Tanda dan Gejala Awal Penyakit Jantung

Loading...

Penyakit jantung masih menjadi salah satu penyakit yang banyak membunuh manusia di seluruh dunia.

Jika dulu penyakit jantung hanya menyerang orang yang sudah berusia lanjut dan kalangan tertentu saja, kini penyakit jantung sudah banyak diderita oleh kaum muda atau mereka yang baru menginjak usia antara 20 sampai 40 tahun yang notabene merupakan usia produktif.

Penyakit jantung merupakan suatu keadaan dimana otot otot jantung akan mati dan tidak dapat mengalirkan darah. Selain itu, otot otot jantung juga tidak dapat melakukan regenerasi sehingga tidak bisa berkembang.

Untuk itulah Anda wajib mengetahui tanda-tanda awal penyakit jantung atau gejala penyakit jantung. Jika gejala awal penyakit jantung tidak segera ditangani, bukannya tidak mungkin jika penyakit jantung kronis akan segera menyerang Anda. Bahkan jika terus didiamkan maka nyawa Andalah taruhannya.

Tanda dan Gejala Awal Penyakit Jantung

Berikut ini adalah sejumlah tanda dan gejala awal penyakit jantung yang bisa kita kenali sejak dini, antara lain:

Angina

Angina merupakan salah satu gejala awal dari penyakit jantung yang berupa rasa nyeri yang sering muncul disekitar dada. Rasa nyeri tersebut terkadang hilang dan terkadang datang lagi dalam waktu yang sangat singkat. Rasa nyeri juga biasanya terasa ketika Anda menekan dada.

Aritmia

Aritmia adalah salah satu gejala awal terjadinya penyakit jantung dimana irama detak jantung semakin tak beraturan, terkadang sangat lambat dan diwaktu yang lainnya sangatlah cepat. Denyut jantung yang tidak normal ini bisa menjadi pertanda telah terjadi masalah pada jantung Anda.

Pusing

Berhati hatilah untuk Anda yang sering merasa pusing tanpa sebab. Rasa pusing tersebut bisa jadi disebabkan oleh minimnya pasokan oksigen dalam darah yang dipompa oleh jantung. Jika Anda sering merasa pusing tanpa sebab, segera periksakan diri Anda ke dokter.

Letih yang berkepanjangan

Rasa lelah yang berkepanjangan padahal Anda tidak mengerjakan pekerjaan yang berat atau melelahkan bisa jadi sebagai salah satu gejala awal penyakit jantung. Sering seringlah beristirahat dan hindarilah bergadang sampai larut malam.

Mual dan keluar keringat dingin

Gejala awal penyakit jantung lainnya adalah selalu mual dan keluar keringat dingin tanpa sebab yang jelas. Untuk gejala yang satu ini, Anda mesti berkonsultasi dengan dokter ahli jantung untuk memastikannya sebagai gejala penyakit jantung atau bukan.

####

Gejala-gejala tersebut diatas bisa menjadi salah satu peringatan awal dari serangan jantung. Namun sayangnya banyak yang tidak memperdulikan gejala awal penyakit jantung tersebut sehingga penyakit jantung yang diderita pun bisa semakin parah.

Banyak diantara kita yang menganggap bahwa gejala awal penyakit jantung seperti mual, sering merasa kelelahan dan keluar keringat dingin hanyalah merupakan gejala masuk angin biasa dan bukan gejala penyakit jantung.

Hal inilah yang biasanya menyebabkan orang-orang tidak menyadari bahwa mereka sebenarnya sedang mengidap gejala adanya penyakit jantung. Jika penyakit jantung sudah semakin parah, barulah penyesalan terjadi.

Nah, mengingat penyakit jantung merupakan salah satu pembunuh terbesar, maka sudah seharusnyalah kita berusaha untuk selalu menjaga kesehatan jantung kita dan mengambil tindakan cepat ketika salah satu gejala awal penyakit jantung sudah dirasakan.

Tips Agar Terhindar dari Penyakit Jantung

Berikut adalah beberapa tips dan cara sehat agar Anda terhindarkan dari penyakit jantungantara lain:

Rajin Jogging

Melakukan jogging atau lari lari kecil minimal sepuluh menit setiap harinya bisa membantu menghindarkan diri Anda dari penyakit jantung.

Perbanyak Konsumsi Ikan

Mengkonsumsi ikan  juga sangat bagus untuk kesehatan jantung Anda, konsumsilah ikan laut minimal dua kali setiap satu minggu.

Hindari Begadang

Hindarilah tidur terlalu larut malam, istirahatlah yang cukup karena tubuh Anda juga mempunyai hak untuk beristirahat.

Berhenti Merokok

Bagaimanapun, merokok telah terbukti menjadi salah satu pemicu terjadinya penyakit jantung. Karena itu, jika saat ini Anda adalah perokok, sangat disarankan untuk segera berhenti demi kesehatan Anda di masa-masa mendatang.

Untuk informasi selengkapnya seputar bagaimana cara mencegah penyakit jantung, silahkan baca artikel ini.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *