Cara Alami Menyembuhkan Batuk Kering

Loading...

Salah satu penyakit yang sangat akrab dengan manusia selain flu adalah batuk.

Hampir setiap orang pernah mengalami sakit batuk, entah itu sakit batuk biasa saja sampai sakit batuk yang berat dan menyebabkan kematian.

Tidak hanya menyerang orang tua, penyakit batuk ini sendiri banyak diderita oleh anak anak dan bahkan balita yang baru berusia beberapa bulan.

Karena itu, tidaklah mengherankan jika ada banyak sekali jenis obat batuk yang beredar di pasaran sekarang ini, baik untuk anak-anak maupun untuk orang dewasa.

Batuk sendiri bisa disebabkan oleh banyak hal, bisa jadi karena makanan, minuman ataupun pola hidup yang kurang sehat. Selain itu batuk juga bisa disebabkan oleh penyakit lainnya.

Batuk sendiri memang merupakan salah satu penyakit yang jarang sekali menimbulkan kematian, tapi jika dibiarkan secara terus menerus, batuk bisa menyebabkan berbagai penyakit berat, salah satunya adalah batuk berdarah.

Batuk ada banyak jenisnya, tapi diantara beberapa jenis batuk, salah satu jenis batuk yang paling menyiksa adalah batuk kering. Batuk kering sendiri biasanya menyebabkan sakit pada dada dan sesak. Jika dibiarkan begitu saja, batuk kering akan semakin parah dan bisa menyebabkan batuk berdarah.

Cara Alami Menyembuhkan Batuk Kering

Untuk mengatasi hal tersebut, berikut ini adalah beberapa tips dan cara alami menyembuhkan batuk kering:

Mengatasi batuk kering dengan  kencur

Anda bisa menyiapkan kencur secukupnya lalu dicuci hingga bersih. Setelah itu kupaslah kulitnya dan kunyah kencur tersebut sampai halus dengan menambahkan sedikit garam. Setelah halus, telan dan minumlah air hangat.

Bagi yang tidak biasa, rasanya mungkin sangat tidak enak, tapi usahakan untuk melakukan cara ini minimal satu kali dalam sehari agar batuk kering Anda cepat sembuh.

Mengatasi batuk kering dengan kunyit

Selain memiliki banyak khasiat untuk kecantikan, kunyit juga memiliki banyak khasiat untuk kesehatan, salah satunya adalah untuk mengatasi batuk kering.

Caranya sangatlah mudah, ambilah setengah sendok kunyit lalu tumbuk hingga halus. Setelah itu campurkanlah dengan sedikit madu. Campuran kunyit dan madu asli tersebut bisa Anda campurkan dengan susu murni lalu diminum minimal dua kali dalam satu hari.

Menghilangkan batuk kering dengan daun kemangi

Kemangi merupakan salah satu tanaman yang memiliki wangi yang khas. Daun kemangi biasanya dikonsumsi sebagai lalapan ataupun penyedap makanan. Selain rasanya enak, daun kemangi juga bisa dimanfaatkan untuk mengatasi batuk kering.

Caranya adalah dengan memasak daun kemangi dalam dua gelas air lalu minumlah hasil rebusan daun kemangi tersebut dua kali dalam satu hari.

####

Cara Mencegah Penyakit Batu Kering

Selain menggunakan cara cara alami yang kami sebutkan diatas, agar Anda terhindar dari penyakit batuk kering, berikut ini kami berikan beberapa tips untuk menghindarkan diri Anda dan mencegah terjadinya penyakit batuk kering, antara lain:

Istirahat cukup dan hindari bergadang hingga larut malam

Hindarilah bergadang hingga larut malam karena hal tersebut merupakan salah satu penyebab batuk kering. Tidurlah minimal jam 10 malam dan gunakan selimut yang cukup.

Hindari makanan yang terlalu berminyak

Makanan yang terlalu mengandung banyak minyak merupakan salah satu penyebab batuk kering. Hindari makanan makanan seperti gorengan, junkfood ataupun yang sejenisnya.

Hindari makanan yang mengandung gula halus

Untuk orang orang tertentu, makanan yang mengandung gula halus merupakan salah satu penyebab dari batuk kering, hindarilah makanan yang mengandung gula halus seperti misalnya donat.

*****

Demikianlah beberapa tips dan cara menyembuhkan batuk kering secara alami, semoga bermanfaat dan semoga lekas sembuh.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *