Kelebihan dan Kekurangan Air Kelapa

Loading...

Bersantai di tepi pantai, diayun oleh suara ombak, hembusan angin sepoi, dan ditemani air kelapa muda tampaknya sebuah gambaran yang sangat menggugah selera.

Bila melakukan liburan ke daerah pantai selalu identik dengan air kelapa. Buah yang satu ini ternyata menyimpan banyak manfaat yang sangat baik bagi tubuh. Akan tetapi dibalik manfaatnya terdapat pula kekurangan dari air kelapa.

Sebagai salah satu negara tropis, Indonesia memiliki kelimpahan oleh buah kelapa. Hampir diseluruh pelosok daerah di Indonesia pasti terdapat pohon yang satu ini. Salah satu manfaat yang paling dikenal dari air kelapa adalah khasiatnya yang sangat baik untuk membantu menghilangkan dehidrasi atau kehilangan cairan tubuh.

Air kelapa adalah obat dehidrasi alami yang sangat baik dan tidak memiliki efek samping dibanding minuman olahraga lainnya. Walaupun begitu, dibalik kerasnya kulit buah ternyata terdapat kelebihan dan kekurangan air kelapa yang harus diperhatikan.

Kelebihan Air Kelapa

Air kelapa sangatlah baik untuk menjaga cairan tubuh tetap terpenuhi. Kandungannya yang hampir serupa dengan cairan tubuh alami, membuat air kelapa sangat baik diminum setelah beraktivitas yang berat seperti berolahraga dan mengeluarkan banyak keringat.

Air kelapa asli dari buahnya, tanpa ditambah pemanis buatan atau susu kental manis memiliki jumlah potassium yang sama ditemukan dalam pisang.

Bagi ibu yang sedang hamil sekalipun, sangatlah disarankan untuk banyak meminum air kelapa murni. Karena air kelapa dapat membantu bayi dalam kandungan memiliki kulit yang bersih dan putih. Air kelapa juga membantu mendinginkan perut sehingga bayi merasa nyaman

Selain itu, air kelapa dapat membantu memperlancar proses pencernaan dalam tubuh. Bagi yang sering mengalami sembelit, cobalah meminum air kelapa karena air kelapa sangat baik untuk melunakkan kotoran dalam tubuh.

Bagi mereka yang mengalami diabetes pun, tidak perlu takut mengkonsumsi air kelapa karena kandungan dalam air kelapa murni sangatlah rendah dibanding kandungan gula dalam buah-buah lainnya

Kekurangan Air Kelapa

Meskipun terdapat banyak khasiat yang digunakan dari air kelapa, tapi air kelapa ini juga memiliki kekurangan. Air kelapa yang dikenal mampu menghilangkan dehidrasi, ternyata tidak memiliki kandungan sodium yang cukup terutama bagi para atlet olahraga.

Mungkin inilah yang menjadi dasar pertimbangan mengapa banyak atlet olahraga lebih condong memilih minuman olahraga seperti Gatorade dibanding air kelapa. Karena atlet yang mengeluarkan banyak keringat ternyata membutuhkan kandungan sodium yang cukup dimana tidak dimiliki oleh air kelapa.

Selain itu, terlalu banyak meminum air kelapa dapat membuat pencernaan terlampau lancar hingga akhirnya menyebabkan diare. Sehingga baik yang memiliki pencernaan lancar ataupun yang memiliki gangguan meminum air kelapa sebaiknya dalam jumlah yang cukup, tidak kurang dan tidak lebih agar tidak berefek buruk bagi saluran pencernaan.

Karena air kelapa murni lebih mudah ditemui di daerah berhawa panas seperti pantai, untuk mendapatkan air kelapa murni dikota besar cukuplah sulit. Sehingga harga untuk satu kepala buah kelapa sangatlah mahal apalagi bila dipesan di tempat-tempat makan.

Kekurangan air kelapa lainnya berasal dari diri sendiri. Banyak orang yang tidak biasa meminum air kelapa murni sehingga perlu ditambah sirup, nata de coco, gula, dan susu kental manis. Menambah kandungan gula yang berlebihan pada air kelapa dapat menjadikan air kelapa sebagai salah satu alternatif penyakit diabetes.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *