Cara Mengobati Sakit Punggung Selama Kehamilan

Loading...

Masa-masa kehamilan merupakan saat yang bisa saja menyenangkan hati sekaligus mendebarkan bagi seorang ibu ataupun calon ibu.

Saat hamil, ada perasaan istimewa dalam diri seorang perempuan sehingga biasanya cenderung manja.

Saat hamil juga biasanya ibu akan rentang mengalami sejumlah masalah dengan kesehatannya, salah satunya adalah sakit punggung.

Sakit punggung saat hamil biasanya terjadi pada usia kandungan yang telah mencapai lima bulan keatas. Sebenarnya sakit punggung saat hamil merupakan hal yang biasa terjadi lantaran memang sang calon ibu sedang membawa beban yang cukup berat di dalam perutnya.

Kenaikan berat badan dan hormon tubuh akan mengendurkan otot otot tubuh serta ligament sehingga sangat mudah untuk sakit punggung. Nah, berikut adalah sejumlah tips dan trik untuk mengatasi sakit punggung selama masa kehamilan Anda:

Duduk dan Berdiri dengan Sikap Tubuh yang Baik

Bayi dalam kandungan seorang ibu akan terus berkembang dari hari ke hari. Oleh karena itu sikap tubuh seorang ibu juga harus selalu diperhatikan. Salah posisi tubuh saat duduk dan berdiri akan menyebabkan posisi bayi dalam rahim tidak benar.

Selain itu, posisi duduk dan berdiri yang salah saat hamil juga bisa menyebabkan sakit punggung. Oleh karena itulah perlu diperhatikan posisi tubuh Anda saat sedang duduk dan sedang berdiri.

Sikap tubuh yang baik saat hamil;

  • Berdiri dengan tegak ketika berdiri
  • Tarik dagu tinggi
  • Pastikan pundak bersandar ke belakang
  • Jangan mengatup lutut

Gunakan pakaian hamil yang tepat dan nyaman

Pakailah pakaian yang tidak terlalu ketat dan juga tidak terlalu longgar. Kami sarankan Anda untuk mengenakan baju dan celana khusus untuk ibu hamil. Anda juga bisa menggunakan sabuk khusus untuk ibu hamil yang lebih halus dan tidak ketat.

Angkat benda dengan baik dan benar

Jangan mengangkat benda berat ketika hamil. Jika terpaksa, angkatlah dengan posisi yang tepat. Jangan membungkuk ketika mengangkat benda berat, berjongkoklah lalu angkat kaki Anda ketika hendak mengangkat sebuah benda.

Jangan menekuk bagian punggung Anda ketika sedang mengangkat benda berat. Jika tidak bisa, mintalah bantuan kepada orang lain dan jangan memaksakan diri.

Tidurlah dengan cara menyamping

Jangan tidur dalam posisi terlentang, apalagi tengkurap. Tidurlah dengan cara terlentang agar punggung Anda tidak sakit saat hamil.

Gosok punggung dengan sesuatu yang hangat

Anda bisa menggosok punggung Anda dengan jahe atau minyak gosok yang hangat untuk menghilangkan rasa sakit di sekitar punggung Anda. Menggosok punggung dengan sesuatu yang hangat sangat efektif untuk menghilangkan rasa sakit punggung saat hamil.

Segera konsultasi ke dokter jika terus merasa sakit

Walaupun hal yang biasa dan lumrah, namun rasa sakit punggung saat hamil tidak bisa dianggap sepele. Rajin rajinlah memeriksakan diri Anda ke dokter kandungan untuk terus memantau kondisi kesehatan Anda dan janin yang ada di rahim Anda.

###

Kondisi kesehatan janin dalam rahim Anda memang sangat penting untuk selalu diperhatikan, namun kesehatan Anda sebagai calon ibu juga tak kalah pentingnya. Kesehatan ibu akan sangat berpengaruh terhadap kesehatan si jabang bayi nantinya.

Lakukanlah yoga atau senam hamil secara rutin minimal dua sampai tiga kali setiap  minggunya dan hindari pekerjaan pekerjaan yang berat agar Anda terhindar dari sakit punggung saat hamil.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *