Cara Menghilangkan Bintik-Bintik Kulit di Leher

Bintik-Bintik KulitCara menghilangkan  bintik-bintik kulit di leher maupun di wajah sebenarnya hampir sama, yang membedakan adalah cara menghilangkan bintik di wajah  harus lebih ekstra hati-hati mengingat  kulit wajah sangat sensitif dan lebih halus jika di banding kulit pada bagian leher.

Prinsipnya, segala bentuk dan jenis produk yang sesuai dengan kulit wajah anda juga akan sesuai jika penerapannya pada leher anda. Namun jika anda menggunakan produk kosmetik untuk menghilangkan noda di leher, anda mesti hati-hati  jika ingin menerapkan pada kulit wajah anda.

Beberapa permasalahan yang sering muncul pada kulit leher, salah satunya adalah munculnya bintik-bintik di leher baik itu berupa bintik hitam maupun bintik berwarna coklat atau berwarna  putih.

Munculnya beberapa jenis bintik- bintik di leher banyak penyebabnya. Dari beberapa penelitian masalah ini, penyebab paling utama adalah karena efek sinar ultra violet (UV), faktor pigmen, faktor usia maupun faktor keturunan, meskipun faktor keturunan sangat sedikit kemungkinannya.

Bintik-Bintik Kulit di Leher

Bintik-bintik kulit di leher dapat dibedakan atas:

Lentigines

Adalah  bintik- bintik yang terdapat pada kulit yang sering terkena sinar matahari. Sebenarnya bintik ini tidak hanya bisa muncul pada bagian leher, pada bagian wajah juga bisa muncul pada bagian punggung tangan. Bintik-bintik ini juga bisa muncul karena faktor pertambahan usia.  Ukuran bintik ini biasanya bervariasi antara 0,2 cm x 0,2 cm.  Warna dari lentigines adalah berwarna  gelap.

Melasma

Melasma adalah bintik-bintik kulit yang dapat muncul pada saat usia produktif pada wanita yaitu sejak usia 20 hingga 50 tahun. Malesma ini paling umum terjadi pada kulit berwarna  kulit gelap.  Penyebabnya bisa karena paparan sinar matahari, kontrasepsi dan perubahan hormon.

Actinic keratosis (AK )

Actinic keratosis memiliki bentuk dan ukuran bintik yang relatif lebih kecil, kasar tempat terjadi pada kulit yang telah telah kronis terkena sinar matahari. berukuran  antara 2-6 milimeter, berwarna kemerahan. Orang yang memiliki kulit berwarna putih cenderung paling banyak menderita penyakit ini.

Lokasi umum untuk actinic keratosis adalah wajah, terutama the pipi dan jembatan hidung, kulit kepala, bagian belakang leher, dada bagian atas tangan dan lengan.

Cara Menghilangkan Bintik-Bintik Kulit di Leher

Sebenarnya tidak mudah menghilangkan bintik-bintik kulit di daerah leher, namun beberapa hal yang dapat dicoba adalah:

  • Menggunakan  krim pemutih kulit yang sesuai dengan jenis kulit anda.
  • Menggunakan krim pencerah kulit
  • Penggunaan laser dan pulsed light
  • Penggunaan produk yang mengandung asam glikolat, Peel MD, asam salisilat.

Cara Mencegah Bintik-Bintik Kulit di Leher

Dari ketiga  jenis bintik-bintik kulit diatas, penyebab secara umumnya adalah karena paparan sinar matahari.  Jadi, cara terbaik adalah menjaga kesehatan kulit dan mencegah terjadinya bintik-bintik kulit di leher adalah melalui perawatan yang intens dan secara rutin, serta menghindarkan kulit dari paparan cahaya matahari terlalu lama dan intensitas tinggi.

Semoga tulisan tentang cara menghilangkan bintik-bintik kulit di leher ini bermanfaat untuk Anda.

Salam cantik!




  • lia Indriyani

    Kalau jerawat yang dilengan dan punggung to apa penyebabnya dok? Mhn jwbnya. Trimakash