Cara Merawat Gigi Berlubang Agar Tidak Sakit

Cara Merawat Gigi Berlubang Agar Tidak Sakit
Cara merawat gigi yang berlubang agar tidak semakin sakit dan membesar tentu saja berbeda dengan cara merawat gigi yang sakit pada umumnya.

Gigi berlubang biasanya menyerang gigi geraham yang memang lebih sering difungsikan untuk mengunyah.

Selain gigi berlubang, ada banyak sekali masalah yang bisa dialami oleh gigi Anda, diantaranya adalah gigi patah, gigi sensitif, gigi berbau dan sakit gigi yang disebabkan kurangnya perhatian kita dalam merawat gigi.

Dalam kesempatan kali ini, kami akan fokus membahas pada penanganan gigi berlubang. Ada banyak sekali faktor penyebab dari gigi berlubang, bisa karena faktor makanan sampai akibat kurangnya perhatian Anda dalam merawat gigi.

Untuk dapat merawat gigi berlubang agar tidak semakin membesar dan sakit, kiranya kita perlu memahami tahapan-tahapan hingga gigi berlubang. Adapun tahapan gigi berlubang bisa diuraikan sebagai berikut:

Gigi berlubang dengan lubang yang masih kecil

Dalam tahap awal, biasanya hanya akan terlihat bintik hitam pada permukaan gigi geraham Anda. Rasanya pun tidak sakit. Tapi jika terus menerus dibiarkan, maka lubang yang kecil ini akan terus membesar dan menyebabkan gigi Anda sakit.

Gigi berlubang dengan lubang berukuran sedang

Jika dibiarkan terus menerus dan tidak pernah dirawat, maka gigi Anda akan terus berlubang sehingga lubangnya akan terus membesar dan rasa sakit pun akan mulai Anda rasakan.

Gigi berlubang dengan lubang berukuran besar

Jika terus dibiarkan, maka gigi yang berlubang akan terus membesar dan rasa sakit pun akan semakin menjadi jadi. Rasa sakitnya pun akan menjadi semakin bertambah dari hari ke hari dan Anda mulai merasakan ngilu di persendian.

Jika dalam waktu lama rasa sakit terus berlanjut, maka biasanya dokter akan menyarankan agar gigi yang berlubang tersebut dicabut atau ditambal. Tapi tunggu dulu, mencabut atau menambal mulut bukanlah solusi yang tepat. Rasa sakit yang ditimbulkan dari mencabut dan menambal gigi biasanya akan jauh lebih terasa kuat.

Obat Gigi Tradisional Untuk Gigi Berlubang

Oleh karena itulah kami akan memberikan beberapa informasi obat tradisional yang bisa dijadikan obat sakit gigi akibat gigi berlubang.

Getah Daun Jarak

Getah daun jarak bisa Anda manfaatkan untuk mengobati sakit gigi karena gigi berlubang. Caranya adalah dengan memetik daun jarak dari pangkalnya. Akan ada getah yang menetes dari daun jarak tersebut dan taruhlah getah yang menetes pada kapas putih.

Setelah kapasnya basah dengan getah daun jarak, masukanlah ke gigi Anda yang berlubang. Rasanya memang akan sedikit sakit, namun cara ini terbukti sangat efektif untuk mencopot gigi Anda yang berlubang.

Vanili

Kaum ibu atau yang hobi membuat kue pastinya sudah tidak asing lagi dengan yang namana vanili. Vanili sendiri akan membat kue yang dibuat jadi lebih wangi dan lebih mengembang.

Untuk mengobati sakit gigi  dengan memanfaatkan vanili, Anda bisa menyiapkan satu bungkus vanili lalu siapkan pula kapas putih yang bersih dan steril. Basahi kapas putih tersebut lalu oleskan ke bubuk vanili sampai benar benar tercampur.

Setelah vanili benar benar tercampur ke kapas, Anda bisa memasukannya ke gigi yang berlubang. Rasanya tidak terlalu sakit, tapi Anda akan banyak meludah jika mengobati sakit gigi berlubang dengan cara ini.

Garam

Berkumur-kumur dengan air garam bisa menjadi salah satu obat sakit gigi yang paling efektif dan tentu saja sangat murah. Campurkanlah satu sendok the garam dengan satu gelas air hangat, setelah itu gunakanlah untuk berkumur kumur selama kurang lebih lima menit.

Selain dengan menggunakan air garam, ada juga yang menyarankan berkumur kumur dengan air seni atau air kencing sendiri, tapi untuk Anda yang merasa jijik, Anda cukup menggunakan air garam saja.

Selamat mencoba!





  • ahmad homaidi

    Gejala strock disebabkan dari apa?

  • siwikarso

    Doktor dimana2 gigi lubang pasti sakit..awsl mula caries krn di biarkan terlalu lama maka timbul rcd…klu ga di perbaiki diambil penyakity/ulat yg msk ke akar gigi ga bakalan sembuh…paling rontok sendiri….klu menurut saya selagi gigi ga goyang jgn di cabut..kecuali gigi ga normal/melebihi gg normal d mengganggu gg lainy…..

  • siwikarso

    Kumur2 air sm garam menurut saya bagi gusi yg linu…kotoran/calcus kerak gg ga bs ilang klu ga di betsihin sm mesin pembersih gg/scalling….

    • rainbow

      Maaf, saya tidak setuju dengan pendapat anda mengenai gigi ditambal atau dicabut akan menyebabkan rasa sakit yg berlebih.
      Justru tujuan ditambal adalah untuk mencegah masuknya bakteri ke dalam gigi. Dengan proses penambalan dan pencabutan akan mencegah penyebaran infeksi lebih lanjut. Mungkin bisa dicantumkan referensi anda membuat artikel dari jurnal mana dan bertanya kepada dokter gigi terlebih dahulu :) dengan begitu tidak akan menyebabkan masyarakat kita salah kaprah :) be truth for our nation better life! terima kasih.