Tips dan Cara Mengatasi Susah Tidur

Loading...

Susah tidur (insomnia) merupakan salah satu musuh kesehatan yang tersembunyi.

Susah tidur memang tidak menyebabkan penyakit berat secara langsung, namun jika dibiarkan secara terus menerus dalam waktu yang lama, sulit tidur bisa menjadi sebab munculnya beberapa penyakit dalam tubuh Anda.

Menurut pakar kesehatan, tidur yang cukup dalam satu hari adalah 7 sampai 8 jam. Tidur yang lama belum berarti cukup, hal tersebut terjadi karena kualitas tidur setiap orang yang berbeda-beda.

Tidur yang baik adalah tidur yang berkualitas, walaupun itu sebentar. Tidur yang berkualitas bisa membuat tubuh jauh lebih segar dan juga bisa meningkatkan daya tahan tubuh seseorang. Sebaliknya, kurang tidur bisa mempengaruhi sistem kekebalan tubuh (imunitas) seseorang.

Banyak fakta yang membuktikan bahwa orang yang mengalami kurang tidur atau kualitas tidurnya buruk lebih mudah terserang berbagai penyakit seperti common cold atau yang lebih sering disebut dengan nama flu, dan aneka penyakit lainnya.

Selain rentan terhadap penyakit, kurang tidur dan tidur yang kurang berkualitas juga bisa mengurangi kecepatan penyembuhan terhadap penyakit tertentu.

Saat kita tidur, sistem imun akan melepaskan protein yang disebut cytokines. Cytokines inilah yang sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk bisa menjaga daya tahan tubuh agar terhindar dari virus dan berbagai macam penyakit. Kurang tidur dan tidur yang kurang berkualitas akan menyebabkan kadar cytokines berkurang.

Selain itu, gangguan susah tidur dalam jangka panjang juga akan meningkatkan resiko kegemukan (obesitas), penyakit jantung, diabetes, perasaan was-was dan terjadinya berbagai masalah pada pembuluh darah.

Tips dan Cara Mengatasi Sulit Tidur

Nah, bagi Anda yang mengalami masalah kurang tidur atau tidur yang kurang berkualitas, silahkan coba beberapa tips dan cara mengatasi susah tidur di bawah ini:

Ciptakan suasana rileks

Anda bisa menciptakan suasana hening dan rileks menjelang tidur. Minumlah teh hangat dan usahakan untuk mandi sebelum tidur. Anda juga bisa mendengarkan alunan musik yang lembut atau lantunan ayat suci Al Quran bagi yang muslim.

Lemaskan otot otot tubuh Anda

Berbaringlah dengan baik dan benar dan lemaskanlah otot-otot tubuh Anda. Hal ini akan sangat memmbantu Anda untuk bisa tidur lebih cepat.

Jangan panik

Jangan panik jika Anda belum bisa tidur ketika waktu sudah larut malam. Usahakan untuk tetap tenang dan jangan pernah lihat jam, karena ketika Anda melihat jam, maka Anda akan semakin panik.

Hindari kopi

Hindari meminum kopi ataupun mengkonsumsi permen kopi pada sore dan malam hari menjelang jam tidur Anda.

Olah raga rutin

Rutin berolah raga juga bisa membantu Anda untuk lebih cepat mengantuk. Kondisi tubuh yang kelelahan akan menyebabkan Anda cepat tidur.

Tidur dan bangun rutin di waktu yang sama

Guankan alarm untuk membantu Anda mengatur jadwal tidur dan bangun tidur agar hal tersebut menjadi kebiasaan.

Hindari tidur siang

Untuk kondisi tertentu, apalagi untuk Anda yang sangat susah tidur lebih awal, hindarilah untuk tidur siang.

Konsultasikan ke dokter

Jika susah tidur Anda sulit untuk ditaklukan, maka Anda disarankan untuk segera datang ke dokter atau klinik terdekat. jika dibiarkan begitu saja, sulit tidur bisa menyebabkan berbagai masalah pada tubuh Anda, terutama masalah yang menyangkut dengan daya tahan tubuh atau imunitas.

Selain melakukan cara cara diatas, mengatur pola makan dan beralih ke gaya hidup sehat juga mutlak dilakukan agar Anda terbebas dari susah tidur.

Demikianlah beberapa tips dan cara untuk mengatasi penyakit susah tidur. Semoga bermanfaat.

Loading...

0 Komentar Pembaca untuk “Tips dan Cara Mengatasi Susah Tidur

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *