Cara Menghilangkan Rasa Kaget

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Cara menghilangkan rasa kaget memang patut diketahui, terutama oleh mereka yang memang memiliki kecenderungan untuk gampang kaget.

Rasa kaget adalah hal yang biasa, tetapi jika terjadi secara berlebihan maka itu sudah termasuk sebuah penyakit. Dalam ilmu kedokteran, penyakit gampang kaget dikenal juga dengan istilah hyperplexia.

Penyakit ini bisa saja berefek parah, atau bahkan menyebabkan kematian. Mereka yang mengidap penyakit hyperlexia ini cenderung memiliki refleks yang berlebihan terhadap suara atau sentuhan.

Pada pasien dengan penyakit hyperlexia, biasanya kekagetan selalu diikuti dengan otot kaku, gangguan pernapasan hingga berakhir dengan kematian. Hyperlexia disebabkan oleh adanya mutasi gen ganda. Mutasi gen inilah yang mengakibatkan kegagalan sel saraf untuk membuat komunikasi. Mutasi gen ini juga mempengaruhi pergerakan molekul glycine di antara sel.

Pada sebuah penelitian terbaru, ilmuwan di University College London dan Swansea University di Wales mendapatkan kesimpulan bahwa penyebab utama penyakit hyperlexia adalah adanya mutasi gen GlyT2.

Nah, apa saja yang harus kita lakukan untuk menghilangkan rasa kaget? Yang paling utama ketika rasa kaget tiba adalah menenangkan si penderita. Berikan segelas air hangat untuk segera diminum. Minta ia duduk dengan santai dan menarik nafas dalam-dalam sambil berusaha menenangkan diri.

Dalam keadaan kaget, emosi biasanya susah dikontrol. Karena itu, mereka yang terlalu gampang kaget seharusnya selalu diawasi atau memiliki teman dalam beraktivitas. Sedapat mungkin untuk menghindari penyebab kaget berlebihan merupakan target utama. Menghindari tempat kerja yang biasa memberikan sensasi suara dentuman tiba-tiba juga perlu dilakukan untuk sementara.

Selain itu, penderita yang sering kaget-kagetan juga perlu untuk memberitahukan kepada setiap temannya tentang hal tersebut. Dengan memberitahukan kondisi kita, teman-teman sepergaulan tentu bisa mengerti dan mencegah Anda mendapatkan sentuhan tiba-tiba atau suara tinggi yang mengagetkan.

Demikianlah beberapa tips dan cara menghilangkan rasa kaget yang bisa Anda pelajari. Anda juga bisa mempelajari cara menghilangkan rasa kaget ini untuk membantu teman Anda yang menderita sering kaget-kagetan.

Semoga bermanfaat.

Loading...

10 Komentar Pembaca untuk “Cara Menghilangkan Rasa Kaget

  1. Dok…saya inggita umur 22 sejak kecil sampai sekarang saya mudah kaget…contohnya saat aku baca,aku sudah mendengar langkah kaki menghampiri tapi saat dipanggil ap ditepuk ap diajak ngobrol aku langsung terkejut kadang berasa jantung berdebar susah mengatur nafas…ada Solusinya dok???????
    Terima kasih

    View Comment
  2. Dokter, saya atri brumur 25 thn. Saya sering kaget jika dengar suara atau bunyi selama beberapa tahun ini. Awalnya saya selalu di ganggu oleh teman & sengaja membuat saya kaget. Dok, bagaimana cara untuk bisa menyembuhkan rasa kaget ini? Terima kasih.

    View Comment
  3. Saya seOrang ibu usia 26thn.. saya mempunyai aNak usia 5thn.waktu usia 9Bln,ank saya sakit dan diagnosa dokter katanya sakit meningitis,dan smpai skarang pun blum bisa jln,dan paling parah nya anak saya tuh Sering kaget klo mendengar srntuhan sedikit pun,Bhkan kalo sudah kaget langsung Nangis sprt kesakitan Dok.. saya minta Solusi dan apa Obat nya ya dok… mohon jawaban nya.. trimakasih

    View Comment
  4. Dok saya eni umur 17 thn
    Saya mudah banget kaget , contohnya saya sedang mengerjakan sesuatu dan tiba2 ada orang masuk , saya merasa kaget sekali dok. Itu kenapa ya dok? Padahal saya dulu nggak seperti itu.

    View Comment
  5. Dok, saya umur 21 thn. Sudah hampir 1 bulan lebih saya menjadi orang yg kagetan. Contohnya spt pada saat saya sedang baca bku tiba2 ada teman yg menyentuh dan mengajak ngobrol tba2 Dan sayaPun langsung sangat mrasa kaget dok. Padahal teman saya ada di samping saya. Bagaimana cara menyembuhkan atau menghilangkan rasa kagetan saya ini yh dok?? Mohon balasannya dok. Terimakasih.

    View Comment
  6. dok saya deri umur saya baru 23 dok gimana yaa sya gampang sekali mengalami kaget akhir bulan ini . ketika sya sedang mengerjakan sesuatu dengan serius atau sedang melamun mudah sekali syae mengalami kaget dok

    View Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *