Cara Mengobati Penyakit Batuk Secara Alami

Cara Mengobati Penyakit Batuk Secara AlamiSalah satu penyakit yang nampaknya pernah dialami oleh seluruh manusia adalah penyakit batuk.

Batuk sendiri merupakan salah satu proses alamiah yang pasti dialami oleh setiap manusia, baik itu karena penyakit ataupun karena sebab lainnya.

 

Batuk adalah penyakit yang berhubungan langsung dengan sistem pernafasan manusia, sehingga jika dibiarkan tanpa pengobatan yang tepat akan sangat mengganggu aktifitas kita.

Level penyakit batuk pun berbeda-beda, dari penyakit batuk ringan sampai batuk berat yang terkadang disertai dengan keluarnya dahak dan darah.

Banyak orang yang menyepelekan penyakit batuk, bahkan tak jarang ada orang yang membiarkannya tanpa diobati sama sekali. Padahal penyakit batuk bisa menjadi sebab dari timbulnya penyakit lain seperti sesak nafas dan gangguan pernafasan lainnya.

Penyebab Timbulnya Penyakit Batuk

Sebelum membahas bagaimana cara mengatasi batuk dengan menggunakan bahan dan cara alami, terlebih dahulu kami akan membahas sejumlah penyebab terjadinya batuk.

TERKAIT:  Tips Agar Mulut Tidak Berbau Saat Puasa

Penyakit batuk bisa disebabkan oleh sejumlah hal, baik yang sifatnya internal tubuh kita maupun karena faktor eksternal tubuh. Nah, berikut ini adalah beberapa penyebab timbulnya penyakit batuk, antara lain:

Pilek atau Influenza

Pilek atau influenza adalah salah satu penyebab batuk yang paling dominan.

Serangan Asma
Penyakit asma merupakan salah satu penyakit yang bisa menyebabkan batuk. Terjadinya penyempitan saluran pernafasan bisa menyebabkan gangguan pernafasan lainnya, salah satunya adalah batuk.

Kondisi Lingkungan

Kondisi lingkungan yang kurang sehat seperti banyak asap dan banyak debu bisa menyebabkan saluran pernafasan Anda terganggu, salah satunya adalah terjadinya penyakit batuk.

Terlalu banyak mengkonsumsi obat obatan

Terlalu banyak mengkonsumsi obat obatan seperti obat flu dan yang lainnya ternyata juga bisa menyebabkan batuk.

Merokok dan meminum minuman beralkohol

Kebiasaan merokok dan meminum minuman yang mengandung banyak alcohol juga merupakan salah satu penyebab batuk.

Tips dan Cara Mencegah Penyakit Batuk

Untuk mencegah dan mengatasi penyakit batuk secara alami, berikut ini adalah beberapa hal yang dapat Anda lakukan:

  • Jauhilah tempat tempat yang berdebu
  • Jauhilah tempat tempat yang dingin seperti tempat ber-AC atau yang terlalu berangin.
  • Gunakan selimut atau jaket ketika tidur malam hari atau tidur di ruangan ber-AC.
  • Gunakan air hangat saat mandi.
  • Hentikanlah kebiasaan merokok dan meminum minuman beralkohol.
  • Banyak beristirahat dan jangan terlalu memporsir tenaga untuk bekerja.
  • Perbanyak minum air putih.
  • Hindari minuman bersoda.
TERKAIT:  Resep Obat Tradisional Untuk Mengatasi Keputihan

Tips dan Cara Alami Mengobati Penyakit Batuk

Untuk mengobati penyakit batuk yang Anda derita, beberapa ramuan herbal alami di bawah ini mungkin bisa sangat berkhasiat, antara lain sebagai berikut:

Mengatasi batuk dengan jahe

Jahe mengandung zat anti bakteri yang sangat baik untuk mengatasi batuk. Jahe bisa menghangatkan tenggorokan Anda sehingga secara alami mampu mengatasi batuk, baik itu batuk berdahak maupun batuk kering.

Cara mengobati batuk dengan menggunakan jahe pun sangat mudah. Anda hanya perlu menyiapkan jahe secukupnya lalu cuci hingga bersih. Setelah itu Anda bisa mengunyahnya secara langsung atau bisa juda ditumbuk lalu diperas airnya. campurkanlah perasan air jahe tersebut dengan madu dan minum dua kali sehari.

TERKAIT:  7 Macam Obat Tradisional Wasir

Mengatasi batuk dengan jeruk nipis

Jeruk nipis memang sudah banyak dikenal sebagai salah satu obat batuk paling ampuh. Caranya adalah dengan memeras jeruk nipis dan mencampurkan air perasan jeruk nipi stersebut dengan madu ataupun kecap. Setelah itu minumlah dua kali sehari.

Mengatasi batuk dengan daun sirih

Daun sirih merupakan obat batuk berdahak paling ampuh. Sirih mengandung antibakteri yang sangat baik untuk membunuh bakteri penyebab batuk. Caranya adalah dengan merebus daun sirih secukupnya lalu minumlah rebusan daun sirih tersebut dua kali sehari.

###

Itulah beberapa tips dan cara alami mengobati batuk. Anda bisa memilih salah satu dari beberapa cara di atas untuk mengatasi berbagai jenis batuk yang Anda alami. Mengobati batuk dengan cara tradisional tentu saja jauh lebih aman dari pada mengobati batuk dengan menggunakan obat-obatan yang mengandung bahan kimia.

Semoga tips mengatasi batuk dengan cara tradisional yang kami bagikan ini bermanfaat untuk Anda.