Khasiat dan Manfaat Timun untuk Kesehatan

Loading...

Timun atau mentimun adalah salah satu sayuran yang banyak dibudidayakan di Indonesia.

Selain mudah ditanam, timun juga tidak membutuhkan waktu yang lama untuk berbuah.

Jika dikelola dengan baik, bertani timun sebenarnya bisa menjadi salah satu sumber penghasilan ekonomi yang lumayan.

Selain beberapa kelebihan tersebut, buah timun juga ternyata memiliki banyak khasiat untuk kesehatan tubuh. Sayuran yang sering dijadikan lalapan atau rujak ini ternyata mengandung banyak mineral dan vitamin B yang sangat baik untuk tubuh.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini kami berikan informasi mengenai khasiat buah mentimun untuk kesehatan tubuh, antara lain:

Menjaga tubuh dari berbagai macam penyakit

Timun atau mentimun merupakan sallah satu sayuran yang kaya akan vitamin B yang berfungsi untuk menjaga tubuh agar tidak mudah sakit.

Mencegah dehidrasi dan mengisi ulang vitamin harian yang kurang

Mentimun merupakan salah satu buah buahan yang mengandung 95 persen air sehingga sangat bermanfaat untuk menjaga tubuh agar terhindar dari dehidrasi dan juga menghilangkan racun dari tubuh. Buah mentimun juga bisa mengisi ulang vitamin harian yang kurang karena timun juga kaya akan kandungan vitamin C.

Menyehatkan kulit dan juga rambut

Buah timun memang rasanya segar dan sedikit manis, namun terkadang ada orang yang kurang suka dengan kulit mentimun. Jika Anda juga merupakan orang yang kurang suka dengan kulit mentimun, Anda bisa  memanfaatkannya untuk menyehatkan kulit dan juga rambut Anda.

Menyembuhkan mata yang bengkak dan mata lelah

Seharian kerja di depan komputer bisa menyebabkan mata mudah lelah. Untuk mengobatinya Anda bisa mengiris buah mentimun dan meletakan irisan buah mentimun tersebut di mata Anda. Selain itu, untuk Anda yang matanya bengkak juga bisa memanfaatkan timun untuk mengempiskannya.

Sebagai obat kanker alami

Timun merupakan salah satu obat kanker alami karena dalam timun terkandung lariciresinol, pinoresinol, dan secoisolariciresinol. Beberapa jenis kanker yang bisa disembuhkan dengan mentimun antara lain kanker ovarium, kanker prostat dan kanker rahim.

Obat bau mulut paling ampuh

Setelah memakan petai atau jengkol biasanya mulut akan mengeluakan bau tak sedap. Untuk menghilangkannya, Anda bisa mengkonsumsi mentimun yang masih muda dan kunyah hingga lembut selama kurang lebih tiga puluh detik.

Mengatasi nyeri saat hamil atau morning sickness

Ibu yang sedang hamil muda biasanya akan mengalami morning sickness atau rasa sakit, pusing dan mual pada waktu pagi hari. Morning sickness ternyata bisa disembuhkan dengan cara mengkonsumsi irisan mentimun.

Makanan yang sangat pas untuk diet

Saat menjalani program diet, Anda dianjurkan untuk menjaga pola makan dan tidak boleh mengkonsumsi makanan tertentu.

Selain itu, Anda juga biasanya dianjurkan untuk mengkonsumsi buah buahan atau sayuran tertentu untuk membuat program diet Anda sukses. Salah satu buah buahan atau sayuran yang disarankan untuk dikonsumsi saat menjalani program diet adalah mentimun.

Obat diabetes alami

Banyak orang yang menyepelekan penyakit diabetes dan dianggap sebagai penyakit yang tidak mematikan. Padahal diabetes bisa menjadi sebab dari berbagai penyakit mematikan seperti penyakit jantung dan stroke.

Jika Anda merupakan salah satu diantara mereka yang memiliki penyakit diabetes, Anda bisa mengatasinya dengan cara rutin mengkonsumsi mentimun.

###

Itulah beberapa manfaat buah mentimun untuk kesehatan Anda, sebenarnya masih ada banyak lagi manfaat buah mentimun yang tidak mungkin untuk kami sebutkan satu per satu.

Setelah mengetahui beberapa informasi mengenai khasiat dan manfaat buah mentimun untuk kesehatan Anda, mulai sekarang rajinlah mengkonsumsi buah mentimun agar terhindar dari berbagai penyakit.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *