Cara Menghilangkan Kulit Kepala Busuk

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Mungkin belum pernah ada yang mendengar tentang kasus kulit kepala busuk termasuk bagaimana cara menghilangkan gangguan kulit kepala busuk. Nah, apakah kulit kepala busuk itu? Kulit kepala busuk adalah suatu kondisi dimana kulit kepala mengalami kelainan yang disebabkan berbagai faktor.

Kulit kepala manusia memang tertutupi oleh rambut, namun rambut yang fungsi dasarnya melindungi kepala baik dari panasnya paparan sinar matahari, hingga cedera kepala ringan ternyata dapat juga mengalami suatu gejala peradangan.

Ketombean, Gejala Awal Gangguan Kulit Kepala Busuk

Salah satu ciri timbulnya kulit kepala busuk adalah adanya kerontokan rambut. Berhati-harilah bila rambut mulai mengalami kerontokan yang tidak wajar. Kerontokan pada rambut bisa disebabkan karena hawa yang panas atau karena rambut yang rapuh sehingga rontok. Tetapi rontok pada rambut bisa menjadi tanda bahwa terdapat hal yang salah dengan kondisi kulit kepala.

Beberapa bakteri mikro dapat menyebabkan suatu kelainanan pada kulit kepala sehingga meradang. Salah satu kelainanan pada kulit kepala adalah bisul. Bisul tidak hanya muncul dibagian kulit yang terbuka, tapi juga ternyata dapat tumbuh di wilayah kulit kepala yang tertutup oleh rambut.

Bisul di kulit kepala berwujud peradangan dibagian akar rambut hingga menyebar kebagian sekitarnya. Bakteri bisul di kulit kepala menyerang jaringan kulit menjadi lebih padat, hingga akar rambut menjadi mati dan akhirnya rontok.

Kulit Kepala Busuk

Kelainan kulit kepala busuk berbentuk bisul biasanya terdapat pada orang-orang yang menderita penyakit diabetes. Bisul kulit kepala pada penderita diabetes biasanya dapat menyebabkan suatu kebotakan permanen, bahkan bila kelainan penyakit bisul ini dibiarkan terus menerus, dapat menyebabkan kulit kepala bernanah.

Peradangan pada kulit kepala tidak dapat dianggap sebagai hal yang biasa. Peradangan kulit kepala sangatlah beragam bentuknya dan akibatnya, mulai dari bakteri hingga jamur. Kondisi kronis pada kulit kepala selain merontokan rambut dapat pula meninggalkan bekas parut.

Bentuk dan Penyebab Kulit Kepala Busuk

Apapun bentuk dan penyebab kulit kepala busuk, akan memiliki dampak yang sama yaitu patahnya batang rambut hingga kematian akar rambut hingga akhirnya menyebabkan kebotakan permanen pada kulit kepala.

Peradangan kronis kulit kepala biasanya memiliki tanda-tanda bewarna merah seperti peradangan pada jerawat hingga kulit kepala yang mengelupas. Kondisi kulit kepala yang tidak bersih pun dapat menjadi salah satu penyebab kulit kepala busuk muncul.

Selain bakteri dan jamur yang menjadikan kulit kepala sebagai sarang perkembang biakannya, bukan tidak mungkin kotornya kondisi rambut merangsang serangga seperti kutu yang terdapat pada kulit binatang akhirnya berpindah ke kulit kepala anda. Serangan kutu pada kulit kepala sebenarnya memiliki daya akibat yang lebih minimal dibandingkan serangan yang dilakukan oleh bakteri dan jamur.

Serangan kutu dapat dibasmi biasanya dengan menggunakan produk shampoo tertentu yang khusus untuk menghilangkan kutu di kulit kepala. Gigitan kutu di kulit kepala menjadi masalah karena menimbulkan kegatalan yang membuat penderita ingin menggaruk kulit kepala terus menerus hingga akhirnya infeksi dan bernanah di bagian kulit kepala.

Shampo Tertentu Bisa Mengatasi Kulit Kepala Busuk

Ketombe pun bisa menyebabkan kulit kepala bermasalah. Ketombe berakibat lepasnya sel-sel kulit kepala secara berlebihan dan menyebabkan rasa gatal sehingga membuat penderita menggaruknya terus menerus.

Kondisi kesehatan rambut biasanya jarang diperhatikan. Padahal masalah pada kesehatan kulit kepala adalah hal yang paling sulit untuk disembuhkan karena membutuhkan waktu yang lama dan jumlah uang yang cukup besar.

Bagi yang menghadapi kulit kepala busuk pada tahap awal, penggunaan shampoo tertentu masih bisa menjadi solusinya. Tetapi bila kondisi kulit kepala busuk tersebut sudah kronis, dibutuhkan pengobatan professional dan penjagaan kebersihan kulit kepala rambut yang sangat intens.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *