Cream Pemutih Wajah Yashodara

Cara Alami Melembabkan Bibir

bibir seksiBibir seringkali luput dari perawatan kaum wanita, sehingga tidak jarang kita jumpai wanita mengeluhkan bibirnya yang mudah mengering, tidak lembab, mengkerut atau bahkan pecah-pecah dan terlihat lebih pucat.

Padahal, bibir merupakan elemen terpenting wajah yang dapat menambah kecantikan pemiliknya. Banyak pria tertarik pada wanita pertama kali karena penampilan bibirnya yang aduhai.

Bibir sehat akan tampak lembut dan ‘lebih basah’ dan cenderung ‘seksi dan menggairahkan’. Bibir kering dan pecah-pecah menunjukkan bibir tidak sehat dan kurang menggairahkan.

Bibir yang sehat juga akan menambah kepercayaan diri pemiliknya, dan sebaliknya, bibir yang tidak sehat, pecah-pecah atau mengering tentu menjadi masalah tersendiri.

Penyebab terjadinya bibir kering dan tidak lembab bisa bermacam-macam, bisa karena pemakaian lipstik atau pelembab bibir (lip balm) yang tidak tepat, atau akibat kebiasaan membasahi bibir dengan air liur.

Biasanya banyak orang yang membasahi bibir dengan air liur untuk melembabkan bibir. Ternyata cara ini sama sekali tidak benar, karena justru akan membuat bibir kering. Pelembab alami bibir akan turut menguap bersama air liur, akibatnya, bibir semakin kering.

Seperti halnya dengan kulit kita, bibir juga membutuhkan pelindung dari sinar matahari dan faktor lingkungan eksternal lainnya. Bibir yang sama sekali tidak memiliki perlindungan baik secara alami maupun dengan bantuan pelembab buatan, akan lebih mudah mengering, terkelupas dan bahkan kelihatan lebih hitam.

Nah, jika kita selalu melindungi kulit wajah dengan memakai pelembab yang mengandung tabir surya, kita juga sebaiknya melindungi bibir menggunakan pelembab bibir (lip balm) yang mengandung tabir surya. Pilihlah lip balm tanpa tambahan rasa, karena akan merangsang Anda untuk menjilatinya. Sebagaimana diketahui, lip balm bisa mengurangi penguapan kadar air di permukaan bibir dan bibir anda tidak mudah kering atau pecah-pecah.

Selain itu, Anda mungkin perlu mencoba beberapa cara alami melembabkan bibir agar tidak kering di bawah ini.

Cara Alami Melembabkan Bibir

Pada prinsipnya kelembaban bibir sangat banyak dipengaruhi oleh faktor dari dalam tubuh kita. Karena itu, sebaiknya lebih mengutamakan cara alami melembabkan bibir agar tidak kering dengan melakukan hal-hal berikut ini:

  • Gunakan madu, margarin atau minyak goreng sebagai pelembab alami bibir. Khusus untuk madu, oleskan di bibir menjelang tidur agar Anda tidak sering menjilatinya.
  • Perbanyak minum air. Jika Anda menderita dehidrasi, bibir adalah bagian tubuh yang pertama kali menunjukkannya.
  • Cara alami lainnya untuk melembabkan bibir dan kulit secara umum adalah dengan meningkatkan konsumsi vitamin C. Vitamin C ini bisa Anda dapatkan dari makanan, sayur, buah, atau suplemen tambahan.
  • Jangan lupa, hindari merokok dan minum alkohol. Merokok akan membuat bibir berwarna kehitaman, sementara alkohol akan membuat tubuh dehidrasi.
  • Jika Anda ingin melembabkan bibir yang terlanjur kering, cobalah mengompresnya dengan air dingin yang mengandung garam. Setelah itu, oleskan lipbalm yang mengandung lanolin untuk mengurangi kekeringannya.
  • Untuk menghilangkan lapisan kulit kering pada bibir Anda, oleskan tipis-tipis pasta gigi secara merata di seluruh bagian bibir. Diamkan beberapa saat, dan gosokkan sikat gigi paling halus secara perlahan dan memutar ke bibir Anda.

Hal lain yang tidak kalah penting adalah berhati-hati dalam memilih lipstik. Pilihan lipstik yang tidak tepat bisa menyebabkan iritasi, serta membuat bibir kering dan pecah-pecah. Cara mengecek apakah lipstik tersebut cocok untuk bibir Anda atau tidak, cobalah mengoleskannya di bagian dalam lengan, biarkan selama 48 jam. Jika terasa gatal, jangan pernah berani mengoleskannya pada bibir Anda.

Demikianlah beberapa cara alami melembabkan bibir yang dapat kami persembahkan untuk para pembaca setia DokterCantik.com, semoga bermanfaat. Selamat mencoba!





  • http://twitter.com/JulllioCrazy SHerlock✗

    thxx