Tips dan Cara Memilih Masker Wajah

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Sinar ultra violet (UV) merupakan hal yang sangat sensitif untuk kulit wajah kita.

Ditambah lagi, pada era modern sekarang ini, polusi udara kian meningkat jumlahnya, terutama zat-zat yang dapat menyebabkan kerusakan dan iritasi pada kulit. Akibatnya, wajah kita terlihat kusam dan lebih gelap.

Segala hal akan dilakukan untuk tetap merawat kecerahan dan kesehatan kulit wajah. Cara termudah yang bisa kita lakukan adalah mengoleskan masker pada wajah kita. Mengapa harus masker wajah? Pemakaian masker rutin pada wajah akan menjaga kadar air pada wajah sehingga kelembaban kulit bisa terjaga dengan baik.

Jika begitu, apakah kita harus mengeluarkan biaya yang besar untuk melakukan perawatan wajah dengan masker? Tentu tidak. Sederet bahan alami tentu bisa membantu kita untuk mengatasi masalah-masalah wajah.

Tapi, bahan seperti apa sih yang harus kita gunakan? Apa semua bahan-bahan alami langsung dapat berkhasiat untuk wajah kita? Untuk lebih meyakinkan, simak tips-tips berikut untuk memudahkan kita memilih bahan alami yang sehat dan berkhasiat.

Cari Informasi Seputar Kandungan Bahan Alaminya

Setiap produk masker wajah pastinya punya kandungan yang berbeda dan tidak semuanya cocok secara khusus untuk semua jenis kulit wajah. Berikut beberapa diantara bahan-bahan yang akrab digunakan untuk perawatan wajah:

Bengkoang

Bengkoang memang terkenal dengan kandungan airnya yang banyak, sehingga dapat menjaga kulit wajah tetap segar. Selain itu, kandungan air tersebut dapat juga menghilangkan noda bekas jerawat.

Jeruk Nipis

Bangsa jeruk kaya akan vitamin C, termasuk jeruk nipis. Vitamin C yang berperan sebagai antioksidan mampu mengencangkan kulit, memutihkan wajah, memperkecil pori-pori wajah, dan membuat wajah lebih segar.

Alpukat

Buah yang satu ini sangat nikmat untuk dijadikan jus. Lebih jauh lagi, alpukat juga dapat digunakan untuk masker wajah karena kaya akan vitamin E.

Mentimun

Mentimun memiliki sifat diuretik, efek pendingin, dan juga pembersih untuk kulit wajah. Vitamin A, B, C, serta mineral mampu membantu mengencangkan kulit wajah. Selain itu, asam askorbat dan caffeic juga membantu retensi air sehingga cocok untuk kulit kering.

Madu

Madu mempunyai segudang khasiat untuk kulit. Yang pertama, kandungan anti oksidan, anti jamur, dan anti mikroba dapat menyembuhkan bintik merah atau luka pada wajah. Kedua, madu dapat melembutkan kulit wajah.

Selanjutnya, kandungan magnesium, potassium, dan kalsum berfungsi untuk meregenerasi sel-sel kulit wajah. Dan untuk wajah berjerawat, kandungan anti bakteri pada madu akan membantu mengatasi masalah jerawat.

Yoghurt

Kebanyakan yang diketahui dari yoghurt adalah baik untuk kesehatan pencernaan. Akan tetapi, yoghurt memiliki asam laktat didalamnya yang berguna untuk pergantian kulit, sehingga sel-sel rusak akan teregenerasi dengan sehat. Vitamin B1 juga berperan penting dalam perawatan kulit yang juga terdapat dalam yoghurt.

 Sesuaikan Masker dengan Jenis Kulit Anda

Beda jenis tentu beda penanganan, begitu pula dengan kulit wajah. Agar perawatan terhadap wajah Anda hasilnya efektif, maka perawatan yang diberikan harus sesuai dengan kulit wajah yang Anda miliki.

Tips dan Cara Memilih Masker Wajah

Kulit Normal

Kulit jenis ini tidak perlu mendpatkan penangan khusus karena pada dasarnya memang sudah memiliki kandungan gizi yang baik pada kulit. Perawatan hanya dibutuhkan untuk mencerahkan dan menyegarkan kulit saja.

Cirinya adalah kulit wajah yang lembut, segar, dan bercahaya. Sehingga jenis bahan yang dibutuhkan memiliki kandungan antioksidan seperti madu, tomat, dan bengkoang.

Kulit Kering

Kulit kering diakibatkan jumlah minyak pada wajah yang hanya sedikit dengan tanda-tanda kulit kusam, mudah gatal, dan tidak bercahaya. Kulit kering sangat membutuhkan vitamin C yang dapat melembutkan kulit. Vitamin C tersebut dapat kita dapatkan pada tomat, lemon, jeruk nipis, dan bisa juga dengan telur.

Kulit Berminyak

Kulit berminyak paling mudah diidentifikasi. Kita akan menemukan minyak berlebih pada areal hidung, dahi atau dagu. Kulit berminyak membutuhkan nutrisi yang mengandung magnesium, sebum, da vitamin C yang dapat ditemukan pada bahan-bahan seperti  pisang, pepaya, lemon, dan apel.

Kulit Berjerawat

Kulit jenis ini memang mudah sekali teriritasi dan harus menjaga kebersihan wajah. Bahan alami yang cocok untuk kulit berjerawat anatara lain adalah lemon, yoghurt, mentimun, madu, dan putih telur.

***

Demikianlah tips dan cara memilih masker wajah yang baik untuk kulit wajah Anda. Silahkan berkomentar di bawah jika Anda memiliki masukan atau tambahan lain seputar masker wajah ini.

Salam cantik!

Loading...

0 Komentar Pembaca untuk “Tips dan Cara Memilih Masker Wajah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *