Apa Obat Panu Paling Bagus dan Cepat Hasilnya

Apa Obat Panu Paling Bagus dan Cepat HasilnyaDOKTERCANTIK.COM – Panu menang bukanlah penyakit yang bisa mematikan fisik, tetapi lebih mematikan secara mental karena bisa membuat malu jika terlihat orang lain.

Tak kenal usia maupun waktu, penyakit ini dapat menyerang siapa dan kapan saja. Dengan kesibukan yang dimiliki tiap-tiap individu dewasa ini membuat kebersihan dan perawatan diri kerap kali terlupakan.

Panu atau Pitriyasis versicolor disebabkan oleh jamur yang bernama Pityrosporum ovale di permukaan kulit. Ciri yang ditimbulkan antara lain timbul bercak putih pada permukaan kulit.

Penyakit panu bisa muncul karena seseorang kurang menjaga kebersihan tubuh, ditambah dengan produksi keringat yang berlebih yang akan memicu berkembangnya jamur. Walaupun sering dianggap penyakit yang sepele, nyatanya penyakit ini paling susah untuk dibasmi. Panu memerlukan waktu lama untuk diberantas.

Banyak sekali produk di jual bebas di pasaran untuk mengobati panu. Akan tetapi, tidak semua dari produk-produk tersebut yang benar-benar ampuh khasiatnya. Biasanya, banyak orang menggunakan obat panu setelah mendapat rekomendasi dari teman, atau berdasarkan resep dokter.

Cara Mengobati Penyakit Panu

Secara umum, pengobatan panu ada dua macam. Pertama secara topikal atau dioles ke kulit secara langsung. Pengobatan ini biasanya berbentuk powder, shampoo, cream, atau gel. Yang kedua adalah dengan obat oral atau pengobatan dengan cara meminum obat panu tertentu.

Dengan pengobatan topikal, selenium sulfida yang berbentuk shampo banyak dijumpai di pasaran, mampu mengatasi masalah panu. Penggunaan selama 2x sehari dirasa mampu mengurangi dan memberantas panu secara perlahan.

Pengobatan oral juga banyak ditempuh kebanyakan penderita. Berbagai obat anti jamur dari berbagai golongan seperti Klotrimasol, Mikonasol, Ketokonasol, Itrakonasol, Fluconasol dapat dijumpai di pasaran. Dari sekian banyak produk, yang paling ampuh dan best recommended adalah Zoralin dan Mycoral.

Obat Panu Paling Bagus dan Cepat Hasilnya

Obat Panu Paling Bagus dan Cepat Hasilnya

Yang perlu ditekankan dalam pengobatan panu adalah prosesnya tidak bisa dilakukan dengan cepat. Perlu waktu 3-4 minggu hingga panu benar-benar bersih dari kulit.

Jika sudah tidak merasa gatal tetapi bercak putih masih nampak, itu bukan berarti panu masih berkeliaran dalam kulit. Hanya saja jamur penyebab panu mengandung asam azaleat yang membuat warna kulit yang terinfeksi semakin pucat.

Kebanyakan obat panu hanya membunuh jamurnya saja, sedangkan bercak putih itu butuh waktu untuk menghilang dengan sendirinya. Nah, umumnya berjemur dapat mempercepat proses penghilangan bercak bekas panu ini.

Sayangnya, sebagian penderita tidak cocok dengan pengobatan oral dan topikal secara kimiawi. Alternatif pilihan tidaklah tertutup untuk bahan-bahan dari alam, walaupun sedikit repot dalam pengolahannya.

Obat Panu Alami Paling Bagus dan Cepat Hasilnya

Berikut ini adalah beberapa alternatif pilihan alami untuk memberantas panu yang masih eksis di kulit:

  • Belerang

Ambil belerang secukupnya lalu tumbuk halus. Campur dengan minyak kelapa dan jeruk nipis secukupnya. Next, oleskan pada kulityang terinfeksi jamur panu.

  • Lengkuas

Pertama, parut lengkuas. Setelah itu, campur dengan sedikit minyak tanah. Kemudian gosokkan pada bagian yang berpanu.

  • Kunyit

Step ke satu adalah parut kunyit, kemudian tambahkan garam kasar atau garam kristal. Lalu, oleskan dan gosokkan pada bagian yang terinfeksi panu.

  • Daun Leunca

Bagian yang dipergunakan untuk ramuan ini adalah bagian pucuknya. Pucuk daun leunca dicampur dengan garam kasar atau garam kristal. Setelah dicampurkan, bungkus dengan daun pisang lalu kukus. Setelah proses pengukusan selesain, gosokkan pada permukanaan kulit yang terkena panu.

  • Daun Kemangi

Sedikit berbeda dengan daun leunca, daun kemnagi ynag akan dipergunakan ditumbuk lalu dicampur dengan kapur sirih, mentimun, serta belerang secukupnya. Campuran bahan ini lalu dioleskan pada bagian yang terkena panu.

  • Sereh

Yang dibutuhkan untuk ramuan ini adalah bagian batang sereh. Memarkan batang sereh sampai mengeluarkan air, lalu oleskan batang sereh tersebut secara langsung pada bagian kulit yang berpanu.

  • Bawang Putih

Untuk pengobatan ini, dibutuhkan satu siung bawang putih. Kemudian, iris bawang putih tersebut menjadi beberapa bagian, selanjutnya tempelkan irisan tersebut pada bagian kulit yang terinfeksi oleh panu.

***

Dengan alternatif pilihan secara alami tersebut, kulit akan lebih aman dibanding dengan obat kimia walaupun harus berjuang dan berkorban sedikit untuk membuat ramuan sendiri. Gunakan secara teratur 1-2 kali sehari hingga panu bernar-benar bersi terberantas.