Cara Menghilangkan Biang Keringat di Wajah

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Tampil cantik berarti tampil dengan sempurna bebas dari segala bentuk noda.

Akan tetapi, selalu saja ada yang bisa meruask penampilan sempurna dalam keseharian yang dilakukan, terutama keringat dan polusi dari lingkungan sekitar.

Tinggal di negara tropis seperti Indonesia, berarti bahwa aktivitas sehari-hari akan selalu berhubungan denan panas matahari yang terik.

Wajah adalah bagian tubuh yang paling terkespos dengan lingkungan langsung tanpa lapisan pelindung apapun. Tubuh masih dilindungi oleh baju dan celana dan sepatu, sedangkan wajah hanya dilindungi pelembab dan sunblock yang memang dibuat khusus untuk wajah.

Meskipun begitu, perlindungan wajah dengan menggunakan pelembab dan sunblock tentu belum sepenuhnya bisa melindungi kulit wajah dari kotoran, debu, dan keringat. Banyak orang yang mengalami masalah kulit wajah karena aktivitas yang padat di luar ruangan, salah satunya adalah karena biang keringat.

Biang keringat biasanya muncul dibagian belakang tubuh, tapi ada pula biang keringat yang muncul dibagian wajah. Wajah bisa menjadi tempat munculnya biang keringat.

Hal ini bisa terjadi karena kelenjar keringat dalam pori-pori kulit wajah tersumbat sehingga keringat tidak dapat keluar dengan efektif sedangkan tubuh terus memproduksi keringat untuk menstabilkan tubuh dengan hawa disekitar tubuh.

Gejala yang dapat diperhatikan untuk melihat apakah terdapat biang keringat pada wajah atau tidak adalah adanya bintik-bintik kecil yang mudah pecah. Bintik kecil yang biasanya muncul dalam jumlah banyak disatu bagian wajah tertentu ini akan menyebabkan rasa gatal dan kadang muncul dengan warna kemerahan.

Biang keringat yang muncul diwajah akan sangat menggangu aktivitas harian yang padat. Namun, untungnya biang keringat adalah penyakit kulit yang paling mudah untuk disembuhkan. Berbeda dengan jerawat yang sampai perlu menjaga pola makan. Cara menghilangkan biang keringat di wajah sebenarnya cukup mudah.

Perhatikan Suhu Lingkungan

Yang harus diperhatikan untuk menghilangkan biang keringat di wajah adalah memperhatikan kondisi suhu lingkungan dimana Anda  berada. Biang keringat biasanya muncul karena suhu ruangan terlalu panas.

Oleh karena itu, usahakan selalu berada di ruangan yang sejuk. Bilapun aktivitas keseharian menuntut untuk sering keluar dari ruangan, maka jangan lupa membawa topi dan tisu untuk selalu mengelap keringat yang keluar dan mengurangi panasnya sinar matahari.

Jaga Kebersihan Wajah

Bila lingkungan sekitar sudah tidak menjadi masalah, maka cara menghilangkan biang keringat di wajah dapat masuk ke tahap kedua, yaitu menjaga kebersihan wajah. Saat biang keringat mengunjungi wajah, mulai kurangi pemakaian make-up keseharian, terutama bila hari itu pekerjaan masih berada di luar ruangan.

Cukup gunakan pelembab, sunblock, dan bedak. Jangan menggunakan foundation yang terlalu berat untuk penggunaan kecantikan wajah disiang hari. Selain itu, selalu jaga kebersihan dan kesegaran muka dengan mencuci muka atau cukup membawa spray air kelopak bunga mawar yang dipercaya dapat meningkatkan kesegaran wajah dan terus menjaga kelembapannya.

Bila keringat sedang melanda tubuh dan wajah anda, seka dengan tisu kering perlahan dan bilas dengan air bersih. Kalau bisa, jangan gunakan handuk, karena handuk yang digunakan berkali-kali biasanya mengandung banyak kotoran yang akhirnya menempel lagi di wajah.

Setelah aktivitas seharian, di malam hari oleskan tepung kanji pada bagian yang terkena biang keringat. Usapkan tepung kanji tipis dan merata untuk mengurangi peradangan. Akan tetapi, bila cara ini sudah dilakukan tapi kondisi biang keringat terus berlanjut, akan lebih baik bila langsung melakukan pemeriksaan ke dokter.

Semoga bermanfaat!

Loading...

Komentar Pembaca untuk “Cara Menghilangkan Biang Keringat di Wajah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *