Cara Mengatasi Kelopak Mata yang Kendur

Loading...

Cara Mengatasi Kelopak Mata yang Kendur. Kelopak mata yang kendur seringkali terbentuk karena bertambahnya usia seseorang.

Mata yang kendur awal mulanya disebabkan karena kulit bagian tengah (dermis) akan melemah, lalu otot akan menjadi kendur, sehingga menggantung karena ditarik ke bawah oleh gravitasi bumi selama bertahun-tahun.

Dalam jangka waktu yang panjang, sinar matahari akan membuatnya menjadi bengkak, pembuluh darah pun akan menajdi lemah dan sering bocor, juga akan terjadi penumpukan cairan karena sistem limfatik tidak lagi bisa bekerja dengan baik.

Lama-kelamaan akan terbentuklah kantung mata. Ada juga kantung mata yang yang berisi jaringan lemak sehingga akan terlihat bengkak dan menonjol. Hal ini tentu akan sangat mengganggu penampilan seseorang.

Oleh karena itu banyak cara yang dilakukan oleh orang-orang untuk mengatasi kantung mata tersebut. Kenapa kantung mata semakin sangat mengganggu? Karena dari sinilah cikal bakal kulit mata khusunya kelopak mata seseorang dapat menjadi kendur.

Sejauh ini operasi blepharoplasty merupakan salah satu cara yang ampuh untuk mengatasi kelopak dan kulit mata yang kendur. Operasi ini dilakukan dengan cara memotong kulit mata yang kendur, kulit dikurangi, cairan dikeluarkan, kemudian kulit ditarik dan dijahit kembali. Namun jika pengerjaannya tidak rapi, maka bekas jahitan akan terlihat.

Tak itu saja, ada juga cara yang lebih disukai orang-orang, yakni dengan menggunakan sinar laser. Sinar ini digunakan untuk memotong kulit bagian dalam kelopak mata, lalu cairan lemak disedot.

Karena tidak ada jahitan dalam proses pengerjaannya, maka cara ini lebih disukai. Namun cara ini hanya untu kantung mata yang berisi penumpukan lemak, sedangkan kulit kendur tidak akan menjadi kencang, sebab hanya isinya yang disedot. Dan masih banyak lagi cara instan yang lebih disukai oleh orang-orang.

Penyebab Kelopak Mata Kendur

Untuk mengatasi dan menghilangkan kelopak mata yang kendur secara efektif, kita harus mengetahui terlebih dulu apa penyebab munculnya hal tersebut, hal ini bertujuan agar lebih mudah untuk mencegah timbulnya kelopak mata yang kendur tersebut.

Ada berbagai macam penyebab yang menimbuklan kelopak mata menjadi kendur, diantaranya: kurang tidur, kebanyakan tidur, terlalu lama menatap layar komputer, kurang minum air putih, terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang asin (natrium/garam), juga bisa karena faktor genetik atau keturunan, dan juga biasanya karena proses penuaan.

Kelopak mata yang kendur ini juga bisa dikarenakan karena masalah pemakaian kosmetik semata dan jarang disebabkan oleh kondisi medis yang serius. Namun biasanya dokter akan mendeteksi dan menyingkirkan kemungkinan penyebab lainnya yang dapat memicu timbulnya kulit mata yang kendur tersebut, seperti: adanya masalah ginjal, tiroid, infeksi atau alergi.

Cara Mengatasi Kelopak Mata Kendur

Bagi anda yang merasa terganggu dengan kelopak mata yang kendur, kini anda tidak perlu khawatir lagi, apalagi sampai mengeluarkan biaya yang sangat mahal untuk melakukan operasi.

Cara instan memang yang paling diminati, tapi tahukah anda, bahwa cara seperti ini justru dalam jangka waktu yang lama akan merusak kesehatan mata anda kembali? Karena biasanya, penggunaan alat dan obat medis rentan memiliki efek samping yang merugikan!

Mulai sekarang, cara mengatasi kelopak mata yang kendur sudah tidak harus memakai cara yang ekstrim lagi, marilah kita kembali menggunakan cara-cara yang aman, mudah, nyaman, dan tentunya murah meriah.

Berikut ini beberapa cara mengatasi kelopak mata yang kendur secara alami:

Kompres dengan air dingin

Caranya yakni bahasi handuk bersih dengan air dingin (es). Lalu tempelkan dan tekan di bagian kelopak mata selama kurang lebih 5-10 menit. Cara ini berguna untuk mempengaruhi pembuluh darah dna jaringan di sekitar mata agar mengecil dan kencang, sehingga dapat mengurangi bahkan bis amenghilangkan kantung mata atau kelopak mata yang kendur tersebut.

Mentimun

Irisan mentimun ternyata dapat digunakna untuk mengatasi kelopak mata yang kendur. Caraya yakni, ambil buah mentimun, bersihkan, kemudian iris mentimun tersebut dengan ketebalan 1/4 inch. Lalu berbaringlah, kemudian tutup mata anda dengan meletakkan irisan mentimun tadi di atas mata anda. Biarkan selama 15-20 menit.

Air putih

Minum air putih minimal 8 gelas per hari ternyata mampu mencegah dan mengatasi kelopak mata yang kendur. Banyak minum air putih dapat mencegah dari kekurangan cairan atau dehidrasi, kerana pada dasarnya terjadinya kantung mata atau kelopak mata yang kendur diakibatkan karena dehidrasi.

Istirahat yang cukup

Istirahat yang cukup adalah salah satu syarat terciptanya kesehatan kulit dan badan secara keseluruhan. Bagi orang dewasa, durasi tidur yang optimal yakni 7-8 jam per hari. Cukup tidur di malam hari haruslah diutamakan.

Tidur dengan posisi kepala sedikit terangkat

Tidurlah dengan menggunakan bantal yang sedikit lebih tinggi. Hal ini dilakukan untuk memanfaatkan gravitasi bumi sehingga membantu mecegah terjadinya akumulasi cairan di sekitar mata saat tidur. Cara ini ternyata mampu membantu mengatasi kelopak mata yang kendur.

###

Demikianlah beberapa cara mengatasi kelopak mata yang kendur secara alami. Selamat mencoba, semoga bermanfaat.

Loading...

2 Komentar Pembaca untuk “Cara Mengatasi Kelopak Mata yang Kendur

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *