Cara Mengatasi Mimisan

Loading...

Cara Mengatasi Mimisan. Mimisan atau epistaksis adalah terjadinya pendarahan yang keluar dari lubang hidung.

Pendarahan akibat mimisan terjadi karena lepasnya mukosa yang mengandung pembuluh darah kecil. Mimisan biasanya lebih sering terjadi pada anak-anak, meskipun juga terkadang pada orang dewasa.

Ada banyak hal yang menyebabkan seseorang terkena mimisan. Yang paling sering adalah akibat trauma. Selain itu, mimisan juga dapat terjadi akibat adanya kelainan anatomis pada rongga hidung, atau akibat masalah sistemik seperti adanya infeksi atau penyakit tertentu.

Mimisan pun bisa dipicu oleh perubahan tekanan udara. Cuaca yang sangat panas dapat menyebabkan kelembaban udara berkurang sehingga permukaan mukosa hidung menjadi kering dan mudah berdarah. Demikian pula di daerah yang sangat dingin.

Mimisan juga bisa terjadi apabila seseorang sedang menderita tumor pada rongga hidung yang biasa disebut dengan angiofibroma. Tumor ini biasanya ditemukan pada anak yang berusia muda atau remaja dan juga seringkali terlihat sebagai benjolan sebesar biji nangka yang berwarna merah keputihan di hidungnya.

Cara Mengatasi Mimisan

Walaupun bagi kebanyakan orang penyakit mimisan ini tidak terlalu berbahaya, tetapi jika darah terus-menerus keluar tanpa henti, maka hal tersebut tentu saja bisa menimbulkan bahaya. Nah, ada sejumlah cara untuk mengatasi masalah mimisan, antara lain:

Menjepit Hidung dengan Jari

Untuk cara yang pertama dalam hal menghentikan mimisan ini cobalah Anda jepit hidung Anda dengan menggunakan ibu jari dan jari telunjuk untuk menekan hidung Anda agar tertutup. Lalu cobalah untuk melakukan pernapasan dengan menggunakan mulut.

Cara seperti ini sangat bermanfaat untuk menghentikan aliran darah keluar. Teruslah tekan hidung Anda selama 5-10 menit dan jangan menekan hidung terlalu keras. Pada saat Anda menekan hidung, maka tekanan ke titik pendarahan pada septum hidung biasanya dapat memberikan efek yang baik untuk menghentikan aliran darah yang terus-menerus keluar.

Duduk dengan Posisi Tegak

Untuk menghentikan aliran darah yang terus mengalir keluar dari hidung, cobalah Anda dengan duduk dengan posisi tegak, namun kepala agak menunduk. Dengan posisi duduk tetap tegak seperti ini, maka Anda akan mengurangi tekanan darah dalam pembuluh darah yang terdapat di hidung.

Posisi duduk yang tegak berfungsi untuk menghambat perdarahan agar tidak berlanjut. Dengan Anda duduk tegak dengan kepala sedikit menunduk akan membantu Anda untuk menghindari menelan darah, yang dapat mengiritasi dalam perut Anda.

Jangan Buang Darah dari Hidung

Apabila aliran darah sudah terhenti, janganlah melakukan pembuangan darah dari hidung seperti saat Anda membuang ingus. Hal ini dimaksudkan untuk mencegah perdarahan kembali. Sesaat setelah mimisan berhenti, tetaplah jaga posisi kepala Anda lebih tinggi dari bahu.

####

Demikianlah beberapa cara mengatasi mimisan. Apabila mimisan terus berlanjut dan tak juga berhenti dengan melakukan beberapa cara di atas, segeralah periksa ke dokter untuk mendapatkan penanganan secara khusus.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *