Tips dan Cara Mencegah Terjadinya Jerawat

Loading...

Jerawat adalah suatu kondisi di mana pori-pori kulit tersumbat sehingga membetuk kantung kantung minyak yang terpadu dengan kotoran dan sel-sel kulit mati.

Jika hal ini dibiarkan saja, maka pori-pori yang tersumbat akan membesar dan membengkak serta akan terbentuk timbunan nanah.

Jerawat biasanya muncul pada orang yang sedang menginjak usia remaja atau ketika memasuki masa pubertas. Tetapi tidak jarang pula orang yang sudah dewasa sekalipun bisa terkena jerawat.

Jika jerawat sudah terlanjut menyerang wajah, penderitanya pasti akan kelabakan mencari solusi bagaimana caranya mengobati jerawat tersebut. Selain itu, jerawat juga mengakibatkan orang-orang tampil kurang percaya diri dalam pergaulannya sehari-hari.

Setiap orang pasti ingin memiliki wajah yang rupawan serta indah untuk dipandang mata dan terbebas dari serangan jerawat. Nah, berikut ini adalah beberapa tips untuk mencegah terjadinya jerawat, antara lain:

Membersihkan wajah

Jika Anda ingin mencegah terjadinya jerawat, maka hal yang utama Anda perlu ketahui adalah bagaimana cara membersihkan wajah dengan baik. Untuk membersihkan wajah, bisa dengan cara mencucinya minimal dua kali sehari, karena dengan mencuci wajah minimal 2 kali sehari kita dapat mengurangi adanya minyak di permukanaan wajah kulit anda.

Jika kita jarang membersihan wajah, maka sama saja dengan kita membiarkan bakteri-bakteri penyebab terjadinya jerawat akan hidup secara bebas di wajah kita.

Jika Anda hendak membersihkan wajah, janganlah menggosok wajah Anda secara kasar atau berlebihan pada saat mencucinya karena hal tersebut akan menambah produksi minyak sebaceous yang dapat mengakibatkan berbagai macam penyakit atau gangguan pada kulit.

Hindari produk kecantikan yang mengandung banyak minyak

Setiap jaringan kulit kita akan memproduksi minyak secara alami, hal tersebut tetap berlaku pada kulit kering walaupun produktivitas minyaknya lebih sedidit.

Maka dari itu sebaiknya anda memiliki produk kecantikan yang tidak terlalu beminyak karena debu dan kotoran yang lainnya serta minyak yang berlebih adalah sarang utamba bagi bakteri jerawat.

Carilah produk kecantikan yang sesuai dengan kulit Anda

Pilihlah produk kecantikan yang sesuai dengan kulit anda, jika kulit wajah Anda adalah kulit yang sering memproduksi banyak minyak, berikut juga sebaliknya jika tipe kulit anda adalah tipe kulit yang kering.

Ketidaksesuaian pengguanaan produk kecantikan akan membuat dan menyebabkan jamur jerawat di wajah anda, karena itulah andah harus memilih produk kecantikan yang sesuai dengan kulit anda.

Keringkan kulit wajah dengan handuk lembut setelah mandi

Bakteri penyebabnya terjadi jerawat sangatlah menyukai tempat tempat yang hangat dan lembab, maka dari itu Anda secepatnya mengeringkan wajah Anda yang basah tersebut dengan mencuci muka atau mandi agar bakteri-bakteri jerawat tersebut hilang atau tidak cepat menyebar.

Menggunakan pelembab kulit yang sesuai

Gunakanlah pelembab kulit yang sesuai pada kulit Anda, hal ini sangatlah disarankan apabila anda yang memiliki jenis kulit yang pecah-pecah dan kering. Gunakanlah pelembab yang menggunakan bahan dasar air.

Minumlah air putih

Minumlah air putih minimal 2 liter atau setara dengan 6 sampai dengan 8 gelas sehari, karena hal ini akan membuat kulit Anda akan tampil lebih sehat.

Pastikan kulit wajah bersih saat akan tidur

Pastikan kulit wajah anda bersih saat anda akan menjelang tidur, cucilah wajah anda sebelum anda tidur agar Anda merasa lebih segar di keesokan harinya.

Tidur secara teratur dan cukup

Dengan beristirahat secara teratur, maka Anda telah memberikan kesempatan pada kulit untuk membuang racun-racun yang berbahaya untuk kulit Anda, termasuk mencegah terjadinya jerawat dan penyakit kulit lainnya.

#####

Nah, itulah beberapa tips untuk mencegah terjadinya jerawat. Semoga bermanfaat.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *