Cara Alami Mengatasi Rambut Bercabang

Loading...

Salah satu upaya mendapatkan penampilan yang sempurna adalah dengan melakukan penataan rambut.

Hanya saja, penataan rambut seperti blow dry, catok, keriting, pewarnaan, dan bentuk penataan lainnya ternyata dapat membuat rambut kehilangan nutrisi dan kilaunya.

Dalam aktivitas sehari-hari yang terlalu padat, orang-orang seringkali tidak memperhatikan kondisi rambutnya.

Meski bukan bagian vital dalam tubuh seseorang, namun keberadaan rambut dapat merubah penampilan seseorang hingga 180 derajat.

Penataan rambut dilakukan untuk mendapatkan bentuk rambut yang lebih menarik dan simpel, sehingga rambut dapat ditata dengan lebih mudah dan tidak memakan waktu lama setiap paginya.

Yang sering terlupakan dalam penataan rambut adalah perawatan. Orang yang sibuk cenderung lupa memberikan perawatan rambut, padahal dalam keseharian yang selalu bersentuhan dengan sinar matahari, cuaca yang tidak menentu, polusi, dan bahkan udara kantor yang ber-AC pun dapat membuat rambut kehilangan nutrisi sehingga rambut menjadi kering, bercabang, dan mudah patah.

Rambut yang bercabang sangatlah sulit untuk diperbaiki. Salah satu jalan terbaik yang dapat dilakukan adalah dengan memotong bagian ujungnya. Selain itu, sebenarnya ada beberapa cara alami untuk mengatasi rambut bercabang yang sangat mudah dilakukan bahkan bagi mereka yang sibuk sekalipun. Apa saja itu?

Mayonaise

Obat alami untuk rambut bercabang pertama adalah pelengkap hidangan yang nikmat, yaitu mayonaise. Mayonaise yang memiliki bahan dasar terbuat dari telur, memiliki kandungan protein dan lemak yang sangat baik untuk menutrisi rambut.

Dengan mengoleskan mayonaise sekali dalam seminggu, rambut akan kembali terlihat sehat secara bertahap. Biarkan mayonnaise menyelimuti rambut selama kurang lebih 10 menit, kemudian cuci dengan bersih akan memiliki hasil yang sama dengan creambath.

Hindari Keramas

Memiliki rambut bercabang mengindikasi bahwa rambut kehilangan minyak alami dan nutrisinya. Salah satu obat alami untuk rambut bercabang yang paling mudah dilakukan adalah menghindari keramas yang terlalu sering.

Keramas setiap hari dapat membuat rambut kehilangan minyak alaminya dan shampoo pun dapat membuat rambut menjadi lebih mudah patah. Jadwal mencuci rambut yang paling ideal adalah 2 hingga 3 kali dalam seminggu.

Minyak Alami

Keramas yang terlalu sering dapat menghilangkan minyak alami rambut, tapi ada cara lain untuk memberikan rambut minyak alaminya, yaitu dengan menggunakan minyak kelapa atau minyak zaitun.

Kedua minyak ini memiliki manfaat yang sangat baik untuk melembapkan rambut. Penggunaan minyak alami pada rambut dilakukan dengan memijatnya selama 30 hingga 1 jam, dan sebaiknya dilakukan setiap hari sebelum mencuci rambut agar rambut tidak terlihat lepek. Lakukan setiap seminggu sekali.

Madu

Cairan lengket yang manis ini, sangatlah bermanfaat untuk dijadikan kondisioner bagi rambut yang bercabang. Penggunaan madu memiliki khasiat baik untuk rambut bercabang karena dapat memberikan kelembapan yang maksimal, bahkan membuat rambut menjadi kembali berkilau.

Karena madu tidak memberikan bau yang amis, maka akan lebih baik bila mengganti penggunaan kondisioner dengan madu. Setelah mencuci rambut, balurkan rambut seperti menggunakan kondisioner dan biarkan selama kurang lebih 3 menit dan bilas dengan bersih. Perawatan rutin yang satu ini dapat dilakukan 2 atau 3 kali seminggu tergantung waktu yang anda miliki.

###

Selain sejumlah cara alami untuk mengatasi rambut bercabang yang ada diatas, ada baiknya bila Anda juga turut memperhatikan perlakuan yang diberikan pada rambut yang masih basah.

Rambut yang bercabang dan basah merupakan kombinasi yang buruk. Hindari sebisa mungkin menyisir rambut ketika masih basa dan selalu gunakan sisir yang bergigi jarang, terutama bila rambut tebal.

Nah, selamat mencoba!

Loading...

0 Komentar Pembaca untuk “Cara Alami Mengatasi Rambut Bercabang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *