang Untuk Kesehatan

Tips dan Cara Menghilangkan Bau Mulut

Selain dengan rajin menggosok gigi, ada beberapa cara lain untuk menghilangkan bau mulut. Diantaranya adalah:

Rajin berkumur dengan daun sirih

Daun sirih memang sudah tidak bisa diragukan lagi khasiatnya untuk kesehatan mulut dan gigi. Nenek moyang kita jaman dulu suka menggunakan daun sirih untuk mengobati sakit gigi. Selain ampuh untuk mengobati sakit gigi, daun sirih pun ternyata bisa dimanfaatkan untuk mengatasi bau  mulut.

Caranya sangatlah mudah, rebuslah lima lembar daun sirih dengan empat gelas air, biarkan hingga tersisa dua sampai tiga gelas saja, setelah itu diamkanlah selama satu malam. Pada keesokan harinya, gunakanlah air rebusan daun sirih yang telah Anda buat untuk berkumur kumur.

Perbanyak konsumsi buah buahan

Memperbanyak konsumsi buah buahan juga akan membantu Anda dalam mengatasi bau mulut. Dengan mengkonsumsi buah-buahan secara rutin, produksi air liur akan meningkat sehingga bau mulut pun akan lenyap.

TERKAIT:  5 Cara Mengurangi Minyak Berlebih Pada Rambut

Perbanyak minum teh hijau

Selain baik untuk diet, mengkonsumsi teh hijau juga ternyata sangat baik untuk menghilangkan bau mulut yang tengah Anda derita. Teh hijau sendiri mengandung anti oksidan yang cukup tinggi sehingga sangat baik untuk tubuh.

Kunyah permen karet

Bau mulut biasanya disebabkan oleh mulut yang kering. Mengkonsumsi permen karet bisa membuat produksi air liur menjadi lebih banyak sehingga bau mulut pun bisa teratasi.

Pilihlah permen karet dengan rasa yang khas dan memiliki wangi yang cukup kuat sehingga bau mulut bisa disamarkan dengan bau permen karet tersebut. Anda juga bisa mengkonsumsi permen permen jenis lainnya seperti permen kunyah ataupun permen wangi.

###

Itulah beberapa cara yang bisa Anda pilih untuk mengatasi masalah bau mulut. Semoga cara mengatasi bau mulut yang kami berikan bermanfaat untuk Anda.