Manfaat Tea Tree Oil Untuk Kulit Berjerawat

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Jerawat sebenarnya hal yang lazim muncul di wajah atau di tempat tertentu seperti punggung atau dada. Pada usia memasuki masa pubertas, remaja biasanya paling sering mengalami gangguan jerawat ini.

Jerawat muncul karena hormon dalam tubuh sedang berada dalam kondisi maksimum, dan untuk mengurangi hormon dan lemak-lemak tubuh yang terdapat dalam pori-pori maka tubuh dengan sendirinya mengeluarkan hormon yang berlebihan itu keluar tubuh dalam bentuk jerawat.

Perawatan terhadap jerawat sebenarnya sangat mudah bila masih dalam tahapan awal. Jerawat kecil tidak membutuhkan perawatan yang berlebihan.

Radang pada jerawat hingga bewarna merah adalah hal yang wajar. Jerawat yang memerah disebabkan adanya suatu infeksi pada pori-pori, dan tubuh sedang melawan kuman-kuman infeksi tersebut.

Oleh karena itulah, jerawat yang sedang meradang biasanya bewarna merah dan panas. Kembali ke perawatan jerawat, bila terdapat jerawat kecil diwajah, jangan terlalu diambil pusing. Biarkan jerawat itu tumbuh hingga mengering sendiri.

Jangan sekali-kali mencoba untuk memencet jerawat dan mengeluarkan isinya. Jerawat yang dipencet dapat menyebabkan wilayah sekitarnya terserang jerawat baru akibat terkena cairan dari jerawat yang masih basah. Selain itu, bila memencet jerawat, kulit cenderung memiliki bekas di tempat jerawat yang dipecahkan.

Bila jerawat yang sedang dihadapi adalah jerawat yang membutuhkan perawatan khusus, bisa coba langsung dikonsultasikan ke ahli kulit kecantikan agar lebih terjamin. Atau bilapun ingin mencoba jalan keluar sendiri, gunakanlah produk alami yang memang dikhususkan untuk membasmi jerawat.

Jangan menggunakan produk yang menawarkan berbagai manfaat untuk kulit berjerawat terutama produk yang mengandung pemutih. Produk yang mengandung pemutih cenderung tidak cocok dengan kulit yang sedang berjerawat, juga hentikan dahulu sementara waktu penggunaan make-up yang tebal. Cukup gunakan pelembab untuk melebutkan wajah dan bedak tabur.

Manfaat Tea Tree Oil Bagi Kulit Berjerawat

Salah satu cara alami untuk mengatasi kulit berjerawat adalah dengan menggunakan tea tree oil, salah satu obat khusus yang memang diproduksi untuk menghilangkan jerawat. Manfaat tea tree oil bagi kulit berjerawat sangatlah ampuh untuk digunakan pada jerawat.

Hanya saja, tea tree oil tidak bisa didapatkan di daerah tropis seperti Indonesia. Produk tea tree oil merupakan produk yang diimpor khusus karena dibutuhkan suatu proses penyulingan terlebih dahulu agar mendapatkan minyak dari tea tree.

Minyak tea tree sangat cocok untuk jerawat karena kandungan dalam tea tree berperan sebagai antibiotik yang sangat mudah diterima dalam tubuh. Karena fungsi antibiotiknya yang begitu baik, tea tree oil juga dapat dimasukan ke dalam air atau bak mandi untuk menghilangkan kuman dan bakteri yang terdapat dalam bak mandi.

Sebelum ditemukannya antibiotik dalam bentuk obat, tea tree berperan penting dalam melawan bakteri baik di kulit ataupun di bagian yang terluka. Menggunakan tea tree oil untuk mengobati kulit berjerawat sangatlah mudah digunakan.

Cukup gunakan tea tree oil dan oleskan di daerah yang berjerawat saja kemudian biarkan semalaman. Gunakan tea tree oil di pagi dan malam hari sebelum tidur. Anda bisa menggunakan cotton bud, ataupun kapas untuk mengoleskan tea tree oil ke jerawat. Sebenarnya menggunakan jari tangan juga tidak ada masalah, asal Anda bisa pastikan kebersihannya.

Manfaat tea tree oil bagi kulit berjerawat dapat dirasakan setelah pemakaian selama 2 minggu. Sejak awal pemakaian, jerawat yang muncul akan semakin banyak, karena sifat penyembuhan tea tree adalah memaksa semua kotoran yang terdapat di pori untuk keluar dan akhirnya kering tanpa bekas dan tidak muncul lagi di tempat sebelumnya. Inilah mengapa tea tree oil dianggap sebagai obat jerawat terbaik.

Loading...

0 Komentar Pembaca untuk “Manfaat Tea Tree Oil Untuk Kulit Berjerawat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *