Khasiat dan Manfaat Buah Apel

Loading...

Salah satu buah yang memiliki banyak khasiat untuk kesehatan adalah buah apel.

Buah yang memiliki warna dan bentuk yang menarik ini memiliki kandungan vitamin dan nutrisi yang sangat baik untuk tubuh manusia.

Nutrisi dan vitamin dalam apel banyak terkandung dalam kulitnya, namun sayang banyak diantara kita yang tidak tahu dan bahkan sering membuang kulit aple tersebut.

Apel sendiri terdiri dari beberapa jenis, dilihat dari warna kulitnya, apel terdiri dari apel kuning, apel merah dan apel hijau.

Apel dapat tumbuh lebih subur di dataran yang lebih tinggi. Di Indonesia sendiri apel tumbuh subur di kawasan Batu, Malang.

Macam -Macam Buah Apel

Buah apel memiliki banyak jenis, antara lain:

  1. Apel kuning atau Golden Delicious, apel ini berasal dari Amerika dan biasanya sering dijadikan saus apel.
  2. Apel merah atau Red Delicious, apel yang satu ini pastinya sudah tidak asing bagi Anda. Apel merah banyak terdapat di Indonesia dan bahkan sudah dibudidayakan sejak lama.
  3. Apel Fuji atau Gala, apel ini memiliki rasa lebih segar dan lebih manis dari apel jenis lainnya.
  4. Apel Granny Smith, buah apel yang satu ini berasal dari Australia dan memiliki rasa sedikit asam dengan warna hijau yang menggoda.
  5. Apel Manalagi, apel ini merupakan apel lokal yang berwarna hijau.

Khasiat dan Manfaat Buah Apel

Setelah mengetahui beberapa jenis buah apel, berikut ini adalah beberapa manfaat buah apel bagi kesehatan dan kecantikan.

Menyehatkan saluran pencernaan

Mengkonsumsi buah apel secara rutin sudah terbukti secara klinis mampu mencegah manusia dari penyakit kanker usus.

Menyehatkan payudara wanita

Buah apel mengandung zat zat khusus yang secara alami bisa membuat payudara wanita jadi lebih sehat. Mengkonsumsi buah apel secara rutin juga mampu menghindarkan wanita dari penyakit kanker payudara.

Menyehatkan hati

Apel mengandung antioksidan alai yang sangat baik untuk kesehatan hati atau liver.

Menurunkan kolesterol

Untuk Anda yang memiliki kadar kolesterol cukup tinggi, Anda bisa mengatasinya dengan cara rutin mengkonsumsi dua buah apel setiap harinya. Dengan rutin mengkonsumsi apel, lemak yang jahat ini bisa berkurang sebanyak 16 persen.

Menetralisir kadar gula darah

Salah satu penyakit yang sering dianggap sepele tetapi sangat mematikan adalah diabetes. Penyakit degeneratif bisa diatasi dengan buah apel. Mengkonsumsi buah apel secara rutin setiap hari mampu menetralisir kadar gula dalam darah Anda.

Menurunkan berat badan

Buah apel merupakan salah satu makanan yang tepat untuk diet. Selain bisa menunda lapar, apel juga bisa melancarkan pencernaan diusus dan membuat usus lebih sehat sehingga program diet pun tidak akan terganggu.

Mengatasi darah tinggi (hipertensi)

Darah tinggi atau hipertensi adalah salah satu biang keladi dari berbagai penyakit mematikan seperti stroke, gagal jantung dan jantung lemah. Untuk mengatasi darah tinggi, Anda bisa merebus apel hijau dan kemudian memakannya serta meminum air rebusannya.

Mengembalikan stamina tubuh

Untuk Anda yang sering merasa letih, lelah dan lunglai, mengkonsumsi buah apel bisa mengembalikan stamina tubuh sekaligus menjaga daya tahan tubuh. Apel sendiri mengandung anti oksidan yang sangat baik untuk menjaga kesehatan.

*****

Demikianlah aneka khasiat dan manfaat buah apel yang mungkin belum Anda ketahui. Mulai sekarang, rajin-rajinlah mengkonsumsi buah apel agar kesehatan tubuh Anda terjaga. Semoga bermanfaat.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *