Cara Mengobati Radang Tenggorokan

Loading...

Cara mengobati gangguan akibat penyakit radang tenggorokan sepertinya menjadi salah satu topik menarik yang sering dibahas dalam aktifitas sehari-hari.

Pasalnya gangguan kesehatan ini sering dialami oleh masyarakat terutama ketika masuk ke pergantian musim dan kurangnya Anda dalam mengontrol makanan.

Radang tenggorokan sebenarnya muncul pada saat daya tahan tubuh Anda menurun sehingga tubuh Anda pun mudah terkena infeksi dari perubahan cuaca.

Tetapi Anda tidak perlu khawatir karena radang tenggorokan bukanlah penyakit yang berbahaya dan juga mudah untuk diatasi.

Berbeda halnya apabila Anda tidak segera melakukan tindakan pengobatan yang pada akhirnya radang tenggorokan bukan lagi menjadi penyakit yang bisa Anda sepelekan. Lalu bagaimana cara yang dapat dilakukan untuk mengobati radang tengggorokan?

Tips dan Cara Mengobati Radang Tenggorokan

Ada banyak cara untuk mengobati radang tenggorokan yang dapat Anda lakukan, baik menggunakan bahan alami ataupun dengan berbagai produk yang telah beredar di pasaran.

Berikut adalah beberapa cara mengobati radang tenggorokan yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah:

Air Garam Hangat

Garam yang merupakan bumbu dapur memang memiliki banyak sekali manfaat. Garam selama ini dikenal sebagai salah satu obat sakit gigi yang cukup manjur.

Selain dapat Anda gunakan untuk mengobati sakit gigi, ternyata garam juga dapat Anda gunakan untuk mengobati radang tenggorokan. Untuk mengobati radang tenggorokan dengan menggunakan air garam hangat,  Anda cukup gunakan air garam hangat untuk berkumur.

Makan Sup Ayam

Menderita radang tenggorokan memang akan membuat Anda merasa tidak nyaman, karena muncul rasa sakit ketika Anda gunakan untuk menelan. Dalam sup ayam mengandung natrium yang cukup tinggi yang dapat membantu meredakan terjadinya inflamasi pada tenggorokan Anda.

Bukan hanya itu saja biasanya pada saat Anda menderita radang tenggorokan, Anda lebih cenderung memilih makanan dengan tekstur yang lembut agar lebih mudah untuk ditelan dan hal ini dapat Anda peroleh dengan makan sup ayam.

Permen Mint

Permen mint yang beredar di pasaran ternyata bisa Anda manfaatkan untuk mengobati radang tenggorokan karena sensasi mint yang diberikan dapat membuat Anda sedikit rileks.

Selain itu mint juga dapat membantu meringankan rasa nyeri pada tenggorokan sehingga sangat disarankan bagi Anda yang menderita radang tenggorokan untuk mengonsumsi permen mint. Selain permen mint Anda juga bisa mengonsumsi vitamin C yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh Anda.

Cengkeh

Mengunyah cengkeh dapat mencegah iritasi pada tenggorokan Anda. Meski awalnya terasa panas, tetapi panas tersebut hanya sebentar dan tenggorokan Anda akan terasa lebih baik.

Kurangi Bersuara

Bicara atau menyanyi seperlunya saja berikan tenggorokan Anda waktu untuk istirahat. Tindakan tersebut akan membantu Anda untuk pulih lebih cepat.

Minum Susu

Minum segelas susu hangat yang telah dicampur dengan satu sendok madu, hal itu dapat mengurangi rasa sakit pada tenggorokan Anda.

Konsumsi Obat Pelega

Pertimbangkanlah untuk mengonsumsi permen atau obat pelega tenggorokan. Terkadang makanan tersebut bisa membantu meringankan sakit tenggorokan Anda.

Minum Air Hangat

Perbanyak minum air hangat dan hindari sesuatu yang dingin dan asam. Cairan yang hangat berguna untuk menenangkan tenggorokan Anda.

####

Itulah uraian yang dapat kami berikan mengenai tips dan cara mengobati radang tenggorokan. Selain dengan cara yang telah kami sampaikan di atas, sebaiknya Anda juga memperbanyak minum air putih sehingga dapat membantu proses penyembuhan radang tenggorokan. Semoga artikel ini memberikan manfaat.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *