Menyembuhkan Kuku Bernanah

Menyembuhkan Kuku BernanahMenyembuhkan Kuku Bernanah. Bagi sebagian orang kuku baik di tangan ataupun kaki seringkali tidak mendapatkan perhatian khusus untuk dirawat.

Banyak orang yang tidak terlalu menyadari pentingnya kuku, bahkan sebagian besar tidak memperhatikan bentuk dan ciri kuku yang sehat.

 

Kuku merupakan bagian dari tubuh, yang sebenarnya memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan seseorang.

Salah satu jalur masuk bakteri atau kuman dan virus dari lingkungan sekitar ke dalam tubuh adalah melalui kuku. Kuku manusia selalu menjadi perantara pertama terhadap benda-benda asing yang berada disekitar.

Kurangnya perhatian kesehatan terhadap kuku, membuat orang seringkali tidak menyadari adanya penyakit di dalam kuku, hingga penyakit kuku menjadi kronis. Salah satu penyakit kuku yang sering ditemui adalah kuku bernanah.

Dalam istilah medis, kuku bernanah disebut paronychia yang terjadi akibat adanya infeksi didaerah sekitar pinggir kuku hingga seluruh bagian. Penyakit kuku nanahan dapat menyebar ke seluruh bagian kuku lainnya dan menjadi infeksi yang lebih parah bila tidak ditangani dengan cepat dan tepat.

TERKAIT:  Cara Mencegah dan Mengatasi Rasa Gatal di Selangkangan

Cara menyembuhkan kuku bernanah dengan minyak tawon merupakan pilihan pertama ketika penyakit ini muncul. Kuku bernanah biasanya disebabkan oleh bakteri dan jamur kulit.

Bakteri ini muncul akibat kuku terluka seperti terlalu sering digigit, dihisap, mencuci piring, hingga iritasi bahan kimia. Tanda awal yang harus diperhatikan, yaitu adanya pembengkakan didaerah sekitar kuku yang bewarna merah juga sangat sakit bila disentuh.

Bila kuku tidak mendapat perawatan langsung, maka kulit bawah kuku akan beruhab menjadi kuning kehijauan yang mengindikasi bahwa telah terjadi infeksi yang menyebabkan nanah.

Menyembuhkan Kuku Bernanah dengan Minyak Tawon

Berikut adalah beberapa hal yang harus diperhatikan untuk menyembuhkan kuku bernanah dengan menggunakan minyak tawon, antara lain:

Lakukan dengan steril

Kuku cantengan harus selalu berada dalam kondisi steril agar bakteri dan jamur yang menyerang infeksi kuku tidak dapat berkembang biak. Pengobatan kuku bernanah agar selalu steril adalah dengan selalu merendam jari yang bernanah kedalam air hangat yang telah dicampur dengan sabun antibakteri cair selama kurang lebih lima belas menit. Lakukan perendaman jari sebanyak tiga hingga empat kali setiap harinya.

TERKAIT:  6 Langkah Agar Terhindar Dari Kanker Serviks

Gunakan minyak tawon asli

Setiap habis perendaman, keringkan kuku dengan handuk kemudian oleskan minyak tawon pada kuku yang bernanah. Minyak tawon bukanlah berarti minyak dari tawon. Minyak yang satu ini adalah minyak tradisional yang terbuat dari berbagai rempah seperti cengkeh, sereh, dan minyak kelapa dan berasal dari kota Makassar.

Oleskan minyak tawon setiap habis perendaman, atau bila dirasa minyak gosok mulai mengering. Terus balur minyak tawon pada kuku bernanah agar bengkak kemerahan dan bakteri dalam kuku dapat mati. Ingat, gunakan hanya minyak tawon asli!

Rawat kuku dengan baik

Bila kuku cantengan telah mulai terlihat lebih baik, terus balurkan minyak tawon hingga kuku benar-benar sehat. Dan terus jaga kondisi kuku agar bersih dan dipotong terlalu pendek atau dibiarkan terlalu panjang.

TERKAIT:  Makanan Untuk Meningkatkan Daya Ingat Otak

####

Memilih untuk menyembuhkan kuku bernanah dengan minyak tawon dapat menyelamatkan dompet terkuras dari obat-obatan dokter yang terlampau mahal.

Minyak tawon yang terdiri atas berbagai obat-obatan herbal, pada dasarnya memang bermanfaat sebagai obat gosok, namun kandungan antiseptik dalam minyak tawon ternyata memiliki khasiat sekedar sebagai obat gosok. Kandungan sereh dalam minyak tawon dapat membuat luka ataupun infeksi menjadi lebih cepat kering.

Bagian kulit yang diolesi oleh minyak tawon dapat terserap kedalam pori-pori dan menghambat kuman atau bakteri untuk memperluas bagian yang terinfeksi. Sedangkan daun lada, jahe, kunyit, dan bawang merah terkenal memiliki kandungan minyak atsiri yang sangat baik melancarkan sirkulasi darah dan antiseptik.

Untuk Anda yang mau mendapatkan minyak tawon asli Makassar, silahkan kunjungi website resmi penjualan minyak tawon Makassar di www.minyaktawon.com.