Cara Membersihkan Telinga

Cara Membersihkan TelingaTelinga adalah salah satu lubang dalam tubuh manusia yang seringkali kebersihannya tidak terjaga dengan baik.

Membersihkan lubang telinga memang gampang-gampang susah, karena kita tidak mengetahui dasar dan bila membersihkan telinga terlalu dalam, takut-takut akan mengenai gendang telinga sehingga akhirnya robek.

Kotoran telinga setiap orang pun sebenarnya berbeda-beda. Bagi beberapa orang, ada yang memiliki kotoran telinga yang basah.

Kotoran telinga yang basah sangatlah sulit untuk dibersihkan karena pembersihannya tidak dapat menggunakan korek kuping seperti yang sering digunakan.

Akan tetapi, bukan berarti mereka yang memiliki kotoran telinga kering tidak akan mendapatkan masalah. Kotoran telinga ternyata juga dapat mengeras dan menutupi lubang. Mengerasnya kotoran telinga akan membuat telinga selalu terasa sakit bahkan menyebabkan pusing.

Oleh karena itu, lakukanlah pembersihan dan perawatan lubang telinga secara rutin, agar membantu meningkatkan indera pendengaran dan menjaga kesehatannya sehingga tidak ada kotoran telinga yang mengeras.

Adapun beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam cara membersihkan telinga selain dengan mengoreknya, antara lain sebagai berikut:

Air

Air merupakan salah satu cara terbaik membersihkan telinga. Tapi perhatikan cara penggunaanya untuk membersihkan telinga. Menggunakan air untuk membersihkan telinga akan lebih baik bila dilakukan sebelum mandi.

Campurkan air bersih yang telah disiapkan dengan beberapa tetes baby oil dan usapkan pada telinga. Gunakan kain yang lembut untuk membersihkan telinga mulai dari daun hingga lubangnya. Jangan membiarkan air masuk kedalam lubang telinga paling dalam, cukup hingga luarnya saja.

Cotton Bud

Alat yang satu ini adalah alat pengganti korek kuping yang lebih aman. Cotton bud sangat baik untuk membersihkan kotoran telinga terutama bagi mereka yang memiliki kotoran telinga yang basah, atau bagi anda yang setelah mandi atau berenang merasa air masuk kedalam lubang telinga, anda dapat menggunakan cotton bud untuk membersihkannya.

Penggunaan cotton bud pun dapat digunakan untuk membersihkan telinga bayi. Dengan membasahkan cotton bud terlebih dahulu dengan air atau baby oil.

Namun, berhati-hatilah agar cotton bud ini tidak masuk terlalu dalam. Penggunaan cotton bud pun harus diperhatikan. Jangan menggunakan cotton bud terlalu lama dan tidak menariknya keluar, karena bisa jadi kapas cotton bud terlepas dari tungkainya dan menyelip di lubang telinga anda.

Baby Oil

Produk perawatan bayi yang satu ini memang sangatlah memiliki banyak manfaatnya bahkan untuk orang dewasa sekalipun. Baby oil dikenal sangat baik untuk membersihkan bagian-bagian tubuh tertentu, termasuk lubang telinga.

Cara membersihkan telinga dengan baby oil ternyata memiliki teknik yang berbeda dan cukup menegangkan karena baby oil akan dimasukan langsung kedalam lubang telinga.

Teteskan sebanyak dua hingga tiga tetes baby oil kedalam lubang telinga, tapi jangan langsung, sebaiknya miringkan kepala sedikit, sehingga baby oil melewati dinding tidak langsung.

Biarkan baby oil mengendap dalam lubang telinga sepanjang malam, dan barulah bersihkan telinga di pagi hari dengan kain lembut atau cotton bud. Kotoran-kotoran tersebut akan ikut terangkat dengan baby oil.

Kain Basah

Kain basah atau tisu basah sangat baik untuk membantu membersihkan telinga. Basahkan kain dengan air hangat dan gosok perlahan terutama pada bagian lipatan di daun telinga.

Jangan menggosok daun telinga terlalu keras bila menghadapi kotoran yang menempel. Basahkan kembali dan gosok perlahan pada kotoran yang menempel hingga akhirnya terlepas. Karena bila menggosok terlalu keras, bisa jadi daun telinga teriritasi atau luka.

Semoga bermanfaat!