Cara Membuat Lesung Pipi

Loading...

Lesung pipi atau lekuk kecil pada pipi memang dapat menambah kecantikan maupun ketampanan orang yang memilinya. Sayangnya, tidak semua orang lahir dengan lesung pipi diwajahnya.

Kabar gembiranya, bagi Anda yang tidak memiliki lesung pipi, Anda bahkan sekarang bisa membuatnya. Sebelum membahas tentang cara membuat lesung pipi, penting untuk mengetahui kenapa tidak semua orang memiliki lesung pipi.

Lesung pipi sebenarnya terjadi karena kelainan pada otot pipi yang diturunkan. Lesung pipi bisa muncul pada salah satu pipi atau dua pipi sekaligus. Lesung pipi ini akan terlihat dengan jelas ketika seseorang sedang tersenyum, tertawa, atau berbicara.

Beberapa orang lahir dengan lesung pipi yang sangat terlihat dan dalam sedangkan beberapa orang hanya memiliki lesung pipi yang samar-samar.

Terjadinya lesung pipi dipengaruh oleh faktor keturunan dan memerlukan gen lesung pip yang dominan. Jika ayah atau ibunya memiliki lesung pipi, maka kemungkinan generasi selanjutnya juga akan memiliki lesung pipi.

Menurut seorang ahli bedah, lesung pipi disebabkan karena kecacatan otot zygomaticus utama. Lesung pipi yang muncul di wajah seseorang disebabkan karena otot zygomaticus utama lebih pendek daripada ukuran normal atau otot zygomaticus ini terbelah menjadi dua. Keadaan ini menyebabkan terjadinya lekukan di bagian pipi.

Beberapa orang ada yang lesung pipinya hanya saat masih anak-anak atau muda dan menghilang dengan sendirinya. Ini disebabkan karena otot wajah secara perlahan akan meregang sehingga membuat lesung pipi menjadi hilang.

Membuat Lesung Pipi Pada Anak-Anak

Lesung pipi rata-rata bisa dibuat pada bayi secara alami. Namun, membuat lesung pipi secara alami ternyata sulit dilakukan untuk orang-orang yang sudah dewasa.

Bagi orangtua yang baru saja memiliki anak, tentu saja dapat membuat lesung pipi dengan cara alami. Membuat lesung pipi dapat dilakukan dengan menggunakan bawang merah atau cabai. Caranya adalah sebagai berikut:

Bawang Merah

Untuk membuat lesung pipi secara alami menggunakan bawang merah, ambil satu buah bawang merah. Setelah itu bagian ujung bawang merah dipotong secukupnya untuk mengeluarkan serat atau getah dari bawang merah itu sendiri.

Bawang merah yang telah dipotong di bagian runcingnya itu kemudian langsung ditusukkan secara perlahan di bagian pipi sebelah kanan dan kiri si kecil. Saat menusukkan bawang merah tersebut sebaiknya juga sambil diputar.

Cara ini wajib dilakukan oleh orang tua setiap pagi hari sampai lesung pipi pada pipi si kecil terbentuk. Lesung pipi biasanya akan mulai terlihat ketika anak tersenyum atau tertawa.

Cabai Merah

Selaian dengan bawang merah, cabai merah juga dapat digunakan untuk membuat lesung pipi pada anak. Caranya hampir sama dengan saat menggunakan bawang merah yaitu ditusukkan di bagian pipi yang ingin diberi lesung pipi. Bedanya, jika bawang perlu dipotong bagian ujungnya, cabe merah tidak perlu dipotong. Jika dipotong, dikhawatirkan pipi anak akan terasa panas.

Membuat Lesung Pipi Pada Orang Dewasa

Membuat lesung pipi secara alami pada orang yang sudah dewasa tentu jauh lebih sulit daripada bayi atau anak-anak.

Jika tidak berhasil menggunakan cara alami seperti yang dilakukan pada anak-anak, Anda dapat membuat lesung pipi melalui operasi yang biasa disebut dengan dimple surgery aitu membuat lesung pipi plastik. Proses dimple surgery relatif singkat yakni hanya memakan waktu sekitar 30-60 menit.

Sebelum melakukan operasi ini, pasien wajib konsultasi dulu dengan dokter dan memeriksa kondisi kesehatan secara umum. Hal ini bertujuan untuk mengetahui kesehatan pasien.

Dua minggu sebelum operasi, pasien juga tidak diperbolehkan minum alkohol dan merokok. Supaya hasil operasinya maksimal, pasien sebaiknya tidak mengkonsumsi makanan keras setelah operasi. Tunggu sampai luka di bagian pipi benar-benar sembuh.

###

Demikianlah penjelasan singkat seputar bagaimana cara membuat lesung pipi, baik pada anak-anak maupun pada orang yang sudah dewasa. Semoga bermanfaat!

Loading...

6 Komentar Pembaca untuk “Cara Membuat Lesung Pipi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *