Cara Membuat Handbody Racikan

Cara Membuat Handbody RacikanMenggunakan produk hand and body lotion memang bukanlah suatu keharusan, tetapi penting untuk menjaga kelembaban kulit.

Lotion berfungsi sangat baik untuk membantu menjaga kelembapan dan kehalusan kulit, juga menjaga elastisitas kulit dari berbagai radikal bebas agar kulit selalu menjadi sehat dan segar setiap waktu.

 

Bagi anda yang merasa bosan dengan produk-produk lotion yang dijual di pasaran mungkin karena baunya yang tidak cocok dengan hidung anda atau karena produk lotion yang dijual di pasaran tidak cocok dengan kondisi kulit sehingga menimbulkan iritasi kulit.

Kini terdapat alternatif lotion yang super mudah untuk dibuat dan bisa langsung digunakan. Membuat lotion sendiri sebenarnya memiliki banyak manfaat, yaitu menyenangkan, bisa mengatur wangi lotion, aman karena bahan yang digunakan berada dalam pengawasan kita dan alami.

Cara membuat handbody racikan sendiri inipun hanya membutuhkan waktu sekitar sepuluh menit. Handbody racikan ini selain baik bagi tubuh juga dapat digunakan pada bayi, karena sangat aman.

TERKAIT:  Pasca Pelurusan, Lakukan Ini agar Rambut Tetap Sehat

Beberapa bahan yang dibutuhkan untuk cara membuat handbody racikan adalah setengah cup minyak almond atau minyak zaitun, seperempat cup minyak kelapa asli, seperempat beeswax, satu sendok teh minyak vitamin E untuk menjaga kelembapan kulit.

Selain itu, juga dibutuhkan 2 sendok makan shea butter atau cocoa butter, dan tambahan minyak atau ekstrak untuk memberikan wewangian yang menenangkan seperti wangi chamomile biasanya cocok untuk bayi, ekstrak air mawar.

Anda juga menggunakan peppermint dan jahe yang cocok untuk meregangkan otot-otot yang kaku, kelapa untuk menjaga kelembapan wajah, mint dan green tea untuk menenangkan, dan lavender atau vanilla untuk merelaksasi pikiran yang sedang suntuk.

Tahapan Cara Membuat Handbody Racikan

Adapaun tahapan-tahapan dalam membuat handbody racikan adalah sebagi berikut:

  • Campurkan bahan-bahan dalam toples kaca yang cukup besar dan bisa digunakan untuk suhu panas.
  • Panaskan air setengah panci dalam suhu yang tidak terlalu panas.
  • Setelah air sudah mulai mengeluarkan buih-buih didihan, masukan toples kaca yang berisi campuran handbody kedalamnya (hampir sama dengan cara memasak coklat) dan jangan tutup toples terlalu rapat sehingga terdapat sirkulasi udara.
  • Bila air dalam panci mendidih dan semakin menguap, maka tambahkan lagi air sedikit demi sedikit hingga toples terendam. Lakukan langkah ini hingga bahan-bahan dalam toples mulai meleleh dan aduk bahan handbody sesekali hingga benar-benar tercampur rata.
  • Seteleh bahan semua meleleh dan tercampur rata, tuangkan campuran handbody kedalam tempat yang sudah disediakan untuk handbody racikan anda. Jangan menggunakan tempat penyimpangan yang dipompa, karena handbody ini tidak memiliki tekstur lotion yang cair. Handbody ini memiliki bentuk yang lebih padat seperti balm. Handbody yang berbentuk cair tidak memiliki kandungan yang cukup lama untuk menjaga kelembapan kulit, akan tetapi handbody yang berbentuk cream dapat memoisturizer tubuh lebih lama.
  • Jangka waktu handbody racikan ini cukup lama kurang lebih selama enam bulan dibandingkan resep lotion racikan lainnya karena bahan yang digunakan dalam pembuatan handbody tidak mengikutsertakan air didalamnya. Gunakanlah handbody ini sehari-hari agar kelembapan dan kesehatan kulit tubuh anda selalu terjaga.
TERKAIT:  5 Cara Alami Membentuk Wajah Lebih Tirus

Cara membuat handbody racikan sendiri ini selain cocok untuk semua tipe kulit karena memberikan nutrisi alami, juga mampu mengurangi dan menghilangkan bintik merah bekas popok pada bayi.

Bahkan bagi para ibu-ibu yang baru melahirkan, handbody ini dapat membantu mengurangi tampilan stretch marks. Luar biasa bukan? Mulailah meracik handbody sendiri yang lebih aman dan tidak membutuhkan waktu lama dalam pembuatannya.