Tips dan Cara Memilih Baju Batik

Loading...

Indonesia merupakan salah satu negara dengan kebudayaan paling banyak di dunia. Salah satunya dapat dilihat dari berbagai macam suku dan budaya yang terdapat di Negara Indonesia tercinta ini.

Jika Anda adalah seorang yang gemar mengikuti perkembangan kebudayaan yang berada di Indonesia, pasti Anda mengetahui bahwa baju batik merupakan salah satu perkembangan  dari unsur yang ada dalam kebudayaan Indonesia.

Budaya batik merupakan salah satu jenis kekayaan budaya yang harus selalu di lestarikan. Sejumlah program pemerintah pun dicanangkan untuk menjaga kelestarian batik, salah satunya adalah dengan mewajibkan Pegawai Negeri Sipil untuk memakai batik pada hari Jumat.

Baju batik memang pas untuk dikenakan di segala suasana dan untuk semua acara, baik acara resmi maupun acara santai. Namun tetap saja memilih baju batik yang salah akan membuat penampilan Anda kurang menarik.

Dulunya baju batik hanya dipakai oleh kalangan atas saja untuk beberapa acara penting. Namun beda halnya untuk saat ini, dimana Anda bisa menggunakan baju batik kapan saja dan dimana saja.

Namun masih banyak orang yang salah dalam hal memilih baju batik yang akan mereka kenakan. Pemahaman seseorang tentang motif dan bahan baju tersebut masih sangat kurang, sehingga banyak yang kecewa setelah baju tersebut dibeli.

Kualitas dari bahan baju batik kadang tidak sama satu dengan yang lainnya, sehingga kadang baru saja dipakai tiga atau empat kali saja baju tersebut sudah kusam dan ada juga baju batik yang jika dicuci langsung luntur dan merusak baju yang lain pada saat dicuci.

Tips dan Cara Memilih Baju Batik

Baju batik merupakan baju yang terbuat dari kain yang telah ditulisi atau dicap dengan gambar-gambar serta motif yang berbeda-beda. Batik di Indonesia dikenal dengan batik berkualitas terbaik dan banyak digemari oleh wisatawan dari luar negeri.

Nah, jika Anda bingung menentukan baju batik yang tepat, berikut ini beberapa tips dan cara memilih baju batik yang sesuai dengan kebutuhan Anda:

Warna

Anda bisa memilih baju batik yang selaras dengan warna kulit Anda, jika warna kulit Anda adalah putih, Anda bisa memilih baju batik dengan warna apa saja, namun jika Anda berkulit coklat atau hitam maka pilihlah baju batik dengan warna yang tidak membuat kulit Anda terkesan tambah hitam.

Motif

Motif dari baju batik saat ini sangatlah beragan sehingga Anda bisa memilih motif sesuai dengan selera Anda. Pilihlah motif batik yang simple untuk memberikan kesan lembut saat Anda memakainya. Motif batik biasanya disesuaikan dengan kebutuhan pemakai serta motif yang cocok untuk digunakan saat bekerja dan santai.

Kualitas

Anda bisa memilih baju batik dengan kualitas terbaik dengan perbandingan harga yang tidak murahan. Harga batik yang terlalu murah biasanya memiliki kualitas rendah berbeda dengan harga batik yang sedikit lebih mahal.

Kebutuhan

Jika Anda ingin membeli suatu barang, pastinya Anda akan memikirkan tujuan barang tersebut dibeli. Sama halnya juga dengan baju batik, Anda bisa menyesuaikan kebutuhan Anda untuk membeli baju batik tersebut, apakah akan dipakai untuk bekerja, untuk santai atau untuk acara-acara tertentu. Memilih baju batik sesuai dengan kebutuhan Anda bisa mengurangi biaya pembelian.

Model

untuk memilih model baju batik, Anda bisa menyesuaikan dengan postur tubuh Anda. Jika postur tubuh Anda berbadan langsing, model baju batik apapun akan cocok jika Anda kenakan. Namun jika postur tubuh Anda gemuk, Anda bisa memilih baju batik yang memberi kesan Anda lebih langsing. Namun jika badan Anda kurus, pilihlah model baju yang memberikan kesan lebih gemuk.

Harga

Terkadang banyak orang yang berfikiran jika harganya mahal itu pasti bagus. Namun tidak semua harga yang mahal itu memiliki kualitas yang bagus juga. Harga murah pun bisa berkualitas tinggi namun dibutuhkan ketelitian pada saat Anda ingin membeli baju batik tersebut.

Nah itulah beberapa tips untuk memilih baju batik. Semoga Anda bisa memilih baju batik yang pas untuk kebutuhan Anda.

Loading...

0 Komentar Pembaca untuk “Tips dan Cara Memilih Baju Batik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *