Cara Mengobati Keseleo dengan Mudah

Cara Mengobati Keseleo dengan MudahUntuk Anda yang sering melakukan olah raga fisik atau melakukan pekerjaan berat pastinya sudah taka sing lagi dengan yang namanya keseleo.

Keseleo atau sering juga disebut dengan urat terkilir, salah urat dan yang sebagainya ini terjadi pada pergelangan kaki atau pergelangan tangan.

Keseleo sendiri akan menyebabkan kaki dan tangan Anda membengkak jika tidak ditangani secara serius. Bahkan jika tidak segera diobati, maka keseleo bisa menyebabkan kecacatan atau rasa sakit yang tak mudah hilang.

Mengobati keseleo pun tak bisa sembarangan, jiaka salah mengobatinya maka keseleo akan semakin parah.

Anda juga disarankan untuk tak sembarangan mengurut keseleo yang terjadi pada tangan dan kaki Anda, karena bisa jadi salah uratnya akan semakin parah.

Cara Mengobati Keseleo dengan Mudah

Untuk menghindarkan Anda dari penyakit lainnya setelah terkena keseleo, berikut ini kami bagikan tips dan cara mengobati keseleo yang baik dan benar.

Jangan memijat bagian pergelangan kaki dan tangan yang keseleo

Biasanya, orang yang mengalami keseleo akan langsung memijat mijat pergelangan kaki atau pergelangan tangan mereka yang bertujuan untuk menghilangkan rasa sakit. Padahal, mengurut ngurut kaki dan tangan yang keseleo sangat tidak baik, apalagi jika Anda tidak tahu menahu soal ilmu pemijatan.

Hilangkan rasa sakit dengan menggunakan es

Jika keseleo Anda membengkak, segeralah kompres dengan menggunakan es. Banyak orang yang mengalami keseleo mengompresnya dengan air panas, padahal hal tersebut jelas salah.

Air panas akan membuat peredaran darah semakin lancar dan darah yang terdapat pada pembuluh darah pun sulit membeku. Jika peredaran darah semakin lancar, maka bagian yang sakit akan semakin terasa sakit.

Dengan menggunakan es, maka darah akan sedikit membeku dan bisa memperbaiki diri sendiri dengan sangat cepat. Selain itu, rasa sakit pun akan sedikit berkurang.

Segera beristirahat

Cara lainnya yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi rasa sakit ketika keseleo adalah dengan beristirahat. Jangan melakukan apapun ketika tangan atau kaki Anda mulai merasakan sakit akibat keseleo.

Balut bagian yang keseleo dengan kain

Anda bisa membalut bagian tubuh yang terkena keseleo dengan kain. Hal ini bertujuan untuk meminimalisir gerakan pada bagian tubuh yang keseleo agar tidak sakit dan bertambah parah.

Baluri dengan parutan jahe

Jahe memiliki sifat hangat yang sangat efektit untuk mengurangi rasa sakit yang Anda derita karena keseleo. Selain itu, jahe juga bisa mengurangi pembengkakan yang terjadi akibat keseleo.

Caranya sangat mudah, ambil jahe secukupnya lalu parut hingga halus, setelah itu balurkan ke bagian tubuh yang keseleo dan balut dengan menggunakan kain.

Gunakan air arang untuk mengatasi pembengkakan akibat keseleo

Air arang sangat ampuh untuk mengatasi pembengkakan akibat keseleo. Caranya adalah dengan menyiapkan arang batok kelapa secukupnya yang masih panas.

Masukkan arang yang masih panas tersebut ke dalam satu gayung air (gunakan air mentah biasa, jangan gunakan air dingin atau air panas) setelah itu, air akan menjadi hangat karena efek dari arang tadi.

Gunakan air arang tersebut untuk membasuh bagian tubuh yang keseleo. Lakukan secara rutin minimal dua kali dalam sehari, maka bengkak pada keseleo Anda berangsur angsur akan mengempis.

****

Sebenarnya ada banyak sekali cara yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi rasa sakit akibat keseleo atau mengempiskan bengkak akibat keseleo, namun hanya beberapa cara di atas yang bisa kami berikan di kesempatan ini. Semoga bermanfaat.