Bahaya Mie Instan Bagi Kesehatan

Loading...

Semua orang pasti kenal dengan makanan cepat saji bernama mie instan. Selain mudah didapatkan, jenis makanan yang satu ini juga memiliki rasa yang nikmat.

Hanya saja, dibalik sifat praktis dan rasanya yang selalu nikmat ini, mie instan juga memiliki sejumlah resiko.

Menurut sejumlah hasil penelitian terbaru, mengkonsumsi mie instan dalam porsi yang berlebihan atau terlalu sering dapat memicu timbulnya penyakit pada tubuh Anda.

Terlalu sering mengkonsumsi mie instan dapat meningkatkan resiko timbulnya penyakit kanker, ginjal dan usus buntu. Pada sejumlah kasus, konsumsi mie instan berlebihan juga dapat menyebabkan kegemukan atau obesitas.

Oleh karena itulah usahakan sebisa mungkin Anda mengurangi untuk mengkonsumsi mie instan jika Anda tidak ingin terkena dampak buruknya. Apabila Anda biasanya mengkonsumsi mie instan setiap hari, mulailah untuk menguranginya dengan tenggang waktu 2 hingga 3 hari dan lakukan sampai Anda terbebas dari mie instan sama sekali.

Bahan-Bahan Berbahaya dalam Mie Instan

Mengapa mie instan yang sangat populer ini berbahaya bagi kesehatan? Nah, inilah berbagai kandungan di dalam mie instan tidak baik untuk dikonsumsi:

Kandungan Lilin

Menurut penelitian ternyata di dalam mie instan terdapat kandungan lilin yang berbahaya kesehatan. Kandungan lilin dalam mie instan berguna untuk membuat mie tidak lengket satu dengan lainnya.

Dengan seringnya kita mengkonsumsi mie instan berarti kita juga telah memasukkan banyak kandungan lilin ke dalam tubuh kita. Kandungan lilin tersebut akan merusak sistem kerja pencernaan dalam tubuh karena baru bisa dicerna oleh tubuh dalam waktu minimal 2 hari.

Kandungan Natrium

Selain kandungan lilin, di dalam mie instan juga terdapat natrium yang dapat menyebabkan penyakit tekanan darah tinggi (hipertensi) dan maag. Jika dikonsumsi berlebihan dalam waktu yang cukup lama, kandungan natrium ini tentu secara signifikan dapat menimbulkan penyakit di atas.

Hal ini didasari oleh karena kandungan natrium yang bersifat menetralkan lambung, sehingga mengakibatkan lambung Anda akan mensekreasi asam dalam jumlah yang banyak agar dapat mencerna makanan.

Akibatnya, kadar asam lambung akan mengalami peningkatan dan mulailah terjadi pengikisan pada dinding lambung Anda. Ini sangat berbahaya karena dapat memicu meningkatnya tekanan darah dalam tubuh.

Zat-Zat Berbahaya Lainnya

Mie instan ternyata juga mempunyai kandungan zat-zat lain yang dapat membahayakan kesehatan tubuh kita. Di bawah ini adalah beberapa zat berbahaya lainnya yang terkandung dalam mie instan, antara lain:

Bumbu mie instan dan pelengkapnya

Memang tidak bisa dipungkiri jika bumbu mie instanlah yang bisa membuat makanan ini menjadi nikmat dan gurih. Hal inidikarenakan bumbu mie intan mengandung bahan penyedap rasa, seperti, MSG atau Vetsin yang dapat membahayakan untuk kesehatan kita.

Bahan penambah rasa

Mie instan memang biasanya dijual pada masyarakat dengan berbagai macam rasa, ada yang rasa kari ayam, rasa soto, rasa rendang dan lainnya. Aneka macam rasa ini biasanya mengandung flavor. Secara medis, asupan flavor yang berlebihan dalam waktu lama juga akan menimbulkan sejumlah keluhan penyakit.

Cara Memasak Mie Instan yang Aman

Jika Anda masih ingin mengkonsumsi mie instan tetapi ingin tetap sehat Anda harus melakukannya seseuai saran penyajian, dan jangan memasak bumbu mie instan secara bersamaan mienya, karena jika bumbu mie instan dimasak di atas suhu 120oC bisa memicu terjadinya sel kanker.

Jika Anda benar-benar terpaksa ingin menyantap mie instan, berikut ini adalah cara memasak mie instan yang benar dan tidak berbahaya bagi kesehatan Anda:

  • Rebus mie dengan air mendidih bersuhu 100oC, aduk mie agar kandungan lilin bisa terkurangi bahkan hilang.
  • Buanglah air rebusan mie dan ganti airnya dengan air panas yang masih baru .
  • Siapkan bumbu dalam mangkuk, jangan dimasak secara bersamaan dengan mie instan karena dapat berbahaya seperti yang telah dijelaskan sebelumnya.
  • Jika ingin lebih sehat gunakan bumbu racikan Anda sendiri.
  • Tambahkan toping pada mie instan, seperti daging, daun sawiatau sebutir telur, hal ini dapat menambah kandungan gizi pada mie instan, serta dapat mengurangi bahaya yang ditimbulkannya.

####

Demikianlah sedikit ulasan mengenai bahaya mie instan untuk kesehatan. Semoga bisa menambah wawasan serta dapat berguna bagi kita. Terima kasih.

Loading...

0 Komentar Pembaca untuk “Bahaya Mie Instan Bagi Kesehatan

  1. Soal kandungan lilin kok sy agak ragu. Pertama…sdh adakah penelitian yg benar2 bisa dipercaya soal kandungan lilin tadi? Kedua….biar mie tidak lengket setahu sya ditaburkan tepung(itu dlm cara pembuatan mie secara tradisional). Bukanksh dg trpung lbh mursh daripada dilapisi lilin? Kalo soal lilin sy lbh cenderung bahwa ini HOAX.

    View Comment
    1. Lilin yg dijelaskan bukanlah lilin yg sering kita pakai saat mati lampu. Tapi adalah lilin yg memang punya kandungan protein yg tinggi. Jd jgn underestimate dulu thp lilin2x itu melainkan upperestimate.

      View Comment
      1. Dlm tulisan diatas , saya copas dikit
        Bahan-Bahan Berbahaya dalam Mie Instan

        Mengapa mie instan yang sangat populer ini berbahaya bagi kesehatan? Nah, inilah berbagai kandungan di dalam mie instan tidak baik untuk dikonsumsi:

        Kandungan Lilin

        Menurut penelitian ternyata di dalam mie instan terdapat kandungan lilin yang berbahaya kesehatan. Kandungan lilin dalam mie instan berguna untuk membuat mie tidak lengket satu dengan lainnya.

        Nah, jadi bukan sy mengada-ngada, tapi tulisan ini sendiri bilang bahan berbahaya, tapi anda bilang protein tinggi…?

        View Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *