Tips dan Cara Alami Menjaga Kesehatan Mata

Loading...

Mata yang sehat merupakan salah satu modal utama dalam menjalani kehidupan. Dengan memiliki mata yang sehat, kita bisa melakukan hal hal apapun yang kita sukai.

Tapi ada saatnya mata memiliki masalah masalah tertentu, seperti misalnya sakit mata, mata perih, mata gatal, mata minus atau bahkan mengalami kebutaan.

Berbagai masalah pada mata tersebut terjadi karena kurangnya perhatian kita dalam menjaga kesehatan mata.

Bekerja seharian di depan komputer atau bekerja pada lingkungan kerja yang berdebu bisa menyebabkan berbagai masalah serius pada mata.

Apalagi jika Anda terlalu sibuk sehingga kurang beristirahat pada malam hari, mata pun akan semakin lelah dan semakin rentan terkena masalah.

Bekerja pada lingkungan kerja yang ber-AC seperti misalnya di perkantoran pun akan menyebabkan berbagai masalah pada mata, misalnya saja mata kering dan mata berair.

Tips dan Cara Menjaga Kesehatan Mata

Untuk mengatasi berbagai masalah pada mata, berikut ini adalah beberapa tips menjaga kesehatan mata yang mungkin saja belum Anda ketahui.

Gunakan kacamata hitam saat bekerja di luar ruangan

Sunglasses atau kacamata hitam sangat direkomendasikan untuk digunakan oleh Anda yang bekerja di luar ruangan. Menggunakan kacamata hitam bisa menghindarkan mata Anda dari paparan sinar matahari yang menyilaukan, debu dan angin. Tapi jangan sembarangan menggunakan kacamata hitam, gunakanlah kacamata hitam dengan kualitas terbaik.

Lakukan diet (khusus penderita obesitas)

Banyak para ahli mata yang menyarankan penderita kelainan mata atau yang memiliki masalah pada mata untuk berdiet dan memperbanyak mengkonsumsi makanan yang mengandung omega-3 dan asam lemak.

Omega-3 dan asam lemak secara efektif mampu mencegah mata kering dan berfungsi juga untuk meringankan gejala sakit pada mata Anda seperti mata perih, mata berair dan mata kering. Anda bisa memperbanyak mengkonsumsi berbagai jenis ikan seperti ikan salmon dan tuna, minyak zaitun dan juga kurma.

Gunakan daun ketumbar sebagai obat tetes mata

Anda bisa menghancurkan daun ketumbar lalu ambilah airnya saja. Setelah itu gunakanlah air perasan daun ketumbar yang telah bersih sebagai obat tetes mata.

Perasan daun ketumbar ini sangat efektif untuk mengatasi mata perih, mata gatal dan mata yang terkena infeksi. Lakukan setidaknya dua kali dalam sehari.

Teh chamomile 

The chamomile sangat efektif untuk mengatasi lingkaran hitam yang ada di sekitar mata. Lingkaran hitam yang ada di sekitar mata sendiri biasanya disebabkan oleh kurang istirahat.

Lidah buaya

Anda bisa memanfaatkan ekstrak lidah buaya untuk mengobati mata yang kering dan sakit. Caranya sangatlah mudah. Bersihkan lidah buaya dari kulitnya, setelah itu blender lalu gunakanlah kapas untuk mengusapkan lidah buaya tersebut ke sekitar mata Anda.

Putih telur

Untuk Anda yang sering mengalami mata lelah atau sakit di sekitar otot mata, oleskanlah putih telur dan lakukan pemijatan ringan selama kurang lebih 15 menit.

Setelah itu bilaslah menggunakan air bersih. Pijatan dengan menggunakan putih telur terbukti ampuh untuk membuat mata Anda lebih rileks dan juga mengencangkan kulit di sekitar kelopak mata sehingga membuat Anda tampak awet muda.

Kentang

Parutan kentang yang diasukan ke kain tipis dan dikompreskan ke sekitar kelopak mata bisa membantu menyembuhkan mata bengkak dan mata yang lelah. Selain itu, parutan kentang juga mampu mengatasi mata merah dan perih.

###

Demikianlah beberapa tips menjaga kesehatan mata secara alami, semoga tips yang kami berikan bermanfaat untuk Anda.

Loading...

0 Komentar Pembaca untuk “Tips dan Cara Alami Menjaga Kesehatan Mata

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *