Cara Mengobati Anemia Secara Alami

Loading...

Penyakit anemia dikenal juga dengan istilah “kurang darah“. Anemia sendiri merupakan sebuah kondisi dimana jumlah sel darah merah dalam tubuh sangat kurang atau jumlahnya tidak normal.

Tidak hanya sel darah merah yang kurang, penyakit anemia juga dapat diderita oleh mereka yang memiliki sel darah merah yang cukup, namun kondisi hemoglobin (Hb) dalam darahnya tidak normal.

Dengan kata lain, penyakit anemia bisa disebabkan oleh kurangnya hemoglobin dalam sel darah merah, kurangnya sel darah merah serta kurangnya volume darah secara umum.

Penyakit anemia ini sangat umum dijumpai dalam masyarakat kita. Gejala umum anemia mudah diketahui dan dengan memperbaiki asupan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh, biasanya anemia sudah bisa diatasi, kecuali kasus anemia berat yang membutuhkan intervensi medis tertentu.

Macam Macam Anemia

Nah, sebelum kita membahas bagaimana cara mengobati anemia secara alami, kami akan membahas berbagai macam atau jenis-jenis dari anemia. Penyakit anemia atau “kurang darah” dapat dibedakan atas beberapa kelompok, antara lain:

Anemia Pernisiosa

Pernisiosa adalah penyakit kurang darah atau anemia yang disebabkan oleh tubuh yang kekurangan ion besi atau vitamin B12.

Anemia Sel Sabit (Sickle Cell Anemia)

Anemia sel sabit atau sickle cell anemia merupakan salah satu penyakit anemia yang sangat mematikan. Anemia sel sabit sendiri merupakan suatu kondisi diman sel darah merah berbentuk seperti sabit atau bulan sabit. Penyebabnya adalah hemoglobin dalam darah yang terhalang sehingga bisa menyebabkan kematian.

Thalasemia

Thalasemia adalah suatu kondisi dimana sel darah merah berbentuk lonjong dan berukuran kecil kecil. Sel darah jenis ini memiliki daya ikat oksigen yang sangat rendah sehingga sangat jelek untuk tubuh.

Penyakit anemia sendiri biasanya menyebabkan penderitanya merasa mual, pucat, lemas dan mudah lelah. Pada kondisi tertentu atau kondisi anemia yang sudah parah, penderitanya biasanya sangat mudah untuk pingsan.

Tips  Mengobati Anemia Secara Alami

Penyakit anemia atau kurang darah bisa diatasi dengan banyak mengkonsumsi makanan makanan yang mengandung banyak zat besi. Anda bisa mengkonsumsi berbagai macam sayuran dan buah buahan seperti misalnya buncis, daun singkong, dan sayuran hijau lainnya. Anda juga sangat disarankan untuk mengkonsumsi kacang kacangan serta berbagai jenis buah buahan.

Cara Mengatasi Anemia Secara Alami

Ada banyak hal yang dapat dilakukan untuk mengatasi penyakit anemia secara alami, antara lain:

Perbanyak konsumsi daging

Anda bisa memperbanyak mengkonsumsi daging merah seperti daging kambing, daging sapi dan daging domba. Daging merah banyak mengandung zat besi dan protein yang sangat baik untuk tubuh. Sajikan daging merah tersebut setengah matang untuk membantu Anda menghilangkan masalah anemia.

Hindari buah apel dan buah belimbing

Untuk Anda yang sangat menyukai buah apel dan buah belimbing, hentikan sejenak kebiasaan Anda untuk mengkonsumsi kedua jenis buah buahan tersebut ketika sedang mengalami anemia. Buah belimbing dan buah apel secara alami akan menyebabkan anemia yang Anda alami semakin parah.

Hindari tidur terlalu malam

Bergadang atau tidur terlalu malam bisa menyebabkan anemia Anda semakin parah. Istirahatlah yang cukup setiap malam dan hindari untuk bergadang setiap malam.

Perbanyak makan kacang-kacangan

Mengkonsumsi kacang kacangan, terutama kacang kacangan hijau secara alami bisa mengatasi anemia atau penyakit kurang darah. Anda bisa menyajikan kacang kacangan tersebut untuk cemilan sehat saat beristirahat.

Rombak total pola hidup

Pola hidup yang tidak sehat bisa menyebabkan Anda mudah terkena penyakit anemia, rubahlah pola hidup yang tidak sehat sedini mungkin dan mulailah gaya hidup sehat Anda mulai sekarang juga.

Hindari stres

Selain bisa menyebabkan darah tinggi, pada kondisi tertentu stress justru bisa menyebabkan darah rendah atau anemia. Hindarilah stres dengan banyak melakukan refreshing serta melakukan kegiatan-kegiatan yang positif.

Selain hal hal diatas, Anda juga sangat dianjurkan untuk mengatur pola makan agar kebutuhan nutrisi dalam tubuh terpenuhi secara sempurna. Selamat mencoba!

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *