Cara Mengobati Sariawan

Loading...

Cara Mengobati Sariawan. Hampir semua orang pernah mengalami sariawan. Penyakit mulut yang membuat kita tidak enak makan, tidak enak bicara, dan tidak enak tidur, terkadang sampai menyebabkan demam.

Penyakit yang kelihatannya simpel tapi sangat mengganggu bagi penderitanya. Penyakit dengan istilah kedokteran stomatitis aphtosa ini merupakan kelainan atau luka pada selaput lendir mulut yang berupa cekungan, biasanya berwarna putih pucat atau kekuningan.

Bagian mulut yang sering mengalami sariawan ini antara lain bibir bagian dalam atas atau bawah, bagian dalam pipi, gusi yang dekat dengan gigi, lidah bahkan langit-langit rongga mulutpun juga bisa terkena sariawan.

Tidak jarang pula sariawan muncul secara berkelompok, yaitu ada beberapa luka dalam satu waktu. Gejala yang dirasakan adalah sakit atau perih pada bagian yang luka tersebut, dan bisa terjadi antara 4-10 hari.

Penyebab Sariawan

Hal yang diketahui sebagian besar orang, bahwa penyebab sariawan adalah karena kekurangan vitamin C. Hal ini memang benar, akan tetapi tidak menutup kemungkinan sariawan disebabkan oleh hal-hal lain.

Beberapa hal yang dapat memicu terjadinya sariawan adalah sebagai berikut :

  • Akibat kekurangan vitamin C
  • Luka karena tergigit. Biasanya terjadi saat makan. Jadi, usahakan jangan terburu-buru saat makan untuk menghindari sariawan.
  • Luka cedera pada saat Anda menyikat gigi. Lebih berhati-hatilah saat menyikat gigi, ganti sikat gigi Anda jika bulu sikatnya mulai menyebar/tidak rapi.
  • Alergi terhadap makanan asam atau pedas. Makan makanan pedas akan menyebabkan radang atau luka di rongga mulut sehingga dapat juga menyebabkan sariawan.
  • Akibat adanya virus atau bakteri yang menyerang saat kondisi imun kita sedang lemah.
  • Kurang terjaganya kebersihan mulut. Banyaknya kuman yang bersarang di mulut bisa juga memicu munculnya sariawan.
  • Akibat pemasangan kawat gigi. Pemasangan kawat gigi juga bisa menyebabkan sariawan karena adanya benda asing yang masuk ke mulut sehingga bisa menimbulkan luka pada rongga mulut.
  • Alergi terhadap obat-obatan tertentu.

Cara Mengobati Sariawan

Secara medis, sariawan akan sembuh dengan sendirinya selama 4 sampai 10 hari. Jika lebih dari jangka waktu itu belum ada tanda-tanda kesembuhan, Anda patut waspada. Segera periksakan ke dokter jika itu terjadi, atau jika Anda terlalu sering mengalami sariawan. Karena bisa jadi itu merupakan tanda awal terjadinya kanker mulut.

Pengobatan sariawan sendiri biasanya lebih cenderung pada pengurangan rasa sakit yang dialami, serta percepatan pengeringan luka. Secara sederhana, untuk mengurangi rasa sakit atau perih yang timbul adalah dengan mengurangi makan makanan yang panas/pedas, atau berkumur dengan air hangat.

Selain itu Anda sebaiknya memperbanyak konsumsi buah-buahan yang banyak mengandung vitamin C seperti jambu biji, tomat, jeruk karena konsumsi vitamin C akan mempercepat penyembuhan sariawan.

Berkumur dengan obat kumur juga bisa mempercepat pengeringan luka pada sariawan, karena obat kumur mengandung anti mikroba yang dapat membersihkan area mulut.

Beberapa bahan makanan rupanya juga bisa menjadi obat alami untuk mengatasi  sariawan,  antara lain minum air kelapa, mengunyah beberapa lembar daun jambu biji kemudian berkumur, mengkonsumsi pisang dan papaya, mengoleskan madu, bawang putih, minyak kelapa, garam dan baking soda.

Selain itu, sariawan juga bisa diatasi dengan rajin mengkonsumsi makanan yang kaya mineral seperti ham, brokoli, gandum, biji wijen, telur, serta mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin B, zat besi dan asam folat. Anda juga bisa mengkonsumsi yogurt yang berperan untuk mengontrol keseimbangan bakteri dalam mulut.

Sedangkan untuk mencegah penyakit sariawan ini, tentunya Anda harus banyak mengkonsumsi vitamin C setiap hari dan selalu menjaga kebersihan mulut agar tidak mudah terkena sariawan.

Loading...

0 Komentar Pembaca untuk “Cara Mengobati Sariawan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *