Bahaya Obat Nyamuk Bakar Bagi Kesehatan

Bahaya Obat Nyamuk Bakar Bagi KesehatanMembakar obat nyamuk adalah salah satu cara untuk mengusir nyamuk.

Obat nyamuk bakar di Indonesia sering digunakaan oleh kalangan masyarakat kelas menengah ke bawah karena harganya yang terjangkau.

 

Bagi Anda yang sering menggunakan obat nyamuk bakar, kini Anda harus berhati-hati karena asap yang dihasilkan dari obat nyamuk bakar ternyata berisi polutan yang dapat mengganggu kesehatan.

Anda harus mengetahui beberapa zat yang terkandung dalam obat nyamuk dan salah satunya adalah dichlorovynil dimetyl phosfat yang termasuk racun yang berada di kelas satu dan penggunaannya sudah di larang di dunia.

Selain itu ada propoxur yang merupakan jenis racun kedua yang terkandung di dalam obat nyamuk bakar. Dalam penggunaan jangka panjang, propoxur ini akan mengganggu sistem reproduksi. Selain itu, di dalam obat nyamuk bakar da juga beberapa zat kimia lain seperti transflutrin, bioallethrin, d-allethrin, cyphenothrin dan praletrhin.

TERKAIT:  Manfaat Kapur Sirih

Asap obat nyamuk dapat membahayakan untuk kesehatan Anda, apalagi jika berada di ruangan tertutup. Menurut hasil penelitian, kerusakan paru-paru yang diakibatkan dari satu obat nyamuk sama dengan kerusakan yang diakibatkan dari 100 batang rokok.

Kandungan dichlorovynil dimetyl phosfat apabila terus-terusan terpapar dalam jangka waktu panjang akan mengakibatkan kerusakan serius pada sistem syaraf, pernapasan, dan bisa memicu kanker.

Selain itu kandungan zat kimia lainnya yang terdapat di dalam obat nyamuk mampu membuat aktivitas enzim menurun sehingga berpengaruh buruk terhadap hati dan sistem reproduksi Anda.

Cara Mencegah Bahaya Obat Nyamuk Bakar

Berikut adalah beberapa cara yang tepat untuk Anda dan keluarga agar terhindar dari pengaruh negatif penggunaan obat nyamuk bakar, antara lain:

Ruangan Harus Berventilasi Cukup

Apakah Anda sering batuk pada saat menggunakan obat nyamuk? Mungkin itu terjadi karena Anda menggunakan obat nyamuk pada ruangan yang tidak cukup ventilasinya.

TERKAIT:  Tips dan Cara Menangani Stress

Segera ubah kebiasaan Anda untuk menggunakan obat nyamuk di ruangan tertutup. Dampak buruk yang akan terjadi yaitu adanya gangguan pernapasan seperti sesak napas. Untuk itu letakan obat nyamuk di daerah dengan aliran udara yang cukup sehingga asapnya tidak mengganggu Anda.

Jarak Tidak Terlalu Dekat

Penggunaan obat nyamuk bakar memang dimaksudkan untuk mengusir nyamuk, akan tetapi hal itu justru dapat membahayakan kesehatan Anda.

Apabila Anda menggunakannya letakan obat nyamuk kira-kira1,5 meter dari Anda atau Anda juga bisa menggunakan obat nyamuk pada sore harisehingga pada malam hariya tidak ada lagi asap yang tertinggal diruangan tersebut.

Letakkan Pada Tempat yang Tepat

Anda bisa meletakan obat nyamuk di bawah tempat tidur sehingga Anda tidak terkena langsung dengan asap yang dihasilkan dari obat nyamuk.

TERKAIT:  Leptospirosis: Penyakit Menular Paska Banjir

Selain itu jangan letakan obat nyamuk disekitar badan Anda. Anda bisa meletakan obat nyamuk tersebut di dekat telapak kaki sehingga mengurangi kemungkinan asap terhirup oleh Anda. Simpan di tempat yang lebih rendah (lantai).

Hindarkan dari Anak-anak dan Ibu Hamil

Anda dapat membuat jadwal yang tepat untuk membakar obat nyamuk pada saat Anak Anda tidak berada di ruangan tersebut.

Bagaimanapun anak-anak sangat rentan apalagi jika menghirup asap yang dihasilkan dari obat nyamuk bakar, dikhawatirkan akan membahayakan kesehatan pernapasannya.

Begitu pula dengan penggunaan di dekat ibu hamil, bahayanya sama dengan mendekati diri Anda pada mereka yang sedang merokok.

###

Demikianlah sejumlah bahaya penggunaan obat nyamuk bakar dan bagaimana cara mencegahnya di rumah Anda. Semoga bermanfaat bagi Anda, dan tetap jagalah kesehatan.