Manfaat dan Kerugian Karbon

Loading...

Saat ini, kondisi kecantikan dan kesehatan kulit masyarakat di Indonesia terus mengalami penurunan. Banyak wanita yang mengalami penuaan dini, kulit kusam, dan kotor.

Hal ini disebabkan karena kondisi udara dan lingkungan sekitar yang semakin tercemar serta lapisan ozon yang makin tipis karena pemanasan global.

Tiap hari masyarakat Indonesia harus terpapar sinar UV matahari dan mendapat paparan debu dari knalpot kendaraan aktivitas pembakaran. Paparan tersebut membuat kulit seseorang terlihat lebih tua, keriput, dan kusam.

Salah satu alternatif yang dapat digunakan untuk mengatasi hal ini adalah menggunakan arang atau karbon. Selama ini karbon dianggap sebagai zat buruk yang tidak bermanfaat tetapi ternyata karbon memiliki sejumlah manfaat.

Nah, berikut ini adalah beberapa manfaat karbon untuk kesehatan dan kecantikan.

Membersihkan Kulit

Kandungan karbon aktif mempunyai daya serap yang tinggi terhadap kotoran dan polutan. Hal ini menyebabkan kotoran, minyak, dan debu yang menempel di kulit dapat diserap dengan baik. Hasilnya, kulit pun menjadi lebih bersih dan bebas dari kotoran.

Memutihkan Gigi

Jika Anda selama ini merasa gigi Anda berwarna kekuningan dan kurang bersinar, Anda tidak perlu membuang biaya untuk menemui dokter spesialis gigi. Untuk mengatasinya, Anda cukup menghancurkan sebuah tablet arang. Letakkan pasta gigi pada sikat gigi Anda. Kemudian celupkan sikat gigi yang sudah diberi pasta gigi tersebut pada serbuk arang.

Pada awalnya, Anda pasti kaget saat melihat mulut Anda yang berwarna kehitaman. Tetapi setelah dicuci, Anda pasti akan melihat gigi Anda lebih putih daripada sebelumnya.

Menyegarkan Wajah

Arang ternyata juga bermanfaat untuk menyegarkan wajah. Caranya adalah dengan menggunakan masker arang. Untuk membuat masker arang, Anda dapat memakai lidah buaya, arang, dan minyak pohon teh.

Hancurkan satu atau dua tablet arang. Kemudian campurkan dengan gel lidah buaya dan minyak pohon teh untuk membuat pasta. Lumurkan masker tersebut pada wajah dan tunggu hingga kering. Kemudian bilas wajah dan lap hingga bersih. Kulit pun pasti akan terasa lebih segar.

Mengatasi Bau Badan

Jika Anda mengalami masalah bau badan, coba gunakan skrub arang yang dicampur dengan gula merah dan pati minyak. Hancurkan gula merah hingga menjadi bubuk. Campurkan bahan-bahan tersebut dalam satu wadah. Aduk hingga halus. Lumurkan pada bagian yang bawah lengan, kaki, dan pijat bagian tersebut saat mandi. Setelah itu, bilas tubuh hingga kering.

Mengobati Keracunan

Fungsi utama arang untuk pengobatan adalah untuk mengobati keracunan. Pasalnya karbon aktif mampu menetralkan racun. Selain itu, karbon juga bisa membantu mengurangi kembung dan asam lambung.

Efek Samping dan Kerugian Akibat Karbon

Di samping beberapa manfaat karbon di atas, karbon aktif juga memiliki beberapa efek samping dan kerugian khususnya jika digunakan dalam pengobatan misalnya muntah, mual, dan penggelapan warna urin.

Berdasarkan catatan dari University of Michigan Health System, arang mampu menyebabkan warna tinja menjadi hitam atau gelap jika penggunaannya tanpa dosis yang tepat. Selain efek samping di atas, peningkatkan sakit perut yang disebabkan karena sembelit kadang juga sering terjadi.

Bagi sebagian orang, pengobatan menggunakan karbon aktif mungkin tidak cocok bagi sebagian orang. Pasalnya, seseorang mungkin memiliki efek alergi dengan pengobatan arang.

Gejala alergi bisa meliputi kesulitan bernapas dan gatal-gatal. Selain itu, pengobatan arang juga tidak cocok untuk anak-anak di bawah 12 tahun, ibu hamil, menyusui, dan mereka yang memiliki masalah sembelit kronis.

Arang aktif juga memiliki kandungan yang disebut sorbitol. Ini adalah agen pemanis yang mampu menyebabkan reaksi alergi pada seseorang yang memiliki alergi terhadap fruktosa atau gula buah. Oleh sebab itu, selalu minta petunjuk dokter jika Anda ingin menggunakan arang atau karbon aktif untuk pengobatan.

###

Demikianlah artikel tentang manfaat dan kerugian karbon untuk kesehatan dan kecantikan. Semoga bermanfaat.

Loading...

3 Komentar Pembaca untuk “Manfaat dan Kerugian Karbon

  1. Aku barusan pakai masker karbon aktif 3 butir dicampur putih telur untuk masker wajah dan ketiak. Setelah saya cuci wajah saya beberapa menit kemudian saya pakai toner dan night lotion di wajah. Lalu wajah saya merah2 lumayan gatal dan agak sedikit panas . Kebetulan muka saya berjerawat. Mungkin ga ya itu efek samping karena gacocok atau karena masker itu sedang bereaksi di wajah saya? Yg tau mohon jawabannya terimakasih

    View Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *