Khasiat dan Manfaat Jeruk Nipis

Loading...

Jeruk nipis atau citrus aurantifolia merupakan salah satu jenis buah buahan yang tumbuh dengan subur di Indonesia.

Tidak seperti buah jeruk jenis lainnya, buah jeruk nipis biasanya memiliki rasa yang cenderung pahit dan sanga asam.

Walaupun tidak enak untuk dimakan secara langsung, namun buah jeruk yang satu ini memiliki khasiat yang sangat banyak untuk kesehatan dan kecantikan tubuh manusia.

Sejak jaman dahulu, buah jeruk nipis selalu dimanfaatkan untuk mengobati berbagai jenis penyakit. Yang paling populer adalah khasiat jeruk nipis untuk mengatasi batuk dengan mencampurkan air jeruk nipis dengan kecap.

Selain mampu mengatasi batuk secara alami, jeruk nipis juga ternyata bisa dimanfaatkan untuk berbagai keperluan lainnya, misalnya saja membersihkan karat pada logam.

Jeruk nipis sendiri banyak mengandung linalool, flavonoid, rhoifolin dan naringin. Selain itu, di dalam jeruk nipis juga terkandung  fosfor, besi dan vitamin A, vitamin B1 serta vitamin C.

Khasiat jeruk nipis untuk mengobati amandel

Caranya adalah dengan menyiapkan tiga kulit jeruk nipis lalu cuci hingga bersih lalu potong potong. Setelah itu rebuslah dengan dua gelas air hingga tersisa seperempatnya saja. Gunakan air rebusan tersebut untuk berkumur kumur.

Khasiat jeruk nipis untuk mengobati batuk

Caranya adalah dengan mencuci jeruk nipis sampai bersih lalu diperas dan campurkan dengan satu sendok makan madu. Setelah itu tambahkan sedikit garam lalu disaring dan minum airnya satu kali sehari.

Khasiat jeruk nipis untuk mengatasi flu

Siapkan jeruk nipis yang sudah matang atau masak, setelah itu peraslah dan seduh dengan air panas. Tambahkan dengan setengah sendok teh air kapur sirih sambil diaduk rata lalu minumlah dua kali sehari.

Khasiat jeruk nipis untuk mengatasi bau badan

Jeruk nipis ternyata juga dapat digunakan untuk mengatasi masalah bau badan. Caranya adalah dengan menyiapkan jeruk nipis berukuran sedang lalu belah dua. Setelah itu olesi bagian irisan dengan kapur sirih dan gosokan ke ketiak ketika sedang mandi.

Khasiat jeruk nipis untuk mengobati bati ginjal

Penyakit batu ginjal juga dapat diobati dengan ramuan jeruk nipis. Siapkan jeruk nipis kampung lalu peras dan campurkan dengan air hangat. Minumlah secara rutin setiap hari dan rasakan khasiatnya.

Khasiat jeruk nipis untuk mengatasi penyakit difteri

Caranya adalah dengan menyiapkan dua buah jeruk nipis lalu dicuci hingga bersih. Setelah itu tambahkan satu sentok makan madu dan gunakanlah untuk berkumur kumur minimal tiga kali dalam satu hari.

Khasiat jeruk nipis untuk mengatasi haid yang tidak teratur

Selain mengatasi masalah kecantikan, jeruk nipis juga bisa dimanfaatkan untuk mengatasi haid tidak teratur. Caranya adalah dengan menyiapkan tiga sendok makan air jeruk nipis lalu campurkanlah dengan madu dan dua gelas air hangat. Minumlah air campuran jeruk nipis dan madu tersebut tiga kali sehari.

Khasiat jeruk nipis untuk mengatasi jerawat

Caranya adalah dengan menyiapkan jeruk nipis lalu iris tipis dan digosokkan ke kulit wajah yang berjerawat. Rasanya mungkin akan sedikit perih, namun hal tersebut normal. Dengan rutin melakukannya, niscaya jerawat perlahan akan berkurang dan hilang sama sekali.

***

Ada banyak sekali manfaat atau khasiat jeruk nipis untuk kesehatan dan kecantikan. Mengingat banyaknya khasiat dari buah jeruk yang satu ini, kami sarankan Anda untuk menanam pohon jeruk nipis ini di pekarangan rumah atau di kebun. Pohon jeruk nipis sendiri bisa dengan mudah tumbuh di iklim tropis seperti Indonesia.

Loading...

0 Komentar Pembaca untuk “Khasiat dan Manfaat Jeruk Nipis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *