Cara Menurunkan Berat Badan 10 Kg

Loading...

Cara Menurunkan Berat Badan 10 Kg. Obesitas atau kegemukan merupakan salah satu masalah kesehatan yang dialami oleh banyak orang.

Memiliki badan yang gemuk tidak hanya membuat penampilan seseorang terlihat kurang menarik tetapi juga dapat meningkatkan resiko seseorang terkena berbagai penyakit seperti diabetes, serangan jantung, dan beberapa penyakit lainnya.

Menurunkan berat badan bukanlah perkara yang mudah. Banyak orang mengaku tetap kesulitan untuk menurunkan berat badannya meskipun telah mempraktekkan sejumlah cara diet dan juga mengkonsumsi aneka obat penurun berat badan.

Nah, jika Anda termasuk salah seorang yang masih kesulitan menurunkan berat badan, mungkin tidak ada salahnya mencoba beberapa cara alami untuk menurunkan berat badan. Berikut ini adalah beberapa cara menurunkan berat badan hingga 10 kg secara alami, antara lain:

Kurangi Porsi Makan Besar

Prinsip umum dalam upaya mengurangi berat badan adalah jumlah kalori yang masuk harus lebih kecil daripada kalori yang digunakan oleh tubuh.

Penyebab kegemukan adalah karena seseorang kelebihan kalori dan kemudian kalori yang berlebih tersebut disimpan dalam bentuk lemak, khususnya lemak perut. Oleh sebab itu, orang gendut pasti memiliki perut yang buncit. Visceral fat biasanya juga ada di paha dan pantat.

Kebutuhan kalori yang normal berkisar antara 1500 – 2000 kal. Dalam sekali makan besar, Anda akan mendapat asupan sebesar 600-800 kal. Jadi, untuk menurunkan berat badan 10 kg, Anda sebaiknya cukup makan besar satu kali saja sedangkan dua kali lainnya diganti dengan makanan rendah kalori seperti buah dan sayuran.

Saat sarapan dan makan malam sebaiknya jangan mengkonsumsi nasi karena makanan ini memiliki kalori yang tinggi. Siang Anda bisa makan nasi karena akan memberikan energi dari siang sampai malam.

Jika terpaksa ingin makan nasi, sebaiknya maksimal 6 sendok makan saja. Konsumsi buah dan sayuran kaya akan serat sehingga tubuh akan kenyang lebih lama. Atau Anda juga bisa mengkonsumsi nasi merah. Makanan ini juga mengandung serat yang tinggi.

Pilih Makanan Rendah Kalori

Sebisa mungkin gantilah makanan Anda dengan makanan rendah kalori. Saat ini sudah banyak swalayan yang menawarkan makanan-makanan rendah kalori seperti roti gandum.

Saat membeli cemilan, perhatikan tulisan kalori tiap sajiannya. Selain itu, penting juga untuk mengurangi minum minuman manis karena minuman ini mengandung kalori yang tinggi.

Kurangi Makanan Berlemak

Lemak jenuh sulit diuraikan dalam tubuh dan mudah disimpan menjadi lemak sehingga menyebabkan gemuk. Sebaiknya hindari jeroan, daging, gorengan, dan makanan sejenisnya.

Sebaliknya perbanyak konsumsi makanan yang mengandung lemak tak jenuh seperti kedelai, tahu, dan tempe. Makanan ini mengandung lemak baik.

Pilih Cemilan Sehat

Tanpa disadari, kebanyakan cemilan saat ini memiliki kalori yang tinggi. Oleh sebab itu, mulai sekarang Anda harus menghindari cemilan-cemilan yang tidak sehat. Saat ini sudah ada cemilan yang rendah kalori.

Cemilan ini biasanya terbuat dari bahan kedelai. Jika Anda termasuk orang yang hobi ngemil, coba ganti cemilan Anda dengan buah-buahan seperti belimbing, apel, dan buah-buahan lain yang Anda sukai. Hindari memilih buah-buahan yang berlemak seperti durian.

Perbanyak Olahraga

Usahakan untuk melakukan olahraga setiap hari minimal 30 menit. Bersepeda atau jogging selama 30 menit akan membakar sekitar 300-400 kal. Jika Anda melakukannya selama 1 jam, maka Anda dapat membakar hingga 800 kal.

Olahraga teratur dapat memberikan kontribusi hingga 40% untuk penurunan berat badan Anda. Selain dapat membantu membakar lemak, olahraga juga dapat membuat tubuh menjadi lebih segar dan bugar.

Pertahankan Jika Sudah Ideal

Jika Anda sudah berhasil menurunkan berat badan 10 kg atau lebih tugas Anda dalah mempertahankan berat badan tersebut. Misalnya jika menguruskan badan hanya 1 kali makan basar, maka untuk mempertahankan berat badan cukup dengan 2 kali makan besar. Sedangkan 1 kali lainnya bisa diganti dengan konsumsi makanan rendah kalori.

Selamat mencoba!

Loading...

4 Komentar Pembaca untuk “Cara Menurunkan Berat Badan 10 Kg

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *